Tupperware merupakan lini peralatan rumah tangga yang terkenal akan kualitas plastiknya yang kedap udara. (Foto: Istimewa)

Tupperware merupakan lini peralatan rumah tangga yang terkenal akan kualitas plastiknya yang kedap udara. (Foto: Istimewa)

Fakta-fakta Unik Tupperware, Merk Wadah Makanan Kecintaan Para Ibu

Tutup plastik Tupperware sejatinya terinspirasi dari bentuk tutup kaleng cat.

Rabu, 13 Juli 2022 | 20:06 WIB - Gaya
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

SIAPA yang tak kenal Tupperware? Merk wadah makanan ini sudah sangat dikenal masyarakat terutama di kalangan para ibu. Tupperware sendiri merupakan lini peralatan rumah tangga yang terkenal akan kualitas plastiknya yang kedap udara.

Selain kualitas yang tak perlu diragukan itu, harga satu buah Tupperware juga cukup mahal. Harga Tupperware sendiri beragam, tergantung jenis dan ukuran produknya. Untuk satu set kotak bekal, Tupperware mematok harga sekitar Rp200 ribuan. Sedangkan botol minumnya dibanderol mulai Rp80 ribuan hingga ratusan ribu rupiah. 

BERITA TERKAIT:
Mahfud MD Sebut Food Estate Proyek Gagal, Begini Faktanya!
Ganjar Sebut Tidak Terjadi Aksi Terorisme di Indonesia Tahun 2023, Ini Faktanya
8 Fakta Tragedi Kanjuruhan yang Tewaskan Ratusan Orang
Fakta Menarik Synchronize Fest 2022, Undang 126 Penampil Hingga Kampanye Peduli Lingkungan
Fakta-fakta Unik Tupperware, Merk Wadah Makanan Kecintaan Para Ibu

Tak heran, jika banyak ibu-ibu yang tergila-gila dengan merk satu ini. Bahkan, tak sedikit warganet yang menyebut bahwa para ibu lebih sayang pada perabotan bermerk Tupperware dibanding pada anak-anaknya. 

Hal tersebut karena banyaknya kabar yang beredar di mana sang anak akan dimarahi habis-habisan oleh ibunya jika menghilangkan kotak makan atau botol minum bermerk Tupperware. Beberapa guyonan warganet juga menyebutkan jika sang anak sampai menghilangkan Tupperware, namanya akan dicoret dari kartu keluarga.

Selain terkenal akan kotak makan dan botol minumnya yang legendaris, Tupperware juga memiliki banyak ragam produk yang tak kalah menarik, seperti toples camilan, piring, gelas, sendok, rantang, wadah, pisau, pemarut keju, dan masih banyak lagi. Semua hadir dalam bentuk, ukuran, dan ragam warna yang menarik. 

Berikut ini sejumlah fakta-fakta mengenai merk peralatan rumah tangga terfavorit para ibu di Indonesia, bahkan dunia.

1. Tupperware diciptakan oleh Earl Tupper pada 1938 silam.

2. Meski kini terbilang sukses, Tupperware justru tak lagu di pasaran pada awal kemunculannya akibat kurangnya promosi. Masyarakat belum paham soal teknologi yang diperkenalkan Tupper.

3. Dalam penjualan profuk mereka, Tupperware menggunakan strategi door to door dengan istilah Tupperware Party yang pertama kali digelar pada 1949. Strategi tersebut diciptakan langsung oleh wakil presiden pemasaran Tupperware saat itu, Brownie Wise, yang mana sukses membawa Tupperware menjadi populer hingga saat ini.

 

4. Karena kesuksesan ini, Wise akhirnya diangkat Tupper jadi wakil direktur divisi penjualan. Ini akhirnya membuat Wise jadi jauh lebih terkenal hingga membuat Tupper cemburu. Tupper pun akhirnya memecat Wise tanpa alasan dan menjual Tupperware kepada Rexall Drug. 

5. Plastik pembentuk produk Tupperware adalah bioplastik, yaitu campuran dari sayuran serta buah-buahan yang teruji aman untuk makanan serta cukup ramah untuk lingkungan. Selain itu, tak seperti wadah plastik lainnya, kalau sudah tak dipakai lagi, Tupperware dapat didaur ulang dengan kualitas yang tetap sama baiknya.

6. Wonderbowl adalah produk pertama yang dirilis oleh Tuppeware. Produk ini ialah sebuah wadah penyimpanan makanan yang terbuat dari plastik. Sebab punya desain simpel dan praktis, Wonderbowl pun mendunia dan membuat nama Tupperware makin populer.

7. Tutup plastik Tupperware sejatinya terinspirasi dari bentuk tutup kaleng cat.

8. Tupperware terdiri dari beberapa seri dengan fungsi masing-masing. Maka kamu perlu tahu seri apa saja yang dapat dimasukkan ke dalam microwave serta freezer. Untuk memanaskan makanan di dalam microwave bisa menggunakan Seri Crystalwave. Sedangkan untuk penyimpanan di dalam freezer, menggunakan seri Freezermate.

9. Pada 1956, Tupperware akhirnya dipajang dan dipamerkan di New York Museum of Modern Art. Di tahun yang sama, Tupperware juga masuk dalam daftar penemuan terbaik abad 20 yang dibuat oleh Guinness Book of World Records. Hal tersebut tak lain berkat inovasi tutup jedap udara serta kedap air.

10. Yang menjadikan Tupperware makin digemari oleh ibu-ibu adalah garansinya yang berlaku seumur hidup. Jika Tupperware yang kamu miliki rusak akibat pemakaian normal, kamu bisa menukarkan Tupperware kamu dengan yang baru. 

11. Ada lebih dari dua juta jaringan  penjual Tupperware yang tersebar di seluruh dunia. Mulai dari ibu-ibu arisan, karyawan kantor, hingga distributor daerah. Semua karena sistem MLM yang diterapkan Tupperware.

12. Indonesia sendiri adalah negara dengan pasar terbesar Tupperware pada tahun 2013, disusul oleh negara Jerman. Penjualan di Indonesia tahun itu mencapai angka lebih dari 200 juta dollar dengan 250.000 distributor.

13. Saat ini, arisan Tupperware atau Tupperware Party digelar setiap 1,4 detik di dunia.

Itulah sederet fakta unik tentang Tupperware yang menjadi merk kecintaan para ibu hingga disebut lebih dicintai dari pada anaknya sendiri.

***

tags: #fakta #tupperware #perabotan rumah tangga #kecintaan para ibu

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI