Peresmian Kelas Industri Horison

Peresmian Kelas Industri Horison

Tingkatkan Kompetensi Bidang Perhotelan, Horison Hotels Group Buka Kelas Industri

PT MGM juga turut serta mendukung Kemendikbud membuat terobosan baru dalam mengawinkan antara Pendidikan Vokasi dengan Dunia Usaha Dunia Industri

Minggu, 19 September 2021 | 12:22 WIB - Hotelife
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang – Sebagai salah satu perusahan manajemen perhotelan besar di Indonesia yang telah beroperasi selama lebih dari 18 tahun, PT Metropolitan Golden Management Horison Hotels Group selalu berupaya menjaga eksistensinya dengan mengembangkan jaringan bisnis perhotelan dan juga selalu mendukung program–program yang bersifat membangun. 

Salah satunya yaitu program dari Rencana Strategis (Renstra) Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi tahun 2020-2024 yang disusun berdasarkan Nawacita, UU no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Presiden Nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024. Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kebijakan Link and Match lulusan pendidikan vokasi agar dapat terserap ke dunia usaha dunia industri.

Hal tersebut dapat dilihat dari adanya Nota Kesepahaman antara PT MGM Hotel Horison Group dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No 07/IV/NK/2019 dan Perjanjian Kerja Sama antara PT MGM dengan Direktur Jenderal Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan No. 09/IV/PKS/2019 tentang Peningkatan Kompetensi bidang Perhotelan.

BERITA TERKAIT:
Tingkatkan Kompetensi Bidang Perhotelan, Horison Hotels Group Buka Kelas Industri
Horison Nindya Pasang Barcode Peduli Lindungi di Area Lobby
PPKM Darurat, Horison Nindya Tawarkan Paket Lunch Box
Karyawan Horison Nindya Semarang Ikut Vaksin dari Pemerintah
Kampung Ramadhan Horison Nindya
Kang Ridho Meriahkan Bukber di Horison Nindya
Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Jateng Gelar UKJ ke-4

“Dalam hal ini, PT. Metropolitan Golden Management (PT. MGM - Hotel Horison Group) sangat mendukung program pemerintah dalam hal menyerap siswa-siswi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya SMK Pariwisata dan Perhotelan, memberdayakan pelajar SMK guna mendukung sektor pariwisata dan membantu terciptanya SMK sebagai Pusat Keunggulan,” ungkap Basari Bachri selaku Director of PT Metropolitan Golden Management Horison Hotels Group.

 

PT MGM Hotel Horison Group telah bekerja sama dengan lebih dari 300 SMK dari jurusan Perhotelan, Pariwisata, Tata Boga, Teknik, Administrasi Perkantoran, Teknologi Informasi & Komunikasi, Bisnis dan Manajemen. Meski dalam situasi pandemi Covid-19 dimana belum semua sekolah aktif mengirimkan kembali siswa–siswinya melakukan PKL, siswa yang sudah dan masih aktif melakukan PKL di unit-unit hotel kami jumlahnya lebih dari 1.264 siswa. Tak hanya itu, dalam rangka meningkatkan kompetensi peserta didik di bidang perhotelan, PT. MGM telah membuka Kelas Industri Horison di 4 sekolah (SMKN 57 Jakarta sebanyak 35 siswa/i, SMKN 6 Yogyakarta sebanyak 30 siswa/i, SMKN 6 Semarang sebanyak 36 siswa/i, SMKN 2 Semarang tahun ajaran (2022/2023). 

"Sampai dengan saat ini kami masih terus berusaha menjajaki untuk membuka Kelas Industri Horison (KIH) di kota–kota lainnya. Kelebihan dari program ini adalah selain siswa-siswinya mendapatkan pelajaran teori normatif adaptif yang diberikan Guru-Guru SMK, juga mendapakan tambahan ilmu tentang Front Office Department, Housekeeping Department, Food & Beverage Product dan Food & Beverage Service yang diajarkan oleh Guru-Guru dari industri yaitu para Manager dari unit-unit Hotel Horison Group," jelasnya.

Siswa-siswi Kelas Industri Horison paska lulus sekolah, selain mendapatkan ijazah, kata dia, juga akan mendapatkan Sertifikat Praktek Kerja Lapangan dan Sertifikat Uji Kompetensi, serta lulusannya langsung diserap untuk ditempatkan bekerja di unit-unit Hotel Horison Group yang tersebar di seluruh Indonesia yang saat ini jumlahnya ada 57 unit. Di samping Kelas Industri Horison, PT MGM Hotel Horison Group juga membuat Program dan Kurikulum Diploma 2 Percepatan (Fast Track) untuk jurusan D2 Room Division dan D2 Food and Beverage Division. Program D2 Fast Tract ini diperuntukkan utamanya bagi lulusan Kelas Industri Horison, dan juga bagi lulusan SMK Perhotelan lain yang ingin melanjutkan kuliah. 

Ia menjelaskan PT MGM juga turut serta mendukung Kemendikbud membuat terobosan baru dalam mengawinkan antara Pendidikan Vokasi dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), yaitu melalui program Upskilling & Reskilling Guru SMK. Salah satu tujuannya adalah untuk merancang kurikulum SMK yang baru agar lebih lebih sesuai dengan kebutuhan industri serta meningkatkan kemampuan guru. Dalam hal ini PT. MGM Hotel Horison Group bekerja sama dengan SMK dengan menyediakan tempat praktek kerja bagi Guru-Guru SMK.
 


tags: #hotel horison nindya semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI