Ilustrasi Jumat Kliwon

Ilustrasi Jumat Kliwon

Cek Weton Jumat Kliwon yang Rada Unik dan Misteri

Memiliki sifat yang suka membantah, membuat mereka tak cocok menjadi bawahan.

Minggu, 23 Januari 2022 | 09:30 WIB - Kejawen
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Weton Jumat Kliwon disebut dengan mongso Kalima dan wuku Sungsang. Masyarakat Jawa sangat mengagungkan Kliwon, maka Jumat Kliwon menjadi salah satu weton yang rada unik dan misteri. Apalagi, malam Jumat Kliwon yang menjadi hari sangat mistis dalam dunia kejawenan. Menurut anggapan orang Jawa, Jumat Kliwon adalah waktunya para setan berpesta, dunia manusia dan dunia setan atau jin tidak ada pembatasnya.

Sifat

BERITA TERKAIT:
Ternyata Bunyi Tokek Bisa Jadi Tanda Keberuntungan atau Kesialan, Hitung dan Cari Tahu Maknanya di Sini 
Peringati 8 Juni: Hari Lahir Soeharto, Ini Dua Tempat Favorit Bertapanya Hingga Peroleh Wangsit Jadi Presiden
Apa Maksud dari Sedulur Papat Lima Pancer dalam Kepercayaan Jawa? Berikut Penjelasannya
Mengenal Mitoni: Tradisi 7 Bulan Kehamilan dalam Adat Jawa
Cek Weton Jumat Kliwon yang Rada Unik dan Misteri

Jumat Kliwon memiliki jumlah nilai neptu 14, dari penjumlahan neptu Jumat (6) dan Kliwon (8). Mereka yang lahir pada Jumlat Kliwon memiliki watak lakuning rembulan, atau layaknya bulan, yang menjadi penerang di kegelapan malam.

Menurut primbon Jawa, mereka yang lahir pada weton Jumat Kliwon termasuk orang yang mudah marah tetapi ambisius. Mereka memiliki keinginan besar untuk berhasil mendapatkan sesuatu.

Namun, mereka memiliki sifat yang tidak baik, yaitu boros dan tidak bisa mengatur keuangan mereka sendiri. Tidak hanya itu, orang kelahiran Jumat Kliwon juga termasuk orang yang ceroboh, tegaan, kurang waspada, dan juga urakan.

Sementara sifat baik yang dimiliki oleh orang yang lahir pada Jumlat Kliwon seperti suka menolong, pekerja keras, pandai bergaul, pandai berkomunikasi, energik, tepat janji, kreatif, dan tidak mau menganggung atau hanya bersantai-santai saja.

 

Maka tak heran bila mereka memiliki cukup banyak teman. 

Pekerjaan yang Cocok

Memiliki sifat yang suka membantah, membuat mereka tak cocok menjadi bawahan. Mereka lebih cocok menjadi pedagang atau seorang pengusaha. Bagi mereka yang terpenting adalah pekerjaan tersebut dikendalikan sendiri dan tidak ada orang lain yang mengatur.

Mereka akan merasa lebih nyaman menjadi peternak atau petani dibandingkan menjadi pegawai negeri sipil atau karyawan. Sementara, mereka yang lahir pada hari Jumat dengan mongso Kalima, maka pekerjaan yang cocok adalah polisi, wartawan, dokter, pengarang, badan intel, pendeta, maupun rohaniawan, tetapi yang paling cocok adalah menjadi polisi.

Kemudian peruntungan bagi mereka yang terlahir pada hari Jumat dan mangsa Kalima, adalah memiliki kemampuan berusaha dalam bidang komersial. Mereka tidak akan melewatkan kesempatan yang ada, maka tidak akan pernah mengalami masalah keuangan.

Mereka selalu mendapat keberhasilan yang gemilang, berkat kegigihannya. Dalam usia 29 tahun akan mendapatkan rezeki nomplok, artinya keuangan yang sangat besar yang tidak terduga.

Maka keuntungan inilah yang kelak akan mengangkat mereka menjadi kaya raya. Sementara hobi yang cocok untuk mereka kelahiran mangsa Kalima, adalah memelihara binatang, seperti kucing, anjing, kelinci, burung, atau ayam. Hobi spiritual yang baik adalah menyepi dengan mendaki gunung.

Terkait penjelasan ini, Anda boleh saja tidak percaya, namun anggap saja ini sebagai tambahan pengetahuan untuk melestarikan warisan budaya leluhur kita. 

***

tags: #kejawen #jumat kliwon

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI