BTS Akan Hiatus dan Fokus Karir Solo, Suga: Bukan Berarti Kita Bubar (Foto: Istimewa)

BTS Akan Hiatus dan Fokus Karir Solo, Suga: Bukan Berarti Kita Bubar (Foto: Istimewa)

BTS Akan Hiatus dan Fokus Karir Solo, Suga: Bukan Berarti Kita Bubar

Keputusan ini tentunya tidak mudah bagi BTS.

Rabu, 15 Juni 2022 | 12:57 WIB - Pentas
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

GRUP Idol Korea Selatan BTS belum lama ini mengumumkan aakan hiatus atau rehat sementara sebagai grup dan akan fokus dengan karir solo masing-masing member.

Pengumuman ini disampaikan BTS saat acara tahunan BTS Festa yang disiarkan di kanal YouTube Bangtan TV pada Selssa (14/6) malam. Pada acara tersebut, mereka melakukan makan malam sambil mengenang masa selama sembilan tahun berkarya sebagai idol.

BERITA TERKAIT:
Konser Global BTS di Busan Oktober 2022 Nanti Gratis, Benarkah?
Kenapa Penggemar BTS Namanya ARMY? Begini Arti dan Asal-Usulnya
Ulang Tahun Army BTS Ke-9, Google Ikut Rayakan dengan Ini
Charlie Puth dan Jungkook BTS Kolaborasi di Lagu 'Left and Right', Rilis 24 Juni?
BTS Akan Hiatus dan Fokus Karir Solo, Suga: Bukan Berarti Kita Bubar

Setiap tahun, di puncak perayaan peringatan debutnya, para member BTS memang secara rutin melakukan makan malam sambil mengobrol bersama Army

Kali ini, mereka mengungkap keinginan mereka untuk mengeksplorasi lebih banyak kemampuan masing-masing dan memutuskan untuk hiatus sebagai BTS. Masing-masing member akan fokus pada perkembangan mereka sebagai individu melalui proyek solo.

RM menyampaikan bahwa meski mereka telah mendapatkan banyak hal selama sembilan tahun, tiap individu butuh waktu untuk berkembang menjadi sosok yang lebih bijaksana. 

Ia juga mengaku merasa tersesat menjalani perannya sebagai leader, yaitu sosok yang banyak menulis lirik sekaligus melayani wawancara dengan media terutama dengan media asing. 

"Masalah yang ada dalam K-pop dan sistem idol adalah mereka tidak memberi waktu bagi kami untuk tumbuh menjadi dewasa. Kami harus selalu membuat musik dan selalu melakukan sesuatu," ujar RM. 

 

Karena itulah, ia sebagai individu ingin rehat sejenak sambil memikirkan langkah mereka selanjutnya, baik sebagai individu maupun sebagai grup.

Keputusan ini tentunya tidak mudah bagi BTS. Mereka takut keputusan hiatus akan mengecewakan Army yang selama ini sudah mendukung mereka.

"Kami terus memikirkan Army apa pun yang terjadi. Kami ingin menjadi grup yang terus diingat oleh fans. Sekarang, kami ingin mulai memikirkan artis seperti apa masing-masing dari kami ingin diingat oleh fans," jelas Jimin.

"Itulah kenapa kami melewati jalan yang sulit sekarang. Kami mencoba mencari identitas kami dan prosesnya sangat lama dan melelahkan," tambahnya.

Namun V menegaskan, mendengar saran dari J-Hope, bahwa mereka akan kembali bersama suatu hari nanti. Dan ketika para member bergabung lagi sebagai BTS, mereka akan menunjukkan sinergi yang luar biasa.

"J-Hope bicara seperti ini padaku. Kita bisa fokus pada proyek solo masing-masing saat ini, dan nantinya, saat kita kembali berkumpul menjadi grup, sinergi kita akan sangat luar biasa. Kita akan menjadi lebih baik dari sebelumnya," ujar V.

Di akhir video, para member BTS menegaskan keputusan ini hanya sementara. Walaupun mereka memfokuskan diri pada proyek solo, BTS tidak akan bubar.

"Kami saling mengobrol dengan satu sama lain tentang pentingnya berpisah untuk sementara waktu agar kami tahu bagaimana menyatukan diri lagi. Dan agar kami tahu betapa pentingnya waktu kebersamaan kami," jelas J-Hope.

"Ini bukan berarti kita akan bubar! Kita bisa berpisah untuk sementara waktu," pungkas Suga.


tags: #bts #hiatus #korea selatan #army #suga bts

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI