Mengenal Nasida Ria, "Girlband" Pengusung Dakwah Lewat Musik Asal Semarang yang Mendunia 

Secara teknis, mereka bisa disebut sebagai girlband dengan kearifan lokal.

Selasa, 21 Juni 2022 | 10:09 WIB - Pentas
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

Tahu lagu "Perdamaian" "Kota Santri"? Dua lagu ini pernah dibawakan oleh grup band Gigi dan musisi Anang. Tapi tentu tidak banyak yang tahu bahwa pemilik sesungguhnya lagu ini adalah grup kasidah Nasida Ria

Nasida Ria adalah kelompok musik asal Semarang beranggotakan 11 orang personil. Selain seorang vokalis, masing-masing personil memiliki tugas masing-masing memainkan alat musik

BERITA TERKAIT:
Pulang Main Game Online, Remaja di Semarang Malah Jadi Korban Pembacokan
Bandara Semarang Raih Predikat Gold Sertifikasi Greenship New Building
Terungkap! Ini Identitas Korban Tewas Kecelakaan Truk Pertamina di Tanah Putih Semarang
PT Pertamina Benarkan Truknya Alami Kecelakaan di Tanah Putih Semarang, Usai Suplai SPBU Tembalang
Kecelakaan Truk Pertamina di Tanah Putih Semarang, Saksi: Mesin Diesel Sempat Mati

Secara teknis, mereka bisa disebut sebagai girlband dengan kearifan lokal. Berdiri sejak 1975, kelompok yang digawangi oleh srikandi-srikandi terpilih ini hingga kini mampu bertahan di tengah munculnya pemusik-pemusik baru di dunia hiburan Indonesia.

Kelompok Nasida Ria dapat dikatakan sebagai kelompok musik yang mengusung pesan dan kritik terhadap kehidupan manusia. Meski berdiri dengan mengusung spirit dakwah, namun dalam perjalanannya, kelompok musik ini memberi pesan-pesan yang tidak terbatas kepada kaum Muslim. 

 

Coba saja dengar lagu Keadilan yang memiliki pesan agar setiap manusia hendaknya entah agama apapun harus bertindak adil dan jujur di dalam kehidupan sehari-hari.

Selain karena lagu-lagunya yang memiliki pesan yang khas, Nasida Ria patut mendapat apresiasi lebih sebagai kelompok musik yang mampu membawa musik kasidah menjadi lebih modern. Kita bisa melihat hal tersebut di setiap penampilan Nasida Ria.

Di setiap penampilannya, para personil tidak hanya menggunakkan alat musik yang biasanya memang ada di dalam kelompok kasidah, tetapi juga menghadirkan alat musik seperti keyboard, gitar elektrik dan alat musik gesek biola.

Dengan keunikan tersebut, Nasida Ria mampu bertahan di tengah perkembangan industri musik nasional. Eksistensi Nasida Ria di era 2000-an ke atas dapat ditunjukkan dengan kehadiran mereka di beberapa acara televisi pada tahun 2018 hingga 2020 awal. Bahkan, BBC Indonesia sempat membuat konten yang membahas kelompok musik ini di bulan Januari 2021.

Baru-baru ini, Nasida Ria berhasil memikat penonton lewat penampilannya di Documenta Fifteen di Jerman. Melalui akun Instagram resminya, Nasida Ria terlihat tampil di depan ratusan penoton di panggung Jerman.  

Kondisi saat Nasida Ria latihan, banyak yg antusias mendengarkan lantunan Qasidah! Tgl 18 Nasida Ria akan tampil sebagai pembuka di event seni akbar dunia @documentafifteen di Kassel, Jerman.Sobat yang dekat merapat yaaa. Mari kita Qasidah kan Jerman!!" tulis akun @nasidariaSemarang.


tags: #semarang #musik #lagu #nasida ria #kasidah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI