BERDIANG SALJU | GOOGLE IMAGES

BERDIANG SALJU | GOOGLE IMAGES

Kekuatan Ramalan Indian

Ini kisah yang penuh sindiran.

Kamis, 15 Juli 2021 | 07:53 WIB - Kisah
Penulis: Penaka Kemalatedja . Editor: Kuaka

DI SEBUAH daerah, bagian dari Okklahoma, Amerika Serikat,  sebuah warga suku Indian bertanya kepada ketua suku,  “Apakah musim dingin yang akan datang suhu udaranya akan dingin atau tidak terlalu?”

Ketua yang baru saja diangkat itu sebetulnya tidak memiliki pengetahuan sedikit pun tentang ramalan cuaca. Dia, tidak seperti anggota suku lainnya, lebih percaya pada pendekatan ilmiah. Namun agar tampak berwibawa, dan mengerti kebijaksanaan leluhur sebagai bagian dari ‘’kemampuan’’ kepala suku, dia dengan hati-hati ia berkata, “Ya, suhu udaranya akan dingin. Mulailah dari sekarang mengumpulkan kayu bakar untuk menghangatkan tubuh nanti,” perintahnya.

Perintah itu pun segera dipatuhi puaknya.

BERITA TERKAIT:
Surat Mark Zuckerberg: Kata Orang, Istriku Tidak Cantik
Cukuplah Jadikan Allah sebagai Penjamin
Kekuatan Ramalan Indian
Harapan di Selembar Daun
Guru dan Siswa yang Hiperaktif
Maaf dari Nelson Mandela
merindu mei

Beberapa saat kemudian, sang ketua ingin mengonfirmasi kebenaran prediksinya itu. Ia pun menghubungi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat.  “Apakah musim dingin mendatang, suhu udaranya akan menjadi dingin?”

“Ya, akan menjadi dingin sekali,” jawab petugas BMKG pasti.

Ketua suku Indian itu pun bergegas mengumpulkan para tokoh dan berkata, “Musim dingin mendatang akan lebih dingin dari biasanya. Perintahkan kepada seluruh warga agar mereka mengumpulkan kayu bakar sebanyak-banyaknya. Kita harus bersiap,” perintahnya, yakin.

Beberapa hari kemudian, ketua suku itu pun ingin mengonfirmasi ulang apakah ramalan cuaca sebelumnya itu masih tetap sama atau sudah berubah. Ia tahu cuaca bisa berubah, lebih dingin ekstrim, ataupun lebih hangat. Ia pun menghubungi kantor BMKG lagi.

 

“Musim dingin mendatang, bukan hanya suhu udaranya yang sangat ekstrem dinginnya, tetapi juga sangat menakutkan.  Ini akan menjadi musim dengan temperatur dinginnya belum pernah terjadi sebelumnya sepanjang sejarah.”

Mendengar penjelasan tersebut, ketua suku Indian itu kaget, panik, dan bertanya penuh keheranan, “Itu pasti? Yakin?”

‘’Pasti. Yakin!’’

‘’Bagaimana Anda mengetahui hal itu dan yakin?”

“Karena semua suku Indian sejak sebulan lalu telah mengumpulkan kayu bakar dalam jumlah yang banyaknya tidak seperti biasanya. Itu tanda yang pasti,” jawab petugas BMKG itu, tegas. 

(Disadur dari WAG,  diterjemahkan awal oleh S Kamalie)


tags: #kisah #kata baik #narasi #surat

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI