Foto istimewa.

Foto istimewa.

Mengenal Chairul Tanjung, Ayah dari Putri Tanjung

Para Group pada awal 2010 melalui anak perusahaannya, Trans Corp membeli sebagian besar saham Carefour Indonesia.

Rabu, 19 Januari 2022 | 14:34 WIB - Pentas
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

HARI ini, nama Putri Tanjung menjadi pembicaraan warganet dikarenakan pernah mengalami kerugian mencapai Rp800 juta saat berbisnis.

Putri Tanjung yang kini menjabat sebagai Staf Khusus Presiden, kini lebih dikenal sebagai sosok inspiratif bagi generasi muda Indonesia.

BERITA TERKAIT:
Profil Guinandra Jatikusumo, Calon Mantu Konglomerat Chairul Tanjung
Putri Tanjung Resmi Lamaran, Nikah 20 Maret 2022
Sosok Guinandra Jatikusumo, Tunangan Putri Tanjung
Perjalanan Cinta Putri Tanjung, dari Gofar Hilman hingga Guinandra
Mengenal Chairul Tanjung, Ayah dari Putri Tanjung

Selain dinilai sukses di bidang pendidikan dengan menyelesaikan sekolah di Academy of Art Amerika Serikat, Putri Tanjung juga sukses dalam menjalankan bisnisnya.

Putri Tanjung merupakan anak sulung dari pasangan Chairul Tanjung dan Anita Ratnasari Tanjung, tentunya orang tak asing dengan sosok Chairul Tanjung si anak singkong yang pernah menjadi Menteri Koordinator bidang Perekonomian ke-14 Republik Indonesia.

Kini, kita tidak membahas soal Putri Tanjung tapi mengenai Chairul Tanjung pria sukses yang lahir dan besar di Jakarta. Ia memulai kerajaan bisnisnya saat di bangku kuliah, saat itu Chairul Tanjung kulian di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Saat berkuliah itulah, ia mencari cara agar bisa membayar biaya kuliahnya maka ia pun berjualan buku kuliah stensilan, kaos, dan fotokopi di kampus. Tidak hanya itu saja ayah Putri Tanjung ini juga membuka toko peralatan kedokteran dan laboratorium di bilangan Senen, Jakarta Pusat meskipun akhirnya bangkrut.

Disela kesibukan usahanya tersebut, Chairul Tanjung juga mampu meraih penghargaan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional 1984-1985.

Chairul Tanjung usai lulus kuliah atau tepatnya pada tahun 1987, mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama dengan tiga temannya. Saat itu mereka berempat memiliki awal Rp150 juta pinjaman dari Bank Exim.

 

Perusahaan yang didirikan Chairul Tanjung bersama teman-temannya tersebut memproduksi sepatu anak-anak dengan pasar untuk ekspor. Perusahaan tersebut langsung mendapatkan pesanan 160 ribu pasang sepatu dari Italia. Namun kebersamaan itu tidaklah lama, karena adanya perbedaan visi tentang ekspansi usaha, Chairul memilih pisah dan mendirikan usaha sendiri.

Sebagai pengusaha, Chairul Tanjung piawai membangun jaringan, hal inilah yang membuat bisnisnya semakin berkembang. Usaha yang dirintisnya mengarah ke konglomerasi, ia pun mereposisikan usahanya ke tiga bisnis inti yakni keuangan, properti, dan multimedia. 

Usaha Chairul Tanjung saat ini berada dibawah payung Para Group dengan perusahaan induk Para Inti Holdindo dan membawahi beberapa sub-holding, yakni Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan investasi), dan Para Inti Propertindo (properti).

Di bidang keuangan Para Grup memiliki sejumlah perusahaan, antara lain Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah, dan Mega Finance. 

Untuk bidang properti dan investasi, Para Grup memiliki Para Bandung Propertindo, Para Bali Propertindo, Batam Indah Investindo, Bandung Supermall dan Mega Indah Propertindo.

Sedangkan di bidang penyiaran dan multimedia, Para Group memiliki Trans TV, Trans7, Mahagagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, dan Trans Studio.

Para Group pada awal 2010 melalui anak perusahaannya, Trans Corp membeli sebagian besar saham Carefour Indonesia, yakni sejumlah 40 persen. MoU (memorandum of understanding) pembelian saham Carrefour ini ditandatangani pada tanggal 12 Maret 2010 di Prancis.

Para Group sendiri pada tanggal 1 Desember 2011, berubah nama menjadi CT Corp. Perubahan tersebut langsung diresmikan oleh Chairul Tanjung.

Kini CT Corp terdiri dari tiga perusahaan sub holding: Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan sumber daya alam.
 


tags: #putri tanjung #chairul tanjung #ct corp #bank mega

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI