Cuplikan adegan Film Ayla: The Daughter of War.

Cuplikan adegan Film Ayla: The Daughter of War.

Cinta Sejati Suleyman dan Nimet, Tak Hanya di Film Ayla: The Daughter of War

Sayang setalah tujuh tahun bertemu, kembali Suleyman dan Ayla dipisahkan oleh takdir.

Selasa, 20 Juli 2021 | 14:45 WIB - Layar
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

TAK KAN HABIS mengupas sisi lain film Ayla: The Daughter of War, khususnya untuk tokoh utama film tersebut yakni Suleyman Dilbirligi dan istrinya Nimet Dilbirligi. Tak hanya memegang teguh janjinya untuk bertemu kembali dengan Ayla anak angkat koreanya, Suleyman yang menjalani sebagian hidupnya bersama Nimet pun seakan keduanya tak ingin terpisah lama.

Bagaimana tidak setelah Suleyman dinyatakan meninggal oleh dokter, hanya berselisih jam Nimet menyusul suamnya ke alam keabadian. Mungkin itu yang dinamakan cinta sejati yang sebenarnya, seperti dikutip dari Daily Sabah, Suleyman yang merupakan ayah angkat Kim Eun-ja atau Ayla meninggal pada tahun 2017 di usia 91 tahun, selang beberapa jam kemudian Nimet yang selalu setia menemani Suleyman menghembuskan nafas terakhir karena penyakit Alzheimer yang diidapnya dua tahun sebelumnya.

Sedangkan Suleyman sendiri sebelum meninggal kondisinya terus memburuk dan mendapat perawatan intensif Rumah Sakit Pelatihan dan Penelitian Haydarpa di Istanbul. Suleyman didiagnosis mengalami gangguan pernafasan dan ginjal usai menghadiri pemutaran perdana film Ayla: The Daughter of War (Ayla, Putri Peperangan). 

BERITA TERKAIT:
Tim Panahan Beregu Campuran Indonesia Kalah dari Turki
Lagunya Viral Lagi, Melly Goeslaw Ngaku Belum Berani Nonton Ayla: The Daughter of War 
Kim Eun-ja Kembali Temukan Cinta Pertamanya Setelah Berpisah 60 Tahun Lamanya
Empat Lagu Melly Goeslow ini Naik Kembali Gegara Ayla: The Daughter of War
Cinta Sejati Suleyman dan Nimet, Tak Hanya di Film Ayla: The Daughter of War
Karena Tik Tok, Film Ayla: The Daughter of War Menjadi Trending
Istana: Gambar Ilustrasi di IG Jokowi, Bukan Comot Media Turki

Dalam sebuah pernyataan, rumah sakit itu menyatakan kondisi Suleyman telah memburuk dalam sepekan terakhir, dan Suleyman meninggal karena beberapa kegagalan organ.

Suleyman dan Nimet Dilbirligi keduanya dikebumikan di pemakaman Karacaahmet, setelah shalat subuh di Masjid Selimiye di distrik Üsküdar, Istanbul.

Kisah cinta Suleyman dan Nimet tergambar dalam cerita film Ayla: The Daughter of War, saat Suleyman berangkat ke Korea ia menyempatkan menuliskan surat untuk kedua orang tuanya. Terlihat Nimet yang membacakan surat itu untuk orang tua Suleyman, di lain sisi Suleyman saat itu telah menjalin hubungan kasih dengan Nuran.

Hingga akhirnya Suleyman memutuskan meninggalkan Korea karena tugasnya sudah selesai, saat meninggalkan Korea hati Suleyman hancur berkeping keping karena harus kehilangan Ali teman yang selalu melindunginya serta kehilangan terbesar Suleyman adalah berpisah dengan anak angkatnya Ayla. Sebelum meninggalkan Ayla, Suleyman berjanji akan kembali kepada Ayla. 

Saat kembali ke Turki, Suleyman harus menghadapi kenyataan Ia telah ditinggal nikah oleh Nuran. Dengan berat hati, Suleyman menyatakan pulang ke kampung halamannya dan meminta orang tuanya untuk menikahkan Ia dengan gadis pilihan orang tuanya.

Cerita Suleyman yang tak ingin berpisah dengan Ayla inilah yang membuat Nuran memilih meninggalkan tentara Turki itu. 

 

Gadis pilihan orang tua Suleyman ini adalah Nimet, orang yang selalu membacakan surat surat Suleyman. Dalam adegan film itu, Nimet sempat terlihat sedih saat mendengar di radio Nuran mengirimkan salamnya kepada Suleyman yang saat itu masih berada di Korea karena tak mau berpisah dengan Ayla.

Meski di awal pernikahan Suleyman terlihat kaku saat menghadapi Nimet, namun Nimet terus menjaga asa suaminya untuk terus memegang janjinya kepada Ayla. Hingga akhirnya janji itu tersampaikan di tahun 2010 atau setelah 60 tahun lamanya berpisah.

Selama itu, sebetulnya Suleyman dan Nimet selalu mencari cara untuk bertemu dengan Ayla. Namun keberadaan Ayla tak pernah terlacak oleh mereka maupun pihak kedutaan Korea hal itulah yang membuat pencarian itu hampir mustahil.

Saat sebuah tim yang terdiri dari jurnalis Turki dan Korea yang terlibat dalam Peringatan Perang Korea ke 60 tahun, menawarkan diri untuk mencari Ayla, terlihat wajah Suleyman dan Nimet sangat gembira. Apalagi saat dipastikan Ayla atau Kim Eun-ja telah diketahui keberadaannya.

Pertemuan itu akhirnya terjadi keduanya yakni Suleyman dan Ayla sama sama telah lanjut usia, saat pertemuan tangis haru keduanya pun pecah. Ayla sebelum memeluk Suleyman sempat berucap baba yang dalam bahasa Turki berarti ayah.

Sayang setalah tujuh tahun bertemu, kembali Suleyman dan Ayla dipisahkan oleh takdir. Meski begitu, setidaknya Suleyman sempat menyaksikan sepenggal cerita hidupnya pada film Ayla: The Daughter of War.

Serta untuk Kim Eun-ja, pertemuan tersebut meyakinkan dirinya Suleyman adalah ayah angkat terbaiknya, dan orang orang Turki merupakan saudaranya.

Sedangkan Nimet merupakan orang yang selalu setia menjaga asa suaminya, bahkan di saat anak anak mereka tidak mempercayai Suleyman akan memenuhi janji tersebut di masa senjanya.

film Ayla: The Daughter of War kembali viral di akun TikTok, banyak komentar warganet yang mengungkapkan film tersebut mengharu biru. Foto foto kebersamaan Ayla atau Kim Eun-ja dan Suleyman setelah bertemu pun banyak berseliweran di internet.

Foto tersebut menggambarkan betapa bahagianya Ayla atau Kim Eun-ja bisa kembali bertemu dengan ayah angkatnya Suleyman dan Nimet. Bahkan ada foto dimana Kim Eun-ja menangisi Suleyman setelah ayah angkatnya itu dinyatakan sudah tiada. 


tags: #turki #film #korea #ayla: the daughter of war

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI