Budiman sudjatmiko saat muda

Budiman sudjatmiko saat muda

Budiman Sudjatmiko, Mantan Aktivis '98 yang Dikira Ayah Ardhito Pramono

Budiman sudjatmiko pernah dipenjara 3,5 tahun karena dituduh sebagai dalang penyerangan kantor DPP PDI di Jakarta.

Kamis, 13 Januari 2022 | 09:53 WIB - Langkah
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Budiman Sudjatmiko sempat dikira ayah Ardhito Pramono karena mirip dengan musisi yang kini tersandung kasus narkoba itu. Budiman Sudjatmiko merupakan mantan aktivis ’98 dan juga berprofesi sebagai aktor.

Nama Budiman Sudjatmiko kembali mencuat kali ini bukan karena kasus sosial politiknya namun karena kemiripannya dengan Ardhito Pramono, padahal bukan. Kelahiran 10 Maret 1970 ini adalah seorang aktivis PDIP yang diberikan jabatan sebagai Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara V (Persero) atau PTPN V.

Tak hanya dikenal sebagai aktivis di masa sekarang saja, ternyata Budiman Sudjatmiko juga merupakan aktivis di masa mudanya di era reformasi atahu tahun 98. Semenjak duduk di bangku sekolah, pria 51 tahun ini sudah aktif dalam berbagai organisasi.

BERITA TERKAIT:
Ardhito Pramono Resmi Ditahan karena Narkoba!
Budiman Sudjatmiko, Mantan Aktivis '98 yang Dikira Ayah Ardhito Pramono
Cuitan Ardhito Pramono Sindir Orang Pakai Narkoba di 2012 Trending
Ardhito Pramono Ditangkap Polisi karena Ganja

Masa kecilnya dihabiskan di kota Cilacap, Bogor, dan Yogyakarta. Di masa mudanya ia terlibat gerakan mahasiswa saatkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Karena terlalu sibuk dengan aktivitas organisasinya serta turun langsung ke lapangan di kalangan buruh dan petani, Budiman Sudjatmiko tak bisa menyelesaikan kuliahnya.

 

Ia juga pernah mendirikan PRD yaitu Partai Rakyat Demokratik dan kemudian dipenjara selama 13 tahun. Selama kegiatan aktivisnya dia dituduh sebagai dalang dari peristiwa 27 Juli 1996 yaitu penyerangan kantor DPP PDI di Jakarta.

Dia dianggap sebagai dalang peristiwa itu karena mengadakan Mimbar Bebas satu bulan sebelumnya. Namun karena demokrasi akhirnya menang, saat itu Budiman Sudjatmiko menerima amnesty dari Presiden Abdurrahman Wahid dan hanya manjalani masa tahanan 3,5 tahun.

Bebas dari tahanan, ia kembai belajar Ilmu Politik di Universitas London dan Master Hubungan Internasional di Universitas Cambridge Inggris.

Setelah kembali ke Indonesia, ia bergabung sebagai aktivis di PDIP pimpinan Megawati Soekarnoputri. Selain itu ia juga pernah menjadi anggota DPR dan di tahun 2009 dia ikut mempelopori penyusunan Undang-Undang Desa.


tags: # ardhito pramono #budiman sudjatmiko

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI