Antara Timnas Garuda, Shin Tae Yong, dan Drama Korea

*Oleh Joko Santoso

Minggu, 26 Desember 2021 | 09:07 WIB - Persuasi
Penulis: - . Editor: Ririn

PERTANDINGAN leg kedua semifinal Piala AFF antara Indonesia melawan Singapura di Stadion Negara Singapura, Sabtu (25/12/2021)  berlangsung menegangkan dan keras. Insiden tiga kartu merah dan juga tendangan penalti  gagal yang dialami Singapura, membuat Timnas Indonesia melenggang ke final.

Namun jantung penonton serta pendukung Timnas Garuda harus berdegup kencang.  Apalagi kendati bermain dengan sembilan pemain, akibat dua pemainnya masing-masing Safuwan Baharudin dan  Irfan Fandi diganjar kartu merah masing-masing di menit 45 dan 67, Tim Singa malah mampu unggul 2-1 melalui tendangan bebas  Sahdan Sulaiman. Indonesia unggul dulu melalui Ezra Walian (11) dan disamakan Singapura melalui Song Ui Young (49).

Gol  kedua Singapura tersebut disambut ribuan pendukung  yang menyaksikan secara langsung.  Gol itu juga membuat permainan Asnawi Mangkualam dkk menjadi berantakan. Pola umpan dari kaki ke kaki yang sejak menit pertama dipertontonkan mulai kehilangan irama. Indonesia diambang kekalahan atas Singapura yang hanya bermain dengan sembilan orang.

BERITA TERKAIT:
Antara Timnas Garuda, Shin Tae Yong, dan Drama Korea
Menanti Strategi Jitu “Si Rubah” di Kandang Singa
Model Pembelajaran Gadis untuk Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi
Meratapi Ketidakadilan dalam Sepakbola
Dunia (Tidak) Sempurna Maudy Ayunda
Dr Lintang Ratri: Sistem Kejar Tayang Sinetron Jadi Asal Muasal Eksploitasi Anak
Terkait Pasal Penghinaan Presiden, Wijayanto: Otoriterisme, Kebebasan Sipil Tergerus

Namun Indonesia bisa bernafas lega, setelah tiga menit sebelum pertandingan berakhir,Prataa Arhan mampu menyamakan kedudukan. Satu menit menjelang pertandingan usai, Simgapura yang memperoleh hadiah penalti gagal memanfaatkan peluang.  Sepakan  Faris Ramli mampu ditepis kiper Timnas Garuda  Nadeo Argawinata. Kemenangan Singapura yang sudah ditangan lepas.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang, kedudukan tetap sama kuat 2-2, sehingga harus dilakukan perpanjangan waktu. Di babak pertama extra time Indonesia mampu menambah keunggulan melalui gol bunuh diri Shawal Anuar (91) dan Egi Maulana Vikri (107). Insiden kembali terjadi ketika di menit akhir perpanjangan waktu penjaga gawang Singapura harus dikeluarkan dari lapangan karena melanggar pemain Indonesia Irfan Jaya.

Indonesia akhirnya menang 4-2 dan melenggang ke partai puncak. Pertandingan yang menegangkan serta membuat penonton menahan napas. Pertandingan yang layaknya “drama Korea” yang mengharu biru membuat perasan dan emosi penonton terbawa,histeris, tertawa dan juga menangis. 

 

Pelatih Timnas Garuda Shin Tae Yong yang merupakan warga kebangasaan Korea Selatan, merupakan sutradara dari “drama Korea” yang ditampilkan Timnas Garuda di perhelatan Piala AFF Tahun 2020. Penampilan Indonesia di babak penyisihan grup B juga penuh drama. Bermula saat Indonesia mampu menahan imbang favorit juara Vietnam tanpa gol, namun sepanjang permainan gawang Indonesia harus dikurung oleh penyerang Vietnam yang mendominasi permainan.

Di pertandingan terakhir grup B, “drama Korea” itu kembali terjadi ketika Indonesia menghadapi musuh bebuyutan Malaysia. Indonesia harus ketinggalan terlebih dahulu satu gol, sebelum mampu menang besar 4-1.

Menyaksikan pertandingan Timnas Garuda dibawah besutan Shin Tae Yong, seperti menyaksikan serial Korea seperti Squid Game, Nevertheless dan juga serial sentimental The World of Married. Penonton harus menahan napas, jantung berdegup kencang dan terbawa emosi hingga menangis haru.

Timnas Garuda kini sudah melangkah ke partai puncak. Ini final keenam di Piala AFF yang berhasil direngkuh oleh Indonesia. Namun belum sekalipun Indonesia mampu menjuarai turnamen sepakbola Asia Tenggara tersebut. 

Lawan di final kemungkinan Thailand. Menarik ditunggu akankah akan muncul “drama Korea’ lagi saat Garuda menantang tim Gajah Perang yang notabene  lebih diunggulkan. Mampukah Evan Dimas dan Witan Sulaiman mengimbangi akselerasi pemain Thailand yang lebih berpengalaman seperti Chanatip dan Terassil Dangda.  Menarik ditunggu. Sepakbola memang selalu menyajikan drama...seperti drama Korea yang banyak penggemarnya.

Penulis adalah wartawan dan penonton sepakbola


tags: #persuasi #timnas garuda #drama korea #shin tae yong

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI