Sandal Swallow. (Foto: Istimewa)

Sandal Swallow. (Foto: Istimewa)

Sejarah Sandal Swallow, Sandal Paling Legendaris di Indonesia

Kabarnya kehadiran sandal swallow adalah untuk menggantikan zori atau sandal peninggalan budaya Jepang.

Sabtu, 26 Februari 2022 | 12:07 WIB - Gaya
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

sandal Swallow bisa dibilang satu-satunya sandal paling melegenda di Indonesia. Kehadirannya sudah ada sejak zaman orangtua kita atau bahkan kakek-nenek kita. 

Kabarnya kehadiran sandal Swallow adalah untuk menggantikan zori atau sandal peninggalan budaya Jepang. Sebelum sandal karet diperkenalkan dan diproduksi massal di dunia, zori Jepang atau sandal gaya Jepang adalah jenis sandal yang paling populer. 

BERITA TERKAIT:
Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Pemkot Cirebon Tambah Destinasi Wisata Baru
Begini Sejarah Sistem Kalender hingga Tercipta Tahun Kabisat 
Sejarah Peringatan Hari Ibu: Mengapa Ditetapkan Tanggal 22 Desember?
Mengulik Sejarah Tragedi Pesawat Dakota VT-CLA, Refleksi Perjuangan TNI AU
Sejarah Singkat Kenapa Emoji Semangka Jadi Simbol Dukungan untuk Palestina

Hal ini terutama diperkenalkan oleh tentara Amerika yang pulang dengan sandal dari Jepang selama Perang Dunia II (1940). Zori Jepang adalah alas kaki tradisional Jepang yang terbuat dari jerami padi dan kayu berpernis dan sering digunakan bersama dengan pakaian tradisional Jepang, kimono. 

Namun lambat laun, orang menyadari bahwa zori Jepang akan menjadi licin dan kaku. Seiring waktu ketika karet ditemukan dan teknologi berkembang karet menjadi bahan yang tepat untuk digunakan sebagai bahan dasar sandal

sandal karet lebih fleksibel, tahan lama, dan tidak licin. 

 

Swallow pertama kali diproduksi pada 1982, yakni oleh PT Sinar Jaya Prakarsa yang pabriknya berada di Jalan Kamal Raya No. 1, Tegal Alur, Cengkareng, Jakarta Barat. Awal muncul, sandal Swallow bisa dibeli dengan harga Rp1.500 saja.

Meski tentu selama berpuluh-puluh tahun sudah berinovasi menyesuaikan selera pasar, Swallow paling dikenal sandal jepitnya yang berwarna putih dan bermotif garis dengan beberapa pilihan warna.

Tentunya ada beberapa alasan sandal Swallow bisa populer di Indonesia. Pertama, sandal dari bahan karet itu harganya terjangkau. Dilansir dari beberapa e-commerce, kini sandal jepit Swallow termurah bisa dibeli dengan harga Rp10.000-15.000.

Selain harganya yang terjangkau, alasan lainnya adalah sandal Swallow mudah ditemukan. Nyaris di setiap warung atau pusat perbelanjaan menjual sandal karet berwarna dominan putih itu.

Ketiga, sandal Swallow nyaman dipakai di mana pun dan kapan pun. Bahannya empuk, sandal yang mudah dilepas dan dipakai kembali tersebut juga tergolong ringan sehingga tidak repot dipakai jalan.

Alasan lainnya lagi, sandal  mudah dibersihkan. sandal yang sangat fungsional itu bisa santai saja dipakai melewati medan kotor lantaran bisa dengan mudah dibersihkan, yakni tinggal dicuci saja. 

***

tags: #sejarah #sandal #swallow #karet

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI