Sapi Simental, Foto: Istimewa

Sapi Simental, Foto: Istimewa

11 Jenis Sapi Paling Diburu saat Iduladha

Tak hanya sapi impor, hewan lokal pun menjadi incaran masyarakat.

Selasa, 20 Juli 2021 | 11:35 WIB - Langkah
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Hari Raya Iduladha jatuh pada Selasa (20/7). Pada hari raya ini, masyarakat yang mampu berbondong-bondong membeli hewan untuk dikorbankan, baik kambing maupun sapi.

Dua jenis sapi yang umum ditemukan di Indonesia adalah sapi perah dan pedaging atau sapi potong. Masing-masing memiliki pasar tersendiri. Tetapi jika dibandingkan sapi perah, sapi pedaging memang dikenal lebih menguntungkan. Pasalnya, sapi pedaging memiliki jangkauan pasar yang lebih luas.

Ada beberapa jenis sapi pedaging yang memang memiliki nilai lebih tinggi dibanding yang lainnya. Selain itu, beberapa jenis sapi tersebut akan sangat laku di pasar ketika Iduladha tiba. Berikut ini adalah 11 jenis sapi paling diburu saat Iduladha yang KUASAKATACOM rangkum dari berbagai sumber.

BERITA TERKAIT:
Iduladha, OJK Donasikan Ratusan Hewan Qurban
MAJT Potong 10 Sapi, 13 Kambing Disalurkan untuk Masyarakat
Lazismu Serahkan 290 Sapi BPKH ke 30 Provinsi
Rutan Solo Potong 16 Hewan Kurban, Daging Didistribusikan ke Warga Binaan
IdulAdha, USM Donasikan Satu Ekor Sapi untuk Ponpes di Kudus
Bupati Purbalingga Pantau Penyembelihan Hewan Kurban, Ini Hasilnya
Terperosok ke Parit, Sapi Kurban Dievakuasi Pakai Crane

1. Sapi Ongole

Sapi jenis ini datang dari India. Ada dua jenis sapi ongole yang dikenal di Indonesia, yaitu peranakan ongole dan sumba ongole. Ciri-ciri yang dimiliki sapi ongole sangat mudah sekali dikenali, yakni kulitnya biasa berwarna putih dengan bagian kepala yang berwarna abu-abu. Tubuhnya dan kaki sedikit memanjang dengan leher pendek. Sapi ongole sangat mudah sekali beradaptasi. Oleh karena itu, banyak peternak yang suka dengan jenis sapi ini.

2. Sapi Bali

Sapi dengan ciri warna cokelat dan akan semakin gelap warnanya ketika sudah tua adalah sapi bali. Sapi dengan nama pulau paling terkenal di Indonesia ini disukai oleh peternak karena dagingnya yang lembut dan rendah lemak. Sapi bali sangat mudah dikembangkan dengan daerah di ketinggian di bawah 100 mdpl.

3. Sapi Limousin

Jenis sapi yang  berasal dari Limousin di Prancis ini memang salah satu yang terbaik. Tidak hanya memiliki daging yang sangat empuk, tetapi juga rendah lemak. Dengan kualitas yang begitu tinggi, maka tak heran jika di Indonesia sapi ini harganya bisa mencapai Rp100 juta. Dengan perawatan yang baik dan pakan yang efisien, sapi Limousin bisa memilki bobot hingga 1,1 ton dengan tinggi mencapai 160 cm.

4. Sapi Simental

Hampir sama dengan sapi Limousin, sapi Simental juga menjadi salah satu primadona dalam peternakan sapi di Indonesia. Perbedaan yang paling mendasar adalah sapi yang berasal dari Swiss ini tidak hanya digunakan sebagai sapi potong, tetapi juga sering kali digunakan sebagai sapi perah. Selain itu, sapi ini juga memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup cepat, baik jantan maupun betina. Dengan bobot rata-rata 700 hingga 800 kilogram, sapi Simental bisa memiliki bobot hingga 1,3 ton dengan tinggi 170 cm. Bahkan, harganya per ekor bisa mencapai Rp100 juta.

5. Sapi Madura

Salah satu jenis sapi yang juga mejadi perburuan ketika Iduladha tiba yaitu sapi Madura. Ada berbagai keunggulan dari sapi jenis ini, sehingga membuat peminat rela merogoh kocek hingga Rp22,5 juta untuk dijadikan sebagai binatang kurban. Selain lebih murah, sapi ini memiliki daging yang tebal, tulang yang kecil, hingga kandungan lemaknya yang rendah.

6. Sapi Brahma

Sapi Brahma memang telah populer sejak lama. Tren sapi ini pun tidak pernah berhenti dan selalu laku di pasaran. Peranakan sapi dengan sebutan sapi Brahman ini memiliki daging yang berotot dan bobot yang bisa mencapai 900 kilogram. Dengan kualitas tersebut, sapi asal India ini harganya mencapai Rp40 juta.

 

Dengan perawatan yang juga tidak mahal, tak heran jika nilai sapi tersebut bisa begitu mahal.

7. Sapi Braford

Banyak sapi potong yang dihasilkan dari perkawinan antar dua jenis sapi yang bertujuan untuk menciptakan kualitas baru yang mumpuni. Selain brangus dan beefalo, terdapat sapi potong campuran seperti Sapi Braford.

Dari namanya, sudah terlihat bahwa sapi ini adalah hasil dari perkawinan sapi Brahma dan Hereford. Sapi ini memiliki ciri tubuh yang kuat seperti kedua indukannya. Sapi Hereford pertama kali diternak di Amerika, tepatnya di daerah Florida yang terkenal memiliki iklim yang panas.

8. Sapi Brangus

Sapi brangus yang merupakan hasil persilangan antara sapi brahma dan angus. Sapi Brangus memiliki daya tahan tubuh yang bagus yang membuat mereka jarang terserang penyakit dan virus.

Mengenai bobotnya, sapi Brangus jantan memiliki rata-rata bobot sekitar 1800 pon atau 816 kg hingga 2200 pon yang setara dengan 997 kg. Sementara itu, sapi Brangus betina paling besar bisa mencapai 1200 pon atau 544 kg. Dengan persilangan tersebut, sapi Brangus memiliki kualitas daging yang baik pula.

9. Sapi Hereford

Rekor sapi hereford terberat pernah dipelihara oleh Benjamin Tomkins, yaitu 3900 pon atau setara dengan 1,7 ton. Sapi ini memiliki ciri khas muka putihnya, yang berasal dari Inggris. Sapi Hereford sangat populer di seluruh penjuru dunia, khususnya untuk kalangan jenis sapi potong.

10. Sapi Angus

Selanjutnya, sapi angus asal Skotlandia juga tidak kalah saing dengan sapi potong lainnya. Ciri sapi Angus adalah kulitnya yang berwarna hitam dengan bobot yang besar. Sapi angus memiliki kualitas daging yang baik dengan daya tahan tubuh yang tidak jauh berbeda dengan sapi Brahma.

Kualitas daging sapi Angus berdasar pada kandungan lemaknya yang sangat rendah sekaligus serat yang padat. Seperti sapi beefalo, sapi angus dapat beradaptasi dengan baik di segala cuaca.

11. Sapi Beefalo

Sapi Beefalo adalah hasil persilangan antara sapi Catallo yang merupakan sapi lokal Amerika dengan bison Amerika yang terkenal dengan bobotnya yang besar. Dari persilangan tersebut, terciptalah sapi Beefalo yang juga berukuran besar.

Sapi Beefalo disebut-sebut rendah lemak, rendah kolesterol jahat, dan tinggi protein ketimbang sapi-sapi pada umumnya. Selain itu, sapi Beefalo juga memiliki kulit yang sangat tebal menuruni kulit bison sehingga bisa beradaptasi dengan cuaca dingin yang ekstrim.


tags: #iduladha #sapi paling diburu

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI