Ilustrasi naga

Ilustrasi naga

Mengenal Naga dalam Mitologi Jawa

Sang Hyang Antaboga merupakan salah satu tokoh dengan wujud naga dan memiliki sejumlah kekuatan.

Senin, 03 Januari 2022 | 10:20 WIB - Kejawen
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Sebuah patung naga di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kabupaten Kulon Progo DIY menjadi sorotan. Banyak pihak yang membicarakan hal tersebut, mulai dari tanggapan positif hingga mempertanyakan bentuk patung itu.

Diketahui, patung naga yang diberi nama naga Jalur Sutra ini merupakan buah karya Tri Suharyanto, pamatung asal Bantul. Tri menyadari bahwa hadirnya karya patung naga ini akan memicu pro kontra. Namun, ia memastikan karya yang ia buat memiliki makna yang positif.

BERITA TERKAIT:
Cek Weton Jumat Kliwon yang Rada Unik dan Misteri
Mengenal Naga dalam Mitologi Jawa
Weton Paling Istimewa Kamis Wage, Cek Keberuntungannya
Jodoh Pemilik Weton Minggu Legi yang Ditakdirkan Kaya
Ini Keistimewaan dan Jodoh Pemilik Weton Selasa Kliwon!

naga merupakan makhluk mitologi yang melegenda hampir di seluruh penjuru dunia. Kehadirannya masih menjadi teka-teki besar dalam kehidupan di bumi. Masing-masing negara di dunia telah memiliki kepercayaan terhadap naga, dalam versinya sendiri. Indonesia juga memiliki sosok naga yang menjadi mitologi. naga tersebut bernama Sang Hyang Antaboga (orang Jawa menyebutnya Ontobugo).

Bagi masyarakat Jawa dan Bali, kisah Antaboga telah diturunkan dari generasi ke generasi dengan kisah yang sama, yang diambil dari kisah pewayangan. Kesamaan kepercayaan dan kisah tentang Antaboga di Jawa dan Bali dikarenakan kesamaan kepercayaan masyarakatnya pada era berkembangnya ajaran Hindu-Buddha di Nusantara.

Dani Akbar Rizaldi dalam tesisnya berjudul Perancangan Informasi Mengenai Tokoh Sang Hyang Antaboga Melalui Media Komik pada 2018, dijelaskan tentang seluk beluk Sang Hyang Antaboga. "Antaboga merupakan perwujudan naga dalam mitologi pewayangan Jawa," tulisnya.

 

Sang Hyang Antaboga merupakan salah satu tokoh dengan wujud naga dan memiliki sejumlah kekuatan, salah satunya yaitu menghidupkan kembali jasad yang telah mati.

"Pada kisah pewayangan, Antaboga digambarkan hidup di tempat bernama Saptapralata atau tujuh lapis bumi yang berada di dalam tanah" tambahnya. Ia juga memiliki istri bernama Dewi Supreti yang juga berwujud naga. Dari sanalah kemudian ia memiliki keturunan dan anak-anak. 

Antaboga memiliki dua anak, bernama Bambang naga Tatmala dan Dewi Nagagini. Jacob Stolworthy dalam artikelnya berjudul J.K. Rowling says she left one major clue about Nagini's backstory in 'Harry Potter,' long before 'Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald', pada tahun 2019, menjelaskan tentang tokoh Nagini.

"Nagini terinspirasi dari naga di Indonesia, yang kadang digambarkan dengan sayap, kadang manusia setengah ular" tulisnya. Nagini merupakan salah satu tokoh dalam film sohor, Fantastic Beast, yang merupakan sekuel dari film Harry Potter. Nagini merupakan tokoh yang terinspirasi dari Dewi Nagagini, anak dari Antaboga.

Kepercayaan masyarakat Jawa terhadap naga tak cuma berlaku untuk Antaboga. Dalam relief peninggalan Majapahit juga ditemukan kemunculan penggambaran sosok naga: Relief Nagaraja Anuhur Surya tahun 1396 M. Relief itu ditemukan di Candi Sawentar, Blitar.

Relief itu memvisuaslisasikan seekor naga yang tengah memakan matahari. Para arkeolog berpendapat relief itu merupakan gambaran masa kelam Majapahit. Matahari atau surya merupakan perlambangan Majapahit yang dimakan oleh Nagaraja. Kisah tentang keruntuhan Keraaan Majapahit.


tags: #kejawen #naga #jawa #mitologi

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI