Vila Singontoro, Foto: Istimewa

Vila Singontoro, Foto: Istimewa

Ini 20 Tempat Angker di Semarang, Berani Datang?  (4)-selesai

Semarang dahulu punya taman bermain terbesar yang disebut Dufannya Kota Lunpia.

Minggu, 18 Juli 2021 | 12:36 WIB - Langkah
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Kota Semarang memiliki sejuta pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya itu, beragam jenis kuliner khas Kota Semarang juga menjadi daya tarik tersendiri. Namun, tahukah kalian jika ternyata ada beberapa tempat angker di Kota Semarang yang justru menarik dan sering dikunjungi.

Bagi sebagian orang pasti ada yang percaya yang namanya hantu, setan, atau hal mistis yang ditemukan di sejumlah bangunan atau tempat wisata. Berikut ini adalah 20 bangunan atau tempat angker di Semarang versi KUASAKATACOM.

Tulisan ini adalah seri keempat sekaligus terakhir yang menutup ulasan sebelumnya.

BERITA TERKAIT:
Uji Rasa Belut Goreng Pedas Ala Warung Makan Abadi
Disbudpar Kota Semarang Beri Pelatihan ke Pemandu Wisata Outbound
Nostalgia Jajanan Masa Lampau, Tiwul Ayu Telorojo
Modal Mobil Rental, Pemuda Ini Tipu Janda Luar Dalam
Pengumuman Lur! Musim Hujan di Jateng Diprediksi Mulai Oktober 2021
Jadi Korban Begal, Seorang Pria Ditemukan Tewas di Jalan Pemuda Semarang
1.479 WBP Lapas Semarang Jalani Vaksinasi Covid-19 Kedua

16. Rumah Setan

Dahulu, ada bangunan di Semarang yang disebut Rumah Setan. Lokasinya berada di sekitar Stasiun Poncol. Rumah angker tersebut sering dijadikan sebagai markas penganut aliran sesat. Ada warga yang pernah menjadi petugas kebersihan di sana mengaku sering merasakan pengalaman mistis, seperti melihat hantu toilet, suster ngesot, hantu kuda, hantu mesin ketik, dan hantu tentara baris. Konon katanya, hantu suster ngesot adalah seorang suster yang diperkosa dan dibantai oleh tentara Jepang. Rumah Setan dibongkat tahun 1976 dan kini menjadi pusat pertokoan.

17. Gedung Bekas Pabrik Gas

Di Kota Lunpia juga ada gedung bekas pabrik gas zaman Belanda. Namanya Nederlandsch Indische Gas Maatschappij yang tak kalah horor. Gedung tersebut berada di jalan Sleko No 17. Namun kini sudah ditutup karena sempat terendam Kali Semarang yang meluap. Ada salah satu penjaga gedung yang bercerita bahwa ia sering mendengar suara orang bercanda sambil bekerja sekaligus langkah-langkah kaki. Di belakang gedung tersebut juga ada lintasan kereta api yang sering menimbulkan banyak korban jiwa.

18. Vila Singontoro

 

Berbentuk sebuah bangunan kuno zaman kolonial, Vila Singontoro terletak di kawasan Tanah Putih Kecamatan Candisari. Villa Singontoro merupakan rumah tua yang sudah lama tidak berpenghuni. Konon katanya, saking seramnya,vila ini pernah dijadikan lokasi uji nyali sebuah acara televisi swasta.

19. Taman Wonderia

Taman bermain terbesar di Semarang ini telah dibuka pada tahun 2007. Namun pada bulan November 2007 pula terdapat kasus kecelakaan yang membuat taman bermain ini ditutup sementara dan baru dibuka kembali pada bulan April 2008. 

Melalui kanal YouTube Kisah Tanah Jawa, diceritakan bahwa Wonderia merupakan taman bermain yang dahulunya merupakan tempat pemakaman dan makam tersebut masih utuh sampai sekarang. Ditutupnya taman bermain Wonderia ini juga diakibatkan oleh desas-desus mistis yang menyebabkan berkurangnya pengunjung. Akhirnya, taman bermain yang sempat digadang-gadang sebagai Dufan-nya Semarang ini resmi ditutup oleh Pemerintah Kota Semarang pada tahun 2017. 

20. Sigar Bencah

Tembalang boleh jadi tempat paling hingar bingar di Semarang. Tapi, Tembalang juga menyimpan kisah misterinya tersendiri. Konon, ada beberapa tempat yang katanya penuh dengan arwah gentayangan di sekitaran Tembalang, salah satunya Sigar Bencah.

Ada salah satu pengendara mengaku melihat sosok perempuan di Sigar Bencah. Wakut itu ia sedang memacu motornya melewati jalan itu di tengah malam. Sementara desas desus lainnya, banyak yang mencium bau melati atau mendengar suara tangisan. 

Itulah ulasan terakhir dari 20 tempat dan bangunan angker di Semarang. Sudah kah kalian berkunjung ke sana? 


tags: #semarang #angker

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI