Planet sejajar (Foto: Twitter)

Planet sejajar (Foto: Twitter)

Fenomena Planet Sejajar pada 24 Juni 2022, Apa Sebabnya?

Fenomena sejajarnya lima planet ini terjadi setiap 18-19 tahun sekali.

Jumat, 24 Juni 2022 | 11:14 WIB - Langkah
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

PADA 24 Juni 2022 waktu fajar, masyarakat di belahan dunia dapat melihat fenomena unik, yakni posisi planet yang sejajar. Planet-planet tersebut antara lain Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Melansir BBC Science Focus, terakhir kali kelima planet tersebut dalam posisi sejajar adalah pada tahun 2004. fenomena planet sejajar ini akan terjadi lagi pada 2041.

BERITA TERKAIT:
Fenomena Planet Sejajar pada 24 Juni 2022, Apa Sebabnya?
10 Juni 1610, Galileo Menemukan Cincin Planet Saturnus

Menurut Forbes, sejak awal Juni, kelima planet tersebut sudah terlihat dalam posisi sejajar yang dapat disaksikan dengan mata telanjang dalam jarak 91 derajat. Sudut tersebut terus memanjang sehingga kelima planet dapat terlihat jelas pada puncaknya.

Kemudian pada 30 Juni 2022, jarak antara planet pertama dan terakhir dalam barisan, Merkurius dan Saturnus, akan bertambah menjadi 116 derajat. Kecerahan planet akan terlihat sama sepanjang Juni. 

Namun, Merkurius perlahan akan menjadi semakin cerah setiap pagi. Merkurius menjadi lebih terang karena semakin dekat dengan matahari.

 

Lantas, mengapa planet=palent tersebut bisa sejajar? Apa sebabnya?

Dikutip dari laman Space.com, fenomena planet sejajar terjadi karena tatanan alam. Merkurius mengelilingi matahari setiap 88 hari bumi, Venus setiap 225 hari, Mars setiap 687 hari, Jupiter setiap 12 tahun, dan Saturnus setiap 29 tahun, sehingga fenomena planet sejajar dapat terjadi pada jadwal yang tidak teratur. 

fenomena sejajarnya lima planet ini terjadi setiap 18-19 tahun sekali. Peristiwa yang sama terjadi pada bulan Desember 2004 dan akan terjadi lagi pada 2041. 

Namun, planet-planet tersebut tidak benar-benar sejajar. Ini hanyalah fenomena garis pandang yang menyebabkan ilusi optik, karena sebenarnya planet-planet berjarak jutaan mil dari satu sama lain dan dari bumi

Mengutip BBC Science Focus, delapan planet dalam sistem tata surya tidak akan pernah bisa sejajar sempurna karena orientasi dan kemiringan orbitnya. Terakhir kali peristiwa ini terjadi lebih dari 1.000 tahun yang lalu, pada tahun 949 M. 

Peristiwa ini tidak akan terjadi lagi sampai 6 Mei 2492. Pengamatan planet sejajar ini telah dilakukan selama berabad-abad oleh orang Yunani kuno yang mengamati dengan mata telanjang. Kata "planet" berasal dari kata Yunani "planetes", yang berarti "pengembara". 


tags: #saturnus #apa penyebab planet sejajar? #fenomena #tata surya #bumi

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI