10 Tempat Wisata di Banjarnegara yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga ataupun Teman (Foto: Istimewa)

10 Tempat Wisata di Banjarnegara yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga ataupun Teman (Foto: Istimewa)

10 Tempat Wisata di Banjarnegara yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga ataupun Teman

Kabupaten yang terkenal dengan 'es dawet ayu' ini menawarkan banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Senin, 02 Mei 2022 | 17:38 WIB - Langkah
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

Lebaran telah tiba! Pada momen itu, banyak orang yang mudik alias pulang ke kampung halaman demi bertemu orang tersayang setelah sekian lama merantau. Banyak dari mereka yang akan menggunakan kesempatan tersebut untuk bersilaturrahim ke sanak saudara atau berjalan-jalan bersama keluarga ke tempat wisata.

Saat Lebaran, umat muslim di Indonesia biasa berkunjung ke anak saudara dan saling meminta maaf. Setelah itu, tak sedikit keluarga yang akan menghabiskan sisa libur Lebaran mereka dengan berjalan-jalan di tempat wisata.

BERITA TERKAIT:
Menikmati Objek Wisata Kahyangan Skyline Wonosobo
Dekat dari Semarang, Healing Tipis-tipis ke Wisata Air Terjun Gonoharjo
Digadang-gadang Jadi Tempat Wisata Baru Kota Semarang, Pasar Apung Mulai Dibuka di Banjir Kanal Barat
10 Tempat Wisata Alam Hingga Buatan di Kendal yang Wajib Dikunjungi (Bagian 2)
10 Tempat Wisata Alam Hingga Buatan di Kendal yang Wajib Dikunjungi (Bagian 1)

Ngomongin tempat wisata, di Jawa Tengah banyak sekali, lho, tempat wisata yang asik dan tentunya murah, salah satunya di kabupaten Banjarnegara. Kabupaten yang terkenal dengan 'es dawet ayu' ini menawarkan banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Sejumlah tempat wisata mulai dari bukit, gunung, air terjun, hingga taman air dapat membuat momen berkumpul dengan orang tersayang semakin memorable. Salah satu yang terkenal adalah Dataran Tinggi Dieng yang menawarkan pemandangan indah dengan udara yang sejuk.

Namun, selain itu, masih bayak tempat wisata yang bisa Anda nikmati. Berikut ini tempat wisata di Banjarnegara yang bisa dikunjungi bersama keluarga, pasangan, atau teman.

1. Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Dieng merupakan Kawah Putihnya Kab. Banjarnegara yang terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Di kalangan wisatawan, Kawah Sikidang tergolong sebagai salah satu tempat wisata populer di Banjarnegara yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung. Tingginya minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini ditengarai oleh letaknya yang cukup mudah untuk diakses dan pemandangannya yang luar biasa indah.

2. Curug Pitu Banjarnegara

Curug Pitu terletak di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Curug ini dinamai dengan Curug Pitu (bahasa Jawa, yang artinya “tujuh”), karena alirannya yang terdiri atas tujuh tingkatan.

Jika mau, saat berkunjung ke curug ini Anda bisa datang ke tiap tingkatannya dengan menggunakan tangga yang memang telah disediakan oleh pihak pengelola. Terletak di kawasan pedesaan, aliran air yang mengalir di curug ini masih sangat bersih dan jauh dari cemaran polutan.

Untuk urusan fasilitas, walaupun berlokasi di daerah pedesaan yang agak terpencil, namun objek wisata ini sudah tergolong melek fasilitas. Dari mulai fasilitas standar seperti toilet dan gazebo, sampai dengan fasilitas tambahan berupa tempat makan, semuanya sudah tersedia di curug ini. Biasanya, curug ini beroperasi setiap hari selama 24 jam non stop.

3. Curug Sikopel

Ingin awet muda? Yuk coba mandi di tempat wisata Banjarnegara yang satu ini! Menurut mitos yang beredar, siapa pun yang mandi dengan menggunakan aliran air di curug ini akan menjadi awet muda lho!

Ya walaupun itu hanya mitos, namun tidak ada salahnya untuk dicoba bukan? Itung-itung sekalian jalan-jalan ke lokasinya yang sangat eksotis.

Terlepas dari mitos yang dimilikinya, Curug Sikopel menawarkan panorama alam yang cukup eksotis. Aliran airnya tergolong masih sangat jernih dan segar. Hanya saja, di beberapa bagian masih ada areal yang belum tertata rapi, sehingga terlihat kurang bagus.

4. Arung Jeram Sungai Serayu

Bukan cuma Magelang saja yang memiliki wisata arung jeram menantang! Kabupaten Banjarnegara pun juga memilikinya, yaitu wisata Arung Jeram Sungai Serayu.

Selain berarus deras, sungai ini juga memiliki aliran yang berkelok-kelok dengan panorama alam sekitar yang sangat eksotis. Jika Anda merupakan seorang pecinta aktivitas wisata yang menantang dan memacu adrenalin, objek wisata ini kudu harus Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan wisata Anda selama liburan di Banjarnegara.

Lokasinya cukup mudah untuk diakses kok, yaitu di  Jalan Banjarnegara Km 15, Desa Randegan, Kecamatan Sigaluh, Randegan, Banjarnegara, Jawa Tengah.

5. Surya Yudha Park Banjarnegara

 

Surya Yudha Park merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Banjarnegara yang sangat populer. Objek wisata ini menawarkan paket wisata keluarga yang sangat lengkap, mulai dari wisata outbond, arena olahraga, arena rafting, sampai dengan hotel berbintang dan tempat hiburan malam.

Selain itu, tempat ini juga turut menawarkan beberapa replika monumen terkenal negara lain, seperti Patung Merlion milik Negara Singapura dan Patung Liberty milik Negara Amerika Serikat. Replika maskot dua negara tersebut merupakan dua tempat langganan para pengunjung untuk berfoto.

6. Taman Margasatwa Serulingmas

Tempat liburan di Banjarnegara yang selanjutnya adalah Taman Margasatwa Serulingmas. Jika mayoritas tempat wisata yang telah kita bahas sebelumnya terletak di daerah pedesaan, tempat wisata yang akan kita bahas ini terletak di tengah – tengah Kota Banjarnegara.

Tempat ini menawarkan daya tarik utama berupa taman satwa yang ditinggali oleh berbagai macam satwa liar. Selain itu, ada juga beberapa wahana permainan yang sengaja didirikan oleh pihak pengelola sebagai sarana wisata dan edukasi untuk para pengunjung. Beberapa wahana tersebut adalah wahana panahan, zona santai dan omah terwelu.

Tidak hanya itu, saat ini pengelola taman margasatwa ini juga telah menyediakan hiburan berupa reptil ular jinak yang dapat dipegang wisatawan untuk memacu adrenalin atau berfoto, serta pertunjukan Rock Balancing, yaitu seni menyusun bebatuan alami dengan berbagai macam posisi.

Dalam rangka menghadirkan pelayanan maksimal untuk para pengunjung, Taman Margasatwa Serulingmas beroperasi setiap hari dari mulai Pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

7. D'Qiano Hot Spring Waterpark

Anda mau berendam di air hangat? Nah, D’Qiano hot spring ini bisa Anda jadikan pilihan. Pemandian air hangat alami ini airnya bersumber langsung dari aliran Sileri Dieng.

Selain itu, terdapat sejumlah fasilitas lain seperti kamar ganti, toilet, musala, dna tempat makan. Di sekitar pemandian D'Qiano ini sudah tersedia penginapan, lho. Anda bisa menginap dan berendam esok harinya. Seru, bukan?

8. Serayu Park

Serayu park ini sangat cocok untuk Anda jadikan tempat basah-basahan bareng anggota keluargamu. Waterpark yang satu ini selalu ramai lo, baik hari biasa apalagi hari libur. Disini terdapat kolam arus yang sangat seru untuk kita bermain air.

9. Bukit Asmara Situk

Buat Anda yang sedang kasmaran, bukit asmara situk ini bisa menjadi tempat berliburmu bersama pasangan Anda. Bukit nan romantis ini menawarkan panorama memukau dari atas ketinggian.

Dengan suasana yang hening dan instagramable, wisatawan bisa berkunjung ke sini sembari menikmati wahana yang tersedia. Anda bisa selfi ria dari atas gardu pandang. Di mana di bawahnya begitu rimbun pepohonan plus dengan landscape pegunungan serta aliran sungai yang menawan.

Lokasi tempat rekreasi ini ada di Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu. Jangan lupa utuk berfoto ya, karena di sini ada banyak sekali spot romantis dan instagramable.

10. Anglir Mendung Banjarnegara

Anglir Mendung merupakan objek wisata alam yang terletak di tengah-tengah hutan lindung. Objek wisata ini saat ini berstatus sebagai salah satu tempat wisata keluarga terbaik di Banjarnegara.

Di sini mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan alam hijau yang indah beserta dengan udara sejuk khas dataran tinggi. Selain itu, ada juga fasilitas kolam renang dan taman bermain khusus untuk anak – anak yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Jika beruntung, saat berkunjung ke tempat ini Anda dapat menikmati sajian seni tari tradisional khas daerah sekitar yang diadakan di momen – momen tertentu. Khusus untuk Anda yang hobi berkemah, objek wisata ini juga turut menyediakan area khusus untuk aktivitas perkemahan, lho! Tidak tanggung – tanggung, areal perkemahan di tempat ini diperkirakan dapat menampung sekitar 200 tenda sekaligus.

Letak objek wisata Anglir Mendung ada di Jl. Raya Karangkobar, Kasimpar, Paweden, Karangkobar, Banjarnegara.

Nah, itulah 10 tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan sayang dilewatkan ketika Anda berada di Banjarnegara. tempat wisata di atas sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, pasangan, hingga teman. Selamat berlibur!

***

tags: #tempat wisata #banjarnegara #lebaran #liburan #dataran tinggi dieng

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI