Reza, Selingkuh itu Salah (ilustrasi - bangkapos)

Reza, Selingkuh itu Salah (ilustrasi - bangkapos)

Reza, Meskipun Ada Sejuta Soalan, Selingkuh Itu Bukan Jawaban

Oleh Elbara Lazuardi

Selingkuh itu bukan sebuah jalan keluar, bahkan jika kau anggap duniamu buntu.

Rabu, 21 September 2022 | 07:29 WIB - Persuasi
Penulis: @elbaralazuardi . Editor: Kuaka

Reza Arap diisukan selingkuh, jagad maya gempar. Adam Levine dikabarkan selingkuh, dunia maya geger. Hari-hari ini, tagar selingkuh mewarnai berbagai platform media sosial. Dan berbagai opini pun menyeruak. Berbagai pandangan muncul, termasuk ulikan kesejarahan tiap pasangan.

Memang, kepastian benarkan Arap selingkuh, belum terkonfirmasi. Namun, dari reaksi dan cuitan istrinya, Wendy Walters, seakan mengafirmasi bahwa kabar itu benar.

BERITA TERKAIT:
Tak Hanya Hapus Foto Reza Arap di Instagram, Wendy Walters juga Ubah Caption Potret Pernikahan
Karena Tato di Tubuhnya Inilah Warganet Simpulkan Rossa adalah Selingkuhan Reza Arap
Terseret Isu Jadi Orang Ketiga Hubungan Reza Arap-Wendy Walters, Rossa Mendadak Ungkap Tipe Pria Idaman
Begini Kronologi Perselingkuhan Reza Arap dan Rossa Terendus, Wendy Walters: Gak Butuh Kamu untuk Tetap Tinggal
Reza Arap Diisukan Selingkuh, Wendy Walters Curhat Enggak Kuat 

Dan yang kian mengagetkan, nama penyanyi Rossa terikutkan, sebagai selingkuhan Reza Arap, yang memang keduanya tengah akrab karena menjadi juri di ajang pencarian bakat.

‘’Adem levine selingkuh, ganteng-ganteng kok selingkuh. Reza Arap; udah jelek kok selingkuh, ga tahu diri amat,’’ kata @rakkka, ketus.

selingkuh itu Salah
Ya, tak ada yang memberi nada positif pada isu selingkuh. Apapun situasinya. Benar, ada beberapa netizen yang mengaku ‘’netral’’, dan sok bijak dengan memberi ruang bahwa perselingkuhan terjadi karena mungkin saja pasangan ini-itu, adalah afirmasi pada sesuatu yang jelas salah.

Apapun situasinya, selingkuh itu salah.

Itu dulu diakui, disepakati, baru kita bisa masuk ke masalah sebenarnya.

Karena, apapun persoalannya, seberat apapun, perselingkuhan bukanlah jalan keluar. Bahkan, menjadi bensin untuk persoalan yang sudah ada.

‘’Pernikahan itu roller coaster kehidupan, bukan cuma imut bucin2an, karena suatu saat bosen pasti akan melanda, sebel jg pasti muncul hilang timbul, eneg bahkan kadang sampai pengen muntah. Tapi kalau udah selingkuh, itu seperti kamu melepas ikat kursinya saat kecepatan tinggi,’’ kata @GiaPratamaMD.

Apapun, selingkuh itu salah.

Selingkuhnya juga ‘’penyakit’’, kambuhan, dan sulit sembuh, jika sudah pernah mengidapnya. Begitulah setidaknya anggapan mayoritas orang. jadi, sebuah kebohongan jika ada yang mengatakan perselingkuhan bagian dari kekhilafan.

Banyak netizen yang kemudian tak heran jika Arap selingkuh. Karena, dia bukan ‘’pemain baru’’ dalam hal ini. Sebelum dengan Wendy, dia pun berpisah karena berselingkuh. Netizen juga mengingatkan, hubungan Arap dan Wendy juga terjalin karena perselingkuhan.

Adam Levine, sebelum dengan Behati, juga punya sejarah selingkuh.

Tapi, menganggap ‘’sejarah’’ perselingkuhan sebagai kewajaran untuk kemudian berselingkuh, juga adalah sebuah pembenaran. Mengatakan selingkuh adalah sebuah penyakit kambuhan, juga sebuah afirmasi. Dan, kemudian, jadi kewajaran.

Apapun, selingkuh itu salah.

 

‘’Apa iya ada alasan yang cukup menjustifikasi perselingkuhan di saat perempuan udah berusaha jadi istri yang baik, diem di rumah dan ga macem-macem? Apa iya cape hati bisa sembuh dengan fuck around? Bukannya kunci hubungan itu komunikasi? bukan fuck around?’’ radang Wendy dalam cuitannya.

Marah pada Siapa?
‘’Marah pasti marah. Kecewa pasti kecewa. Tapi aku tidak akan meninggalkannya jika untuk kali pertama. Kalau memang dia khilaf. Ga tahu juga sih. Mungkin aku akan pergi dulu. Perginya dalam arti, mencari ketenangan diri sendiri dulu,’’ begitu kata Wendy, dalam podcast bersama Dedy Corbuzier, saat ditanya kemungkinan jika Reza selingkuh. Itu juga jawaban, jika perselingkuhan itu tidak ter-publish, tidak jadi konsumsi publik.

Jika ter-publish? ‘’Ga tahu ya…’’ kata Wendy, sembari menghembuskan napas.

‘’tapi ya emang sih, gabisa dibilang "ciwen yang cantik, goals, bisa ini itu aja bisa diselingkuhin gimana gue" ga bakal bisa. karena semuanya ya depends dari pihak yang selingkuh, mau sebaik apa sesempurna apa kalo dia ga bersyukur ya gabakal nemu yang pas sampe kiamat juga,’’ cuap @haurlycatto.

Ya, selingkuh bukan soal pasangan kita kurang. Bukan soal dia tak sempurna. Juga bukan untuk ‘’melengkapi’’ yang tak ada di pasangan kita. Bohong banget jika itu alasannya.

Apapun, selingkuh itu salah.

Tapi, acap kali, yang merasa paling bersalah justru yang diselingkuhi. Yang paling sakit, justru yang dicurangi. Dan lalu merasa tak percaya diri, mewajarkan peristiwa itu karena ada yang kurang pada dirinya. Kecewa pada dirinya karena pasangan menjadi peselingkuh. Lalu depresi.

Padahal, seharusnya, yang sakit, kecewa, luka, dan depresi adalah si peselingkuh karena telah gagal untuk mewujudkan komitmen, telah abai pada akad, telah cemar pada janji, telah lepas dari ikatan.

Maka, jika pun marah, kecewa, ungkapkan pada si peselingkuh, bahkan jika tak mampu lagi menanggungkannya, pergi saja. Ada kok yang tidak bisa pernah memaafkan perselingkuhan. Ada kok yang trauma sungguh dari perselingkuhan.

Jadi, jika pasanganmu selingkuh, berhenti menyalahkan diri sendiri. Berhenti sedih. Lupakan meratap. Jika pun engkau kecewa, maka itu lahir karena engkau merasa pasanganmu telah kehilangan seseorang yang paling berharga, dirimu itu.

Jika dia berselingkuh karena mendapatkan sesuatu yang tak ada dalam dirimu, satu bagian kecil, maka dia akan kehilangan bagian besar lainnya, yang ada dalam dirimu. Sesederhana itu.

Lelaki Pasti Tak Setia?
Tiap lelaki selingkuh, aku makin tak bisa percaya pada lelaki? Begitu nada sebagian netizen. Lha, apa hubungannya? selingkuh itu bukan hak private lelaki. Bahwa lelaki yang terbanyak, ya! Bahwa perempuan yang dianggap paling disakiti, ya! Itu juga karena perspektif gender yang tak imbang, yang menganggap perempuan lebih lemah dan rentan dari lelaki. Kenyataannya, bisa beda sekali.

Jadi, seperti kata Meggy Z, tidak semua lelaki buaya.

Juga, tidak semua lelaki itu setia. Lelaki setia itu, jika dia punya peluang dan kesempatan untuk selingkuh, tapi dia memilih tidak. Jika tidak pernah punya pasangan, bagaimana bisa mengklaim setia? Hahaha

Jadi, tidak perlu menghujat bahwa lelaki makhluk tak setia. Setia dan tidak itu pilihan. Juga lintas gender. Siapa pun bisa setia, setiap orang bisa selingkuh. Bahwa Adam Levine selingkuh, padahal dia ‘’dianggap’’ memiliki segalanya, kecuali alasan untuk selingkuh, itu yang membuat netizen marah. Bahwa Reza Arap selingkuh padahal dia…

Ah sudahlah.
 

(Artikel ini  sebelumya sudah tayang dengan judul, ‘’Adam Levine dan Reza Arap yang selingkuh, Kok Semua Lelaki Kecipratan Getahnya’’, di Naung.id)


tags: #reza arap #selingkuh

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI