30 Tempat Wisata Menarik di Banyumas Raya yang Pantang Dilewatkan (1)

Minggu, 18 Juli 2021 | 13:30 WIB - Langkah
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

Kabupaten Banyumas berada di selatan Jawa Tengah, wilayah ini berada di bawah kaki Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Kabupaten seluas 1.329 km2 tersebut selain memiliki wlayah berbukit juga memiliki bahasa yang berbeda dengan bahasa jawa pada umumnya, orang Banyumas menyebuat bahasa sehari hari mereka bahasa Banyumasan atau bahasa Ngapak.

Karena berada di bawah kaki gunung, banyak di temui tempat tempat wisata menarik dan wajib di kunjungi di Banyumas, Ingat meskipun ikon wisata Banyumas adalah Baturraden namun  lokasi wisata menarik lainnya yang patut dikunjungi untuk melengkapi Baturraden.

KUASAKATACOM pun merangkum sejumlah tempat wisata yang ada di Kabupaten Banyumas, yang wajib anda buktikan:

BERITA TERKAIT:
PTM Dijalankan, Bupati Banyumas Ingatkan untuk Rutin Kontrol Prokes
Lokawisata Baturraden Dibuka, Pebemas Data Anggotanya yang Belum Divaksin
Sabtu Besok, Obwis Lokawisata Baturraden Dibuka
PPKM Level 4 Terus Diperpanjang, Pelaku UMKM di Banyumas Minta Diperlonggar
Remaja di Banyumas Terancam Dipenjara karena Cabuli Balita
Banyumas akan Uji Coba Pembukaan Mal pada 22 Agustus
BMKG: Hujan Masih Berpotensi Jatuh di Jateng Bagian Selatan

1. Telaga Sunyi


Bagi anda yang ingin merasakan menyatu dengan alam larut dalam heningnya dunia setelah beberapa pekan selalu berhadapan dengan hiruk pikuk kehidupan, disinilah tempatnya. Tempat ini berada tidak jauh dari Baturraden atau tepatnya di Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, sesuai dengan namanya Telaga hanya sunyi dan gemricik air yang kita dengar di telaga ini.

Airnya yang jernih membuat para pengunjung untuk tidak sungkan berenang dan merasakan segarnya air Telaga Sunyi. Para pengunjung disarankan untuk berenang ke area yang tidak terlalu dalam.

Bila di Telaga Sunyi abadikan kunjungan anda, karena banyak spot foto menarik di Telaga Sunyi. Jangan sampai anda melewatkan momen saat berada di salah satu surga dunia yang berada di Kabupaten Banyumas.

Untuk mencapai Telaga Sunyi ini, bila anda dari Purwokerto ambil arah menuju jalan Baturaden. Dari Purwokerto kira kira hanya butuh waktu selama 30 menit untuk mencapai lokasi ini. Telaga Sunyi hanya berjarak 2,5 km dari pintu masuk Lokawisata Baturaden.

2. Lokawisata Baturraden


Sejak lama Baturraden menjadi ikon lokasi wisata di Kabupaten Banyumas, selain wisata alamnya yang sangat menarik disertai sungai jernih yang mengalir di dalam tempt wisata itu, juga wilayahnya berbukit bukit membuat dibutuhkan waktu berjam jam untuk menjelajah lokasi wisata satu ini.

Tempat wisata ini berada di Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, atau sekitar 25-30 menit dari Kota Purwokerto.

Baturraden juga telah menambah beberapa wana wisata baru nan modern sehingga, sangat cocok untuk tempat wisata keluarga. Di sini ada kolam renang yang memiliki beberapa kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda beda.

 

Di Baturraden kita juga bisa menemukan jembatan paling hits yang mampu menarik para pengunjungnya untuk melakukan foto selfi di lokasi ini. Selain jembatan masih banyak tempat tempat instagrammable di lokasi wisata ini. Baturraden juga memiliki lokasi untuk kegiatan outbond.

Harga tiket masuk Lokawisata Baturaden saat ini Rp25 ribu untuk Sabtu dan Minggu sedangkan pada hari biasa Rp20 ribu.

3. Museum BRI


Dibandingkan dengan kota lain di Jawa Tengah, Banyumas termasuk daerah yang memiliki tempat wisata yang komplit. Selain memiliki tempat wisata alam yang sangat menarik Banyumas juga memiliki museum museum unik salah satunya Museum Bank Rakyat indonesia (BRI) yang berada di Kedungwuluh, Kec. Purwokerto Barat.

Wisata sejarah ini memiliki koleksi uang baik yang dikeluarkan oleh bank sentral Indonesia maupun negara negara tetangga. Museum ini juga menyimpan koleksi uang kuno sehingga akan sangat menyenangkan untu para pelajar mengunjungi museum ini untuk memperlajari peradaban.

4. Dream Land Water Park


Tempat wisata ini berada di Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Dream Land Water Park merupakan wahana wisata yang cocok untuk segala umur. Wahana air dijamin bakal memuaskan pengunjungnya khususnya anak anak.

Tempat wisata ini memiliki kolam renang yang cukup besar lengkap wahana air, seperti perosotan dan ember tumpah. Tidak kalah menarik, lokasi ini juga menyediakan berbagai tempat untuk bersantai yang nyaman dan spot foto menarik untuk pengunjung yang datang.

5. Air Terjun Curug Jenggala


Tempat wisata ini berada di Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Air Terjun Curug Jenggala ini layak anda kunjungi karena memiliki pemandangan eksotis antara air terjun, pepohonan di sekitar, dan spot foto ikonik di depannya. 

Air terjun ini memiliki empat grojogan dan memiliki sumber air cukup deras. Air yang jatuh di grojogan itu juga selalu jernih dan bening tanpa ada kotoran yang turut turun karena kebersihan lingkungan terjaga dengan baik. 

Disini juga ada gardu pandang di atas bukit, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang ada di bawahnya. 
 


tags: #kabupaten banyumas #baturraden

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI