Sulitkah Memelihara Ayam Hias? Begini Praktisi Memiliki Solusi

Kebersihan lingkungan kandang perlu diperhatikan. Kotoran, kandang, wadah pakan dan wadah minum rutin dibersihkan. Sering-sering diberi tepung tulang dan tepung  hati.

Kamis, 15 Februari 2024 | 13:39 WIB - Trik
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

AYAM bekisar, kate, kalkun, onagadori (peranakan Jepang) atau merak bisa disebut ayam eksotik atau ayam hias. Unggas jenis tidak dikonsumsi seperti ayam kampung ayam potong pada umumnya.

Sulitkah merawat ayam hias? Menurut drh. Ria Utami, praktisi Animal Center Drh. Nugroho Semarang, memlihara ayam hias butuh ketelatenan. "Memelihara ayam hias diperlukan kedisiplinan dan ketelatenan dari pemilik karena penyesuaian dengan lingkungan baru cukup memakan waktu," kata Ria Utami.

BERITA TERKAIT:
Kelaikan Ranmor Dinas Polres Tegal Kota Disiapkan jelang Lebaran
Sulitkah Memelihara Ayam Hias? Begini Praktisi Memiliki Solusi
Langkah Preventif Antisipasi Kebakaran di Lapas Brebes, Petugas Rutin Cek dan Rawat Apar
Dorong Pemuda Berperan Aktif Ciptakan Perubahan Positif, Kahf Galakkan Aksi Kahforward
Walikota Semarang Sebut Kelengkeng Hawai Mudah Perawatan, Cukup Pakai Pupuk Kandang

Masih kata Ria Utami yang ditemui Kamis 15 Februari 2024, kandang harus didesinfeksi terlebih dahulu sebelum dipakai agar tidak ada kontaminasi. Perlu diperhatikan keamanan kandang dari serangan predator semisal misang, tikus werok dan ular.

 

Untuk ayam bekisar dan yokohama memerlukan kandang yang cukup luas, diusahakan satu kandang untuk satu jenis ayam. Pakan disamakan dengan pakan yang biasa diberikan di lingkungan yang lama. Penyesuaian dilakukan secara bertahap. Sesampainya di lingkungan yang baru, ayam dapat diberi multivitamin seperti B kompleks. 

Kebersihan lingkungan kandang perlu diperhatikan. Kotoran, kandang, wadah pakan dan wadah minum rutin dibersihkan. Sering-sering diberi tepung tulang dan tepung 
hati.

Pemberian vitamin untuk ayam hias juga disarankan.

***

tags: #perawatan #kesehatan #ayam hias

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI