Ilustrasi mudik Lebaran, Gambar: Istimewa

Ilustrasi mudik Lebaran, Gambar: Istimewa

Jika Dispensasi untuk Santri Dikabulkan, Cabut Saja Aturan Larangan Mudik Lebaran

Djoko Setijowarno

Nanti akan banyak pihak yang meminta dispensasi.

Minggu, 25 April 2021 | 12:29 WIB - Persuasi
Penulis: - . Editor: Ririn

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengkritisi permintaan Wakil Presiden Ma'ruf Amin terkait usulan dispensasi bagi para santri agar dapat mudik Lebaran 2021. 

Dosen Unika Soegijapranata itu menlai jika Presiden Jokowi mengabulkan usulan dispensasi tersebut maka akan menghambat upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. Selain itu,  marwah pemerintah sebagai pihak yang getol menyuarakan larangan mudik Lebaran tahun ini akan berkurang.

"Jika pemerintah terlalu banyak memberikan dispensasi, kesannya pemerintah tidak serius untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di saat mudik. Banyak pihak sudah sepakat, sampai-sampai pengusaha bus yang terdampak besar mau mentaati pemerintah. Justruk sekarang tiba-tiba ada permintaan dispensasi dari penguasa," ujar Djoko.

BERITA TERKAIT:
Jika Dispensasi untuk Santri Dikabulkan, Cabut Saja Aturan Larangan Mudik Lebaran

 

Jika pemerintah terlalu banyak memberikan dispensasi, lanjut dia, kesannya pemerintah tidak serius untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di saat mudik. Banyak pihak sudah sepakat, sampai-sampai pengusaha bus yang terdampak besar mau menaati pemerintah.

"Justru sekarang tiba-tiba ada permintaan dispensasi dari penguasa. Nanti akan banyak pihak yang meminta dispensasi. Bayangkan saja jika nanti Ketua MPR, Ketua DPR serta para ketua partai minta dispensai. Apa gunanya aturan yang sudah dibuat susah-susah," tukasnya.

Daripada menyetujui dispensasi ini, menurutnya lebih baik pemerintah mencabut saja semua aturan mudik yang sudah dibuat.


tags: #djoko setijowarno #mti # mudik lebaran #santri #persuasi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI