Mantap! Ada Wisata River Tubing di Semarang Lho

Pengunjungnya tidak hanya dari Semarang. Ini mungkin karena biaya tempat wisatanya yang murah.

Kamis, 07 Oktober 2021 | 19:53 WIB - Langkah
Penulis: Holy . Editor: Wis

KOTA Semarang ternyata memiliki obyek wisata bernuansa alam yang masih asri dan alami. Wisata alam ini masih belum banyak diketahui oleh warga. Ya, namanya river tubing Mayangsari. Obyek wisata ini berada di Jalan Mayangsari Selatan, Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.

Obyek wisata ini menyuguhkan wisata rafting layaknya di daerah pedesaan seperti Magelang dan Jogja. Di tempat itu, pengunjung bisa menikmati nuansa alam dengan berselancar di atas air menggunakan ban. Selain itu, para pengunjung juga bisa sekedar berenang atau berbasah basahan di tepi aliran sungai.

Obyek wisata ini masih dikelilingi dengan hutan rindang. Air sungainya pun bening dan tak ada kotoran maupun pencemaran.

BERITA TERKAIT:
Disbudpar Semarang: Rintisan Bagus dan Perlu Dikembangkan
Mantap! Ada Wisata River Tubing di Semarang Lho
Usai Upacara Peringatan Kemerdekaan, Pokdarwis Gadingsari Lepas Liarkan Puluhan Tukik

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) river tubing Mayangsari, Joko Pamungkas mengatakan obyek wisata itu sebenarnya sudah dirintis sejak tahun 2018 lalu. Tempat itu sebelumnya merupakan bekas proyek galian pertambangan pasir. 

“Dari dulu itu ada dua wahana wisata yang kami tawarkan. Yakni river tubing dan Keceh Kali. river tubing itu kita mainkan ketika musim hujan. Saat musim hujan kan aliran airnya lumayan deras dan mendukung. Sedangkan keceh kali hanya saat musim kemarau. Ini karena musim hujan debit airnya dangkal dan hanya bisa untuk sekedar basah basahan,” kata Joko, saat ditemui tim KUASAKATACOM, Kamis (7/10/2021).

river tubing sendiri kata Joko, nantinya pengunjung bermain dengan duduk diatas ban dan berselancar berjarak kurang lebih dua kilometer. Sementara keceh kali, pengunjung hanya bermain air di tepian sungai dengan jarak kurang lebih 30 meter. Hadirnya wisata alam ini kata dia, diawali dengan kegiatan pembersihan sungai di tahun 2018 yang dilakukan oleh kelompok siaga bencana (KSB) di bawah naungan BPBD kota Semarang.

“Sejak saat itu kita bersih bersih sungai terus, kita engga mau sungai ini tercemar. Akhirnya terciptalah sungai bersih di tengah kota. Lama kelamaan, saat bersih bersih sungai, kita ada ide untuk buka river tubing. Ini tercetus karena kita bersih bersih sembari duduk di atas ban,” jelasnya.

Sejak saat itu, terbentuk Pokdarwis yang bekerjasama dengan KSB hingga terwujudlah wisata ini. Misi dari adanya tempat wisata ini, lanjutnya adalah terciptanya kawasan yang bersih sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi siapapun yang ingin melepas penat

 

“Kita hanya ada tujuan itu. Kita dari dulu engga mikir pendapatan dan profit,” terang dia.

Untuk kenyamanan dan keamanan wisatawan, pihaknya telah menyiagakan sejumlah personil water rescuer yang akan memandu wisatawan river tubing maupun keceh kali dari titik start hingga titik finish.

“Untuk biaya river tubing itu 50.000 dapat snack, kalau engga pakai snack ya 25.000. Ini tarif sekali jalan termasuk pakai ban. Tapi kalau keceh kali disini tidak ada pungutan biaya alias gratis, Cuma bayar parkir motor 2.000 atau mobil 3.000 dan sewa ban 5.000,” bebernya.

Ia menyebut sebenarnya sejak 2018 hingga Juli 2021 sudah ada beberapa pengunjung. Namun selama kurun waktu tersebut tempat itu belum memadai, dan belum begitu dikenal. Pengunjung menjadi banyak ketika mulai pertengahan Agustus 2021.

“Sejak pertengahan Agustus sampai hari ini sudah ada ribuan pengunjung. Kita juga kaget. Kata pengunjung, ini karena media sosial,” imbuh dia.

Ia membeberkan tiap hari Senin– Jumat pihaknya menerima sekitar 70-an pengunjung per hari. Sementara weekend Sabtu Minggu, ada 1500-an pengunjung per hari.

“Pengunjungnya tidak hanya dari Semarang. Ini mungkin karena biaya tempat wisatanya yang murah, jajanan di PKL yang tidak mahal. Kita tiap hari buka, dari jam 07.00 sampai 17.00,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Indri (40) sengaja datang ke tempat itu bersama putrinya hanya untuk sekedar mencari nuansa alam. “Saya kesini karena tahu dari Facebook. Tempatnya lumayanlah segar dan asri,” kata Indri.


tags: #pokdarwis #river tubing #semarang #tempat wisata

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI