Halima Aden. Foto: Istimewa.

Halima Aden. Foto: Istimewa.

Sering Tak Bisa Salat dan Pakai Hijab, Model Kondang Amerika, Halima Aden Mundur dari Profesinya

Aden mengaku, lantaran sering memprioritaskan profesinya, ia sering melalaikan kewajiban beribadah seperti salat.

Sabtu, 28 November 2020 | 06:13 WIB - Layar
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM – Lantaran sering tak bisa jalani salat atau tak bisa kenakan hijab, Halima Aden, model Muslim berusia 23 asal Amerika Serikat, mundur dari profesi yang ia tekuni. Ia menilai profesi tersebut bertentangan dengan keyakinan agamanya, Islam.

Model yang telah tampil di sampul majalah Vogue edisi bahasa Inggris, Vogue edisi bahasa Arab dan majalah Allure ini mengatakan, karena pekerjaannya, ia kadang tak bisa melakukan kewajibannya sebagaimana seorang muslim pada umumnya. Situasi itulah yang membuatnya merasa tak nyaman hingga memutuskan untuk mundur dari dunia modeling.

Aden pun dibanjiri dukungan atas keputusannya mundur dari dunia modeling. Di antaranya dari model ternama Bella dan Gigi Hadid. Aden juga mendapat dukungan dari Rihanna yang mana ia mendukung Aden mengenakan hijab.

BERITA TERKAIT:
Sering Tak Bisa Salat dan Pakai Hijab, Model Kondang Amerika, Halima Aden Mundur dari Profesinya

Aden menulis dalam akun Instagramnya, pandemi virus corona memberinya waktu untuk berpikir tentang nilai-nilai sebagai perempuan Muslim. Menurutnya, menjadi perempuan berhijab sekaligus model memiliki sisi positif dan negatif. "ia hanya bisa menyalahkan dirinya sendiri karena lebih mementingkan tawaran yang datang sebagai model tanpa memikirkan dampak buruk yang mungkin terjadi".

Aden mengaku, lantaran sering memprioritaskan profesinya, ia sering melalaikan kewajiban beribadah seperti salat. Bahkan, ia juga pernah menerima kontrak dan melakukan pekerjaan tanpa mengenakan hijab secara semestinya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa ketika terjebak dalam situasi tersebut, ia tetap berusaha mengenakan perlengkapan atau pakaian lain untuk meutupi rambutnya. Ia bahkan sering menangis di kamar hotel karena tak bicara terbuka mengenai kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan oleh dirinya sebagai perempuan Muslim.

 

Ia menambahkan yang terlihat di permukaan, bukan dirinya yang sesungguhnya. "Sebenarnya, saya merasa sangat tidak nyaman," tulis Aden di Instagram.

Perjalanan Hidup Aden

Aden lahir di kamp pengungsi Kenya di Somalia sebelum orang tuanya membawanya ke Amerika Serikat pada usia enam tahun. Saat berumur 18 tahun, ia ditemukan oleh agen pencari bakat IMG Models ketika tampil di babak semifinal di Miss Minnesota.

Pada usia 19 tahun, Halima Aden tampil di New York Fashion week mengenakan pakaian dari koleksi Tommy Hilfiger. Ia bahkan menjadi perempuan pertama yang tampil dengan mengenakan hijab. Sejak itu, ia dikenal sebagai perempuan yang memperkenalkan gaya busana modest, gaya pakaian yang menutup seluruh bagian tubuh, di berbagai pertunjukan fesyen.

Selain iti, ia juga pernah tampil di pertunjukan busana dengan merek besutan Rihanna dan Kanye West. Aden pun memuji Rihanna lantaran membolehkannya mengenakan hijab saat memeragakan pakaian di atas panggung.


tags: #sering tak bisa salat dan pakai hijab #halima aden mundur dari profesinya #model kondang amerika, halima aden

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI