Ini Perbandingan Gaji Guru di Indonesia dengan Negara-negara Lainnya 

Ternyata perbandingan gaji guru di Indonesia dengan beberapa negara lain ternyata memiliki perbedaan yang amat jauh. 

Jumat, 25 November 2022 | 14:30 WIB - Langkah
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

Hari ini, 25 November diperingati guru-nasional'>Hari guru Nasional. Momen ini juga patut untuk merenungkan bagaimana kesejahteraan guru di tanah air. 

Ternyata perbandingan gaji guru di Indonesia dengan beberapa negara lain ternyata memiliki perbedaan yang amat jauh. 

BERITA TERKAIT:
Walikota Semarang Sebut Guru Berperan dalam Kesuksesan Masa Depan Anak Bangsa
Presiden Jokowi Harap Guru Penggerak Terus Bertambah
Peringati Hari Guru, Ribuan ASN Pemkab Boyolali Ikuti Jalan Sehat
Peringati HGN, Bupati Klaten Harap Guru Berikan Inovasi untuk Masa Depan Bangsa Lebih Baik
Ini Perbandingan Gaji Guru di Indonesia dengan Negara-negara Lainnya 

Bahkan, ada yang memberikan gaji hingga ratusan juta per tahunnya. 

gaji guru PNS diatur dalam dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan ke-18 atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Besaran gaji PNS, termasuk guru di seluruh Indonesia bervariasi bergantung pada golongan dan masa kerja. 

Contohnya, seperti di Provinsi DKI Jakarta, guru dari SD hingga SMA sebenarnya sudah harus memenuhi standar pendidikan sarjana (S1). 

Dengan demikian setiap guru PNS di Jakarta setidaknya masuk golongan III. Meski demikian, masih ada guru dengan pendidikan D3 atau masuk golongan II.

Berkaca dari posisi tersebut, maka gaji pokok guru untuk golongan II A sampai IV E berkisar antara Rp2,02 juta hingga Rp5,9 juta. Itu belum termasuk tunjangan anak dan suami/istri. Besaran tunjangan untuk setiap anak (maksimal 3) sebesar 2 persen dari gaji pokok.

Selain itu ada pula tunjangan makan. Setiap guru juga mendapat Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) yang besarannya berbeda di setiap wilayah. Kemudian, jabatan juga memengaruhi besarannya, seperti kelapa sekolah dan kepala tata usaha (TU). 

 

Besaran TKD untuk guru di Jakarta jauh lebih tinggi dibandingkan dengan gaji pokok. Besaran TKD untuk golongan III C mulai Rp5,8 juta. Belum cukup, ada penghasilan lain yang diterima pendidik, yakni tunjangan profesi guru. Tunjangan ini diberikan berdasarkan Pasal 14 UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan Dosen. 

Namun sesuai namanya, hanya guru yang sudah mendapat sertifikasi profesi yang mendapat tunjangan ini. Dalam penerapannya, tunjangan ini tak diberikan setiap bulan, melainkan diakumulasi setiap tiga bulan. Untuk guru PNS, besaran tunjangan sertifikasi adalah satu kali gaji pokok, sementara guru swasta setidaknya Rp1,5 juta. Bagaimana dengan guru yang belum mendapat sertifikasi, bagi mereka diberikan tunjangan tambahan penghasilan sebesar Rp250.000.

Perbandingan gaji guru di Indonesia dan Negara Lain 

1. Malaysia 

Mengutip laman Malaysia Indeed, rata-rata guru di Malaysia mendapat gaji sekitar 2.221 ringgit sampai 5.283 ringgit atau Rp7,6 juta sampai Rp18,1 juta per bulan. Angka tersebut tergantung dari kebijakan masing-masing pemerintah daerah. 

2. Singapura 

gaji rata-rata guru di Singapura berdasarkan Singapore Indeed adalah 3.018 Dolar Singapura atau sekitar Rp34 juta per bulan. Jumlahnya bervariasi tergantung pada daerahnya, seperti yang terkecil sebesar 2.851 Dolar sampai 4.366 Dolar Singapura. 

3. Jepang 

Lanjut ke Negeri Matahari Terbit, guru mendapat gaji bervariasi. Berdasarkan laporan Salary Explorer, rata-rata guru di Jepang mendapat gaji sekitar 411.000 Yen atau sekitar Rp46 juta per bulan. Secara umum gaji guru bervariasi berdasarkan daerah, pengalaman, dan keterampilan, yakni antara 214.000 hingga 629.000 Yen (antara Rp24 juta-Rp70 juta). 

4. Amerika Serikat 

Berbanding jauh dengan di Indonesia, gaji guru di Amerika bisa menembus ratusan juta per tahunnya. Mengutip dari Salary, seorang guru sekolah umum bisa mendapat gaji rata-rata 55.593 Dolar AS atau sekitar Rp870 juta per tahun atau sekitar Rp72,5 juta per bulan.  Namun secara umum, gaji guru di AS di kisaran 46.434 Dolar sampai 67.790 Dolar AS per tahun. Besaran gaji bergantung pada banyak faktor, termasuk latar belakang pendidikan, sertifikasi, keterampilan tambahan, serta masa kerja atau pengalaman.

***

tags: #hari guru nasional #gaji #guru

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI