Foto istimewa

Foto istimewa

Uniknya Tradisi Imlek di Berbagai Negara, Nomor 6 Luar Biasa Megah!

Seollal juga termasuk dalam tradisi yang sakral.

Sabtu, 13 Februari 2021 | 20:05 WIB - Langkah
Penulis: - . Editor: Wis

Dibalik meriahnya perayaan Imlek, ada berbagai macam tradisi yang terus dipertahankan sejak dahulu dari generasi ke generasi dan selalu diadakan setiap tahunnya. Sama halnya dengan yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia.

Pada umumnya, masyarakat Tionghoa di Indonesia akan mempersiapkan Imlek jauh-jauh hari. Berbagai pernak-pernik hingga hidangan juga selalu disiapkan secara matang. Hingga pada hari Imlek tiba, masyarakat Tionghoa biasa melakukan doa bersama, mengunjungi rumah saudara dari yang satu ke yang lain, pertunjukan barongsai, dan tentunya pembagian angpao.

Lalu bagaimana dengan tradisi Imlek yang ada di luar negeri? Berikut ini ulasannya.

BERITA TERKAIT:
Imlek 2021, Ormas Tionghoa Bantu 1Juta ton Beras 
Presiden Jokowi: Tahun Kerbau, Mestinya Tahun Penuh Kekuatan
Jokowi: Penanganan Kesehatan dan Ekonomi Harus Dilakukan Bersamaan
Disebut Bawa Keberuntungan, Ini Makna di Balik 5 Sajian Khas Imlek
Uniknya Tradisi Imlek di Berbagai Negara, Nomor 6 Luar Biasa Megah!
Libur Panjang Imlek, Stasiun di Semarang Sepi Calon Penumpang
Ramalan Shio 2021, Ini Shio yang Paling Hoki di Tahun Kerbau Logam

Saling Memberi Hadiah Nanas di Malaysia
Dimulai dari tradisi yang ada di negara tetangga terlebih dahulu, tepatnya di Malaysia. Setiap Tahun Baru Imlek, masyarakat Negeri Jiran biasa memberi hadiah buah nanas bagi sanak saudara mereka.

Nanas dianggap sebagai buah pembawa keberuntungan oleh masyarakat Tionghoa di Malaysia. Buah yang identik dengan warna kuning ini, juga dipercaya dapat memberi suatu kebahagiaan bagi siapa saja yang gemar mengonsumsinya, terutama saat hari raya Imlek.

Meski begitu, nanas bukanlah satu-satunya hidangan yang disediakan. Tak berbeda jauh dengan yang ada di Indonesia, beragam hidangan menarik lainnya juga tersedia saat hari raya Imlek di Malaysia. Mulai dari kue keranjang dengan berbagai olahan hingga daging babi yang dimasak manis, siap menggoda selera siapapun yang mencicipinya.

Tamu Pembawa Keberuntungan di Vietnam
Masih dari daerah Asia Tenggara. Tradisi unik kali ini datang dari negara yang juga rutin menggelar perayaan Imlek yang sudah bertahan lama dari generasi ke generasi, yaitu Vietnam.

Di Vietnam, ada suatu makanan yang selalu hadir setiap perayaan Imlek. Makanan tersebut bernama Zongzi. Jika di Indonesia Makanan ini mirip dengan Bacang. Selain itu, ada tradisi lain yang bernama Xong Tet. Suatu tradisi dimana setiap masyarakat Vietnam akan mengundang tamu sebanyak mungkin saat Imlek.

Mereka beranggapan bahwa tamu-tamu yang datang akan membawa suatu peruntungan di Tahun Baru. Tamu juga dipercaya sebagai simbol persaudaraan yang kuat, sehingga mereka terus mempertahankan tradisi ini demi terciptanya rasa damai satu dengan yang lain.

Libur Kerja Selama 5 Hari di Macau
Bergeser ke Asia Timur, datang dari salah satu Daerah Administrasi Khusus yang ada di Semenanjung Tiongkok, yaitu Macau. Sama halnya dengan yang terjadi di Indonesia ketika libur hari raya Lebaran, dimana pemerintah memberikan libur nasional selama beberapa hari kepada masyarakat. Hal itulah yang ternyata juga terjadi di Macau.

Imlek menjadi salah satu hari yang paling ditunggu oleh masyarakat Macau. Selama 5 hari tersebut banyak masyarakat yang memilih untuk berlibur, pulang kampung, hingga sekedar berkumpul dengan keluarga besar di suatu daerah.

 

Pada umumnya, 2-3 hari pertama dalam libur Imlek di Macau ini, banyak toko maupun restaurant yang memilih tutup. Tetapi Pemerintah Macau tak memberi suatu larangan apabila ada suatu usaha yang tetap ingin beroperasi selama 5 hari libur.

Tradisi Membeli Bunga di Hong Kong
Masih dari salah satu negara yang ada di Semenanjung Tiongkok, yaitu Hong Kong. Perayaan Imlek di Hong Kong juga tak kalah menarik. Biasanya, ada berbagai macam pertunjukan kembang api hingga pentas budaya. Masyarakat sering merayakan berbagai tradisi Imlek tersebut di beberapa tempat populer yang ada di Hong Kong, seperti di sekitaran Kowloon dan Causeway Bay.

Selain itu, ada tradisi unik lainnya yang juga terus dipertahankan oleh Masyarakat Hong Kong dalam merayakan Imlek, yaitu tradisi membeli bunga. Setiap masyarakat pada umumnya membeli bunga sehari sebelum menyambut Tahun Baru Imlek.

Bagi mereka, bunga dianggap dan dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan selama perayaan Imlek berlangsung. Bunga juga dianggap dapat memberikan berbagai macam hal baik selama setahun kedepan bagi masyarakat Hong Kong.

Tradisi Seollal di Korea Selatan
Perayaan Imlek di Negeri Ginseng juga tak kalah menarik dengan yang ada di negara lain. Imlek di Korea Selatan biasa disebut dengan istilah Seollal. Dalam bahasa Korea, Seollal mempunyai arti hari pertama pada penanggalan China.

Ketika Seollal tiba, masyarakat Korea Selatan akan pulang ke kampung halamannya masing-masing. Setibanya di kampung halaman, mereka akan langsung menggelar suatu ibadah penghormatan kepada anggota keluarga yang sudah meninggal.

Selain unik, Seollal juga termasuk dalam tradisi yang sakral. Hal itu terlihat pada baju yang mereka kenakan. Hanbok atau pakaian tradisional Korea yang terkenal akan kekuatan budayanya ini, menjadi pakaian yang wajib dikenakan selama beberapa hari saat merayakan Seollal ini.

Penobatan Miss Chinatown di Amerika Serikat
Tidak hanya di sekitaran Benua Asia saja, tradisi Imlek juga setiap tahunnya digelar secara menarik di Benua Amerika, tepatnya di negara Amerika Serikat.

Ya benar, Negara Adidaya ini memang terkenal dengan keberagaman ras yang tinggal bersama hingga saling berbaur satu sama lain didalamnya. Salah satu ras dengan jumlah populasi yang cukup banyak di Amerika Serikat ini ialah ras keturunan Tionghoa.

Setiap Imlek, Chinatown yang ada di beberapa negara bagian di Negeri Paman Sam ini selalu menggelar perayaan yang sangat meriah. Adat Tiongkok juga kental terasa di dalamnya. Salah satu yang selalu di gelar dengan megah ialah Penobatan Miss Chinatown, yang biasa terselenggara di San Fransisco. Megah, Mewah, Mempesona adalah kesan yang akan didapat oleh siapapun yang berkesempatan menghadiri tradisi ini.

Ditulis oleh Carolus Nova, mahasiswa magang Unika Soegijapranata.


tags: #imlek #tahun baru #korea selatan #malaysia #amerika serikat

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI