Kue Moaci Gemini Kentangan, Foto: Istimewa

Kue Moaci Gemini Kentangan, Foto: Istimewa

20 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Jajanan Khas Semarang (1)

Selain bandeng presto dan wingko babad, kamu bisa borong kue mochi.

Senin, 19 Juli 2021 | 10:23 WIB - Langkah
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Sedih ini hari terakhirmu berada di Kota Semarang? Jangan dong, lebih baik kamu mencari buah tangan di toko oleh-oleh jajanan khas Semarang.

Kota Semarang punya banyak oleh-oleh khas yang wajib kamu beli. Tak hanya lunpia, ada berbagai makanan lain yang bisa kamu borong seperti bandeng, kue sarang madu, mochi, dan lain sebagainya. 

Untuk mendapatkan oleh-oleh tersebut, kamu bisa mengunjungi beberapa referensi toko oleh-oleh jajanan khas Kota Semarang yang telah Tim KUASAKATACOM rangkum dari berbagai sumber. 

BERITA TERKAIT:
Uji Rasa Belut Goreng Pedas Ala Warung Makan Abadi
Disbudpar Kota Semarang Beri Pelatihan ke Pemandu Wisata Outbound
Nostalgia Jajanan Masa Lampau, Tiwul Ayu Telorojo
Modal Mobil Rental, Pemuda Ini Tipu Janda Luar Dalam
Pengumuman Lur! Musim Hujan di Jateng Diprediksi Mulai Oktober 2021
Jadi Korban Begal, Seorang Pria Ditemukan Tewas di Jalan Pemuda Semarang
1.479 WBP Lapas Semarang Jalani Vaksinasi Covid-19 Kedua

1.  Bandeng Juwana Elrina

Semarang terkenal dengan bandeng presto alias bandeng berduri lunak. Bandeng Juwana Elrina menjual aneka bandeng yang lengkap dan bisa kamu jadikan oleh-oleh. Lokasinya berada di Jalan Pandanaran No 67-51 Semarang, hanya 1,3 kilometer dari Kawasan Simpang Lima. Tempat ini buka mulai jam 06.30-23.00 WIB setiap harinya.

Ada beberapa jenis bandeng yang bisa kamu bawa pulang, mulai dari bandeng duri lunak, otak-otak bandeng, bandeng pepes duri lunak, bandeng asap duri lunak, bandeng dalam sangkar, bandeng asap duri keras, sate bandeng boneless, sampai bandeng teriyaki. Olahan bandeng ini dijajakan mulai dari Rp100 ribu rupiah.

Selain itu, kamu bisa bawa pulang aneka kue, bolu, bakpia, lumpia, tahu bakso, hingga snack lainnya. Lengkap banget!

2. Pusat Oleh-oleh Djoe

Hanya beberapa puluh meter dari Bandeng Juwana Elrina, ada Pusat Oleh-oleh Djoe. Lokasinya berada di Jalan Pandanaran No 51 Semarang dan buka setiap hari pada pukul 06.00-22.00 WIB.

Di sini, kamu bisa membeli kue mochi, tahu bakso, lunpia, madu mongso, dan aneka kue tradisional lain. Ada makanan yang dikemas dengan metode vacuum sehingga bisa awet lebih lama.

Tak hanya itu, kamu bisa menikmasti lumpia yang sudah matang, baik lumpia goreng atau basah. Isinya ada rebung, ayam, telur dan udang. Jajanan Pusat Oleh-oleh Djoe dipatok mulai Rp35 ribu.

Sama seperti Bandeng Juwana Elrina, Pusat Oleh-oleh Djoe juga memiliki lahan parkir yang minim. Namun, jangan khawatir karena ada tukang parkir yang siap membantumu setiap saat!

3. Wingko Babad Cap Kereta Api

 

Bergeser ke kawasan Kota Lama Semarang, kamu bisa berkunjung ke Wingko Babad Cap Kereta Api. Lokasinya berada di Jalan Cendrawasih No 14 Semarang dan buka setiap hari pada pukul 07.00-18.30 WIB. Jaraknya hanya 1,8 kilometer dari Stasiun Tawang dan bersebelahan dengan Filosofi Kopi Semarang.

Sesuai namanya, toko ini menjual wingko babat yang lezat dengan berbagai macam rasa, mulai dari orisinal, cokelat, durian, nangka, pisang dan lainnya. Selain itu, di sini juga menjual getuk, bakpia pathuk khas Yogyakarta dan kue tradisional lain.

Berbeda dengan dua toko sebelumnya, di Wingko Babad Cap Kereta Api tersedia cendera mata nonmakanan, seperti kartu pos, magnet, dan gantungan kunci. 

4. Kampoeng Semarang

Hanya berjarak 2,3 kilometer dari Stasiun Tawang, kamu dapat menjumpai Kampoeng Semarang. Tempatnya ada di Jalan Kaligawe Raya KM 1 No 96 Semarang dan buka setiap hari pada pukul 08.00-20.00 WIB.

Dibanding yang lain, Kampoeng Semarang merupakan tempat oleh-oleh yang paling luas dan lengkap. Di sini, tidak hanya menjual oleh-oleh berupa makanan, tetapi ada juga kemeja batik, gantungan kunci, kaus, tas, sandal, aksesori, dan lain sebagainya.

Untuk makanan, kamu dapat bandeng presto, lunpia, rengginang, tahu bakso, wingko babat, sampai cokelat dengan kemasan yang unik dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk teman. Di lokasi yang sama, ada restoran sehingga pengunjung bisa memesan makanan untuk meredakan rasa lapar seusai berbelanja oleh-oleh. Harga jajanan di sini dibandrol mulai dari Rp22.500.

5. Kue Moaci Gemini Kentangan

Apa kamu penggemar kue mochi? Jika iya, jangan lupa untuk mampir ke Kue Moaci Gemini Kentangan yang ada di Jalan Kentangan Barat No 101.

toko oleh-oleh ini hanya berjarak 2,6 kilometer dari Stasiun Tawang serta sangat dekat dengan kuliner legendaris di Semarang, seperti Leker Paimo, Asem-asem Koh Liem, dan Nasi Ayam Bu Pini. Tempat ini buka setiap hari pukul 07.00-20.00 WIB.

Meski ukuran toko mungil, jangan underestimate, ya! Di sini, kamu dapat memboronh mochi dengan berbagai macam isian, mulai dari kacang tanah, kacang merah, orisinal wijen, dan lain sebagainya. Untuk harga, moci orisinal wijen dijual Rp45 ribu untuk isi 25. Moci ini bisa tahan hingga seminggu.

Itulah lima dari 20 ulasan toko oleh-oleh jajanan khas Semarang. Nantikan tulisan selanjutnya, ya!


tags: #semarang #toko oleh-oleh #jajanan khas

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI