Pengalaman Yura Yunita Pernah Belajar Vokal dengan Guru Michael Jackson: Kita Diharuskan Membuka Luka Lama (Foto: Istimewa)

Pengalaman Yura Yunita Pernah Belajar Vokal dengan Guru Michael Jackson: Kita Diharuskan Membuka Luka Lama (Foto: Istimewa)

Pengalaman Yura Yunita Pernah Belajar Vokal dengan Guru Michael Jackson: Kita Diharuskan Membuka Luka Lama

Dari sesi tersebut ternyata Yura tersadar ia takut suara gebrakan.

Selasa, 21 Juni 2022 | 19:51 WIB - Pentas
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

PENYANYI muda Yura Yunita menceritakan pengalamannya saat berlatih vokal dengan guru vokal mendiang Michael Jackson. Pelatihan tersebut diikutinya di Bali tiga tahun silam.

Hal tersebut diungkapkan Yura Yunita saat diundang ke YouTube Vindes milik Vincent dan Desta.

BERITA TERKAIT:
Pengalaman Yura Yunita Pernah Belajar Vokal dengan Guru Michael Jackson: Kita Diharuskan Membuka Luka Lama

"Waktu 2019 sempat ikut vocal master class sama guru vokalnya Michael Jackson, Stevie Wonder. (Guru vokalnya) datang ke Bali," kata Yura Yunita, dikutip dari kanal YouTube Vindes, Selasa (21/6/2022).

Pelantun 'Berawal dari Tatap' itu menyebutkan sang guru vokal tersebut telah berumur 70 tahunan. Dari guru vokal tersbeut, kata Yura, ia tak hanya diajarkan teknik dasar bernyanyi. 

"Kalau teknik kan basic ada. Tapi, untuk mencapai kedalaman tertentu untuk bisa mencapai sebuah teknik justru kita harus membuka luka-luka lama. Jadi kayak lebih psikologis gitu," ungkap Yura. 

 

Yura menceritakan, ia mengikuti pelatihan tersebut selama lima hari dan merasakan hasil positifnya. Ia mengaku bahwa sejak kecil dirinya takut untuk mengambil nada tinggi. 

Oleh karenanya, tujuan Yura mengikuti pelatihan itu agar dapat bernyanyi nada tinggi dengan penuh tenaga.

"Di hari pertama kita buka masalahnya apa aja. Di hari kedua dibuka, dia kayak kasih pertanyaan terus kita ke unlock childhood trauma dan lain-lain," ujar Yura Yunita

Dari sesi tersebut ternyata Yura tersadar ia takut suara gebrakan. Kejadian mengagetkan itu pernah dialaminya saat usia lima tahun dan membekas hingga sekarang sehingga berpengaruh ke teknik vokalnya. 

Yura Yunita dan peserta lain sempat menangis selama satu jam setelah dipancing pertanyaan oleh sang guru.

Namun, berkat diajak merasakan trauma lagi dan menyembuhkan perlahan. Hasilnya, Yura berhasil bernyanyi dengan nada tinggi sebagaimana diinginkan. 

"Yang asalnya enggak nyampe nadanya, setelah itu bisa nyampe," tutur Yura Yunita
 


tags: #yura yunita #guru vokal michael jackson #bali #vindes

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI