Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Foto: Istimewa

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Foto: Istimewa

Lima Tokoh ini Ternyata Pernah Jadi Paskibra

Didikan seperti itu membuat seseorang hingga dapat sukses dalam kariernya.

Selasa, 17 Agustus 2021 | 08:22 WIB - Langkah
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Pasukan pengibar bendera (paskibra) adalah salah satu pencapaian tertinggi sebagai seorang pelajar. Dibutuhkan fisik prima dan kedewasaan mental untuk mampu tampil sempurna dalam menjalankan tugas sebagai pasukan pengibar bendera pada 17 Agustus maupun hari besar kenegaraan.

Sebagai anggota paskibra, mereka terbiasa latihan fisik ketat dan pola hidup disiplin. Didikan seperti itu membuat seseorang hingga dapat sukses dalam kariernya. Terbukti beberapa ada yang menjadi tokoh publik. Berikut ini adalah lima paskibra yanb menjadi tokoh politik atau pejabat negara.

1. Sri Mulyani

BERITA TERKAIT:
Lima Tokoh ini Ternyata Pernah Jadi Paskibra
UKM Paskibra USM Gelar LDK
Proses Seleksi Paskibraka Jateng 2021 Akan Melibatkan BPIP
Pertama Kali, Upacara HUT RI Tak Digelar di Alun-Alun Batang

Mantan direktur Bank Dunia yang saat ini menjabat Menteri Keuangan, Sri Mulyani pernah menjadi anggota paskibra di sekolahnya SMA Negeri 3 Semarang Jawa Tengah. Hal itu diceritakannya saat mengunjungi sekolahnya pada Selasa, 23 Juli 2019.

Selain pernah menjadi anggota paskibra, Sri Mulyani juga mengaku pernah memegang jabatan Ketua OSIS di sekolahnya.

2. Abdul Kadir Karding

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding ternyata pernah menjadi anggota paskibraka. Dia merupakan purna paskibraka tahun 1991 untuk tingkat provinsi di Sulawesi Selatan. 

Bahkan, pada tahun 2017, Karding dipercaya memberikan pembekalan kepada 68 anggota paskibraka nasional di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Karding merasa paskibraka dapat menjadi garda terdepan dalam menjawab tantangan zaman.

3. Megawati Soekarnoputri

 

Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri pernah menjadi anggota paskibraka di Istana Merdeka Jakarta. Tidak hanya sebagai anggota, Megawati bahkan menjadi pembawa baki bendera pusaka pada peringatan kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 1964.

Pengalaman presiden perempuan pertama di Indonesia tersebut tergolong unik karena dia menerima bendera pusaka dari sang ayah, Soekarno.

4. Pasha 'Ungu'

Sigit Purno Syamsuddin Said atau akrab dikenal Pasha 'Ungu' pernah menjadi anggota Paskibraka Provinsi Sulawesi Selatan. Padahal awal karier sebagai vokalis band Ungu, dia terkenal dengan penampilan yang urakan dengan rambut gondrong.

Pria yang saat ini menjabat Wakil Walikota Palu ini merupakan purna paskibraka Sulawesi Selatan tahun 1995. 

5. Hengky Kurniawan

Artis yang saat ini menjadi Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan ternyata pernah menjadi anggota paskibraka di Istana Negara. Politikus Partai Demokrat tersebut ternyata sudah berprestasi sejak belia.

Suami dari artis Sonya Fatmala tersebut tercatat menjadi anggota paskibraka pada masa Presiden BJ Habibie tahun 1999.

Itulah lima tokoh yang pernah menjadi paskibra. Apa pendapat kalian tentang paskibra?


tags: #paskibra #hut ke-76 ri #tokoh

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI