Mengenal Gurun Sahara yang Trending Topic karena Aksi Bule Bugil Lagi Begituan 

Gurun Sahara membentang di 10 negara, yaitu Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sudan, dan Tunisia.

Senin, 08 Agustus 2022 | 12:09 WIB - Langkah
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

Gurun Sahara menjadi trending topic lantaran aksi seorang bule bugil. Pencarian di Google untuk Gurun Sahara mencapai 200.000 lebih di Hari Minggu (7/8). 

Sebuah unggahan di media sosial TikTok memperlihatkan soal Gurun Sahara Google Maps berisi peta dan gambar seorang lelaki yang tak diketahui identitasnya. Ia tampak bugil dan sedang melakukan hubungan suami-istri. 

BERITA TERKAIT:
Mengenal Gurun Sahara yang Trending Topic karena Aksi Bule Bugil Lagi Begituan 
Gurun Sahara Trending, Ternyata Gara-gara Bule Bugil Lagi Begituan

Namun sebenarnya Gurun Sahara itu tempat yang seperti apa?

Gurun Sahara adalah gurun panas terbesar di dunia dan gurun terbesar ketiga secara keseluruhan, setelah gurun dingin Antartika dan Arktik. Gurun Sahara adalah salah satu lingkungan paling keras di bumi, meliputi 3,6 juta mil persegi atau sekitar 9,4 juta kilometer persegi, area seukuran Amerika Serikat termasuk Alaska dan Hawaii, dan mencakup hampir sepertiga dari Benua Afrika.

Nama Sahara berasal dari kata Arab ahra yang berarti gurun, menurut Ensiklopedia Britania. Gurun Sahara berbatasan dengan Samudra Atlantik di barat, Laut Merah di timur, Laut Mediterania di utara, dan Sabana Sahel di selatan.

 

Gurun Sahara membentang di 10 negara, yaitu Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Niger, Sudan, dan Tunisia. Gurun Sahara memiliki berbagai fitur daratan, tapi yang paling terkenal adalah padang pasir yang sering digambarkan dalam film.

Bukit pasir di Gurun Sahara bisa mencapai hampir 600 kaki atau 183 meter dan menutupi sekitar 25% dari seluruh gurun. Emi Koussi adalah gurun berapi yang sudah punah di Chad, adalah titik tertinggi di Gurun Sahara, mencapai 11.204 kaki atau 3.415 meter di atas permukaan laut, sedangkan Qattara Depression di barat laut Mesir adalah titik terdalam Gurun Sahara, pada 436 kaki atau 133 meter di bawah permukaan laut.

Walaupun air langka di seluruh wilayah ini, Gurun Sahara memiliki 2 sungai permanen, yaitu Sungai Nil dan Niger, serta setidaknya 20 danau musiman dan akuifer besar yang merupakan sumber utama air untuk lebih dari 90 oasis utama di seluruh wilayah. Terlepas dari kondisi Gurun Sahara yang keras dan gersang, banyak spesies tumbuhan dan hewan tinggal di sini.

Setidaknya terdapat 500 spesies tanaman, 70 spesies mamalia, 90 spesies bruung, 100 spesies reptil. Diantaranya laba-laba, reptil. 

Ada juga unta yang menjadi hewan ikonik untuk Gurun Sahara.


 


tags: #gurun sahara #trending topic

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI