Jajanan lunpia, Foto: Istimewa

Jajanan lunpia, Foto: Istimewa

20 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Jajanan Khas Semarang (2)

Pelopor jajanan lunpia di Indonesia adalah Kedai Lunpia Gang Lombok Semarang.

Kamis, 22 Juli 2021 | 14:50 WIB - Langkah
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Sedih ini hari terakhirmu berada di Kota Semarang? Jangan dong, lebih baik kamu mencari buah tangan di toko oleh-oleh jajanan khas Semarang.

Kota Semarang punya banyak oleh-oleh khas yang wajib kamu beli. Tak hanya lunpia, ada berbagai makanan lain yang bisa kamu borong seperti bandeng, kue sarang madu, mochi, dan lain sebagainya. 

Untuk mendapatkan oleh-oleh tersebut, kamu bisa mengunjungi beberapa referensi toko oleh-oleh jajanan khas Kota Semarang yang telah Tim KUASAKATACOM rangkum dari berbagai sumber. 

BERITA TERKAIT:
Undip Mulai Persiapkan Diri untuk Gelaran Sentra Vaksinasi
Undip Bakal Buka Tempat Isolasi Terpusat untuk Kalangan Internal
BST di Semarang Dibagikan Berbarengan dengan Vaksinasi
Kader PDIP Kota Semarang Serahkan Gaji untuk Penanganan Covid-19
20 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Jajanan Khas Semarang (2)
Selesai PPKM Darurat, Pasien Isoman di Semarang Menurun
Lepas dari Tali Pengikat, Sapi ini Jatuh ke Selokan Ukuran Sempit

Tulisan ini adalah seri kedua yang melanjutkan ulasan sebelumnya.

6.  Lunpia Gang Lombok

Pelopor jajanan lunpia di Indonesia adalah Kedai Lunpia Gang Lombok Semarang. Berdiri sejak ratusan tahun lalu membuat kedai ini memiliki banyak pelanggan setia. Cita rasa yang khas dan resep warisan yang tetap terjaga membuat lunpia di sini tidak bisa dipalsukan kenikmatannya. Toko ini buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB, sehingga kamu bisa menyempatkan mampir sebelum pulang ke kota asal.

Lokasi kedai Lunpia Gang Lombok juga cukup dekat dengan Stasiun Tawang Semarang. Dari Stasiun Tawang ke Jalan Gang Lombok No 11 Purwodinatan hanya membutuhkan waktu tempuh 9 menit jika menggunakan mobil dan 20 menit untuk seorang backpacker yang memilih untuk berjalan kaki.

Satu buah lumpia dijual Rp17.000 baik goreng maupun basah. Diluar PPKM, kamu bisa makan Lumpia secara dine-in maupun dijadikan oleh-oleh. Kotak unik dari bambu dan stiker tulisan yang khas ala-ala zaman dahulu bikin Lumpia Gang Lombok cocok dijadikan oleh-oleh cantik untuk yang tersayang.

7. Gerai Tahu Baxo Bu Pudji

Tahu Baxo Bu Pudji memang tidak bisa dilewatkan. Gurih, kenyal, dan lezat dari satu potong Tahu Bakso yang mantap bikin rindu kembali ke Kota Semarang. Buat kamu yang ingin membawa pulang Tahu Baxo Bu Pudji, bisa mampir ke gerainya yang berada di Jalan Pamularsih No 15 Semarang Barat.

Tak hanya menyediakan menu Tahu Bakso saja, di sini juga menjual aneka keripik dan makanan khas Semarang lainnya. Buka pukul 07.00-21.00 WIB, sehingga kamu masih bisa membeli oleh-oleh sebelum kembali pulang. Gerai Tahu Baxo Bu Pudji hanya membutuhkan waktu tempuh 20 menit dari Bandara Ahmad Yani Semarang dengan menggunakan mobil. Sebelum pulang naik pesawat, sempatkan untuk membeli oleh-oleh khas Semarang di Gerai Tahu Baxo Bu Pudji ya!

 

8. Toko 52 Semarang

Toko satu ini cukup terkenal berkat rekomendasi warga lokal dan pengalaman kerabat yang pernah mampir. Toko 52 Semarang merupakan toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Semarang dengan cara yang lebih modern. Berada hanya 12 menit dari Bandara Baru Ahmad Yani Semarang, toko ini menjadi langganan para wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh tetapi terburu waktu penerbangan.

Untuk memudahkan kamu berbelanja oleh-oleh khas Semarang dengan cara yang lebih kekinian. Toko MaDua atau 52 sudah tersedia di aplikasi ojek online Gojek, sehingga kamu bisa membeli oleh-oleh dari hotel atau tempat penginapanmu.

Pilihan souvenir dan makanan khas yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai olahan bandeng siap masak hingga Roti Ganjel Rel pun tersedia. So, tertarik untuk berbelanja oleh-oleh dengan cara yang lebih modern?

9. Galeri UMKM Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang

Kalau belum sempat mencari oleh-oleh saat berkeliling di Semarang, kamu bisa mampir ke Galeri UMKM yang ada di Bandara Ahmad Yani. Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh khas Semarang dan oleh-oleh khas daerah lain di Jawa Tengah. Variannya mulai dari snack, makanan, minuman, souvenir, kerajinan tangan, dan batik. Semuanya merupakan produk inovasi dari para pelaku UMKM terpilih yang ada di Jawa Tengah.

10. Istana Brilian

Istana Brillian berada di kawasan Simpang Lima yang menjadi salah satu objek wisata di Kota Semarang. Tempatnya mudah ditemukan sebab bentuknya unik menyerupai istana. Pilihan jenis oleh-oleh yang tersedia berupa aneka makanan dan snack, serta souvenir Semarangan. Jangan lupa, coba produk andalan dari Istana Brillian, yaitu Brillian Cake.

Itulah lima dari 20 ulasan toko oleh-oleh jajanan khas Semarang. Nantikan tulisan selanjutnya, ya!


tags: #semarang #toko oleh-oleh #jajanan khas

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI