4 Pernyataan Kontroversial Gita Savitri yang Tuai Pro Kontra Warganet Hingga Trending Twitter

Ia mengklaim Qatar seolah memanfaatkan budaya negaranya untuk membenarkan homophobia terhadap LGBT.

Senin, 28 November 2022 | 15:21 WIB - Pentas
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

INFLUENCER Gita Savitri memang kerap menyampaikan pernyataan kontroversial yang menuai pro dan kontra warganet. Tak heran, jika namanya pun kerap menjadi trending topic di Twitter.

Untuk diketahui, Gita Savitri Devi alias Gitasav merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Jerman. Ia kerap dimintai pendapat oleh pengikutnya di Instagram soal issue yang sedang hangat diperbincangkan.

BERITA TERKAIT:
Benarkah Childfree Bikin Awet Muda? Pakar Sebut Asal Siap, Punya Anak Malah Lebih Menyehatkan  
Apa Hanya dengan Pujian Awet Muda Hidupmu Bahagia, Gita? 
Klarifikasi Gita Savitri Soal Komentar Stunting yang Sempat Viral: Gue Berasa Diinjek-injek
Deretan Artis Tanah Air yang Pilih Childfree, Ada Gita Savitri hingga Chef Juna
Kini Koar-koar Anut Childfree, Gita Savitri Ternyata Dulu Pengen Punya Dua Anak

Terbaru, Gita Savitri kembali membuat kegaduhan saat memberikan komentar atas aksi tutup mulut Timnas Jerman yang menyimbolkan protes terhadap larangan atribut LGBT di Piala Dunia 2022 Qatar.

Ia mengklaim Qatar seolah memanfaatkan budaya negaranya untuk membenarkan homophobia terhadap LGBT. Tentu, pernyataan Gita Savitri itu menimbulkan pro dan kontra masyarakat.

Pernyataan kontroversial tersebut bukan pertama kalinya disampaikan oleh perempuan 30 tahun itu. Gita Savitri ternyata memang kerap menjadi perbincanga karena berbagai kontroversi yang dilakukan olehnya.

Berikut ini merupakan daftar kontroversi yang pernah ditimbukan  Gita Savitri.

1. Gita Savitri menganut childfree

kontroversi pertama Gita Savitri adalah dirinya mengaku tak mau punya anak dengan sang suami, Paul Andre Partohap. Ia juga menjelaskan mengapa ia memutuskan untuk menganut childfree.

Menurutnya, memiliki anak atau tidak itu adalah sebuah pilihan dalam hidup. Sang Influencer menjelaskan bahwa memiliki anak adalah tanggung jawab besar yang harus dijalani.

Gita Savitri mendapatkan banyak pertanyaan soal keputusannya tidak mau mempunyai anak terkait dengan kemungkinannya hamil.

Menurut Gita, kemungkinan tersebut selalu ia tutup. Ia bahkan dengan tegas memastikan hal tersebut tidak mungkin terjadi.

Terlepas dari hal itu, Gita Savitri juga menyadari bahwa keputusannya tidak umum dilakukan, terlebih oleh masyarakat Indonesia. 

Oleh karenanya, ia mendapatkan banyak kritik atas hal tersebut. Tak sedikit warganet yang melontarkan kritik pedas terhadap Gita Savitri ini.

2. Gita Savitri komentari Popo Barbie yang masuk toilet perempuan

Gita Savitri Devi menuai sorotan atas komentarnya terhadap aksi Popo Barbie. Popo yang merupakan seleb TikTok sebelumnya disorot warganet gegara aksinya masuk kamar mandi wanita.

Gita yang ikut memberi tanggapan atas aksi tak biasa itu pun justru ikut menjadi sorotan. Tanggapan Gita malah menuai pro dan kontra karena dianggap kerap membandingkan budaya Indonesia dengan budaya Jerman.

Seperti diketahui, kasus Popo Barbie pada saat itu menjadi perbincangan ketika menyamar untuk masuk ke toilet wanita dengan menggunakan masker, rambut palsu, make up, dan pakaian yang membuatnya tampak seperti wanita.

Sejatinya, Gita Savitri sendiri tidak terlalu mengenal sosok Popo Barbie, tetapi ia memberikan tanggapannya terkait dengan dugaan kasus yang dilakukan oleh Popo Barbie atas permintaan pengikutnya di Instagram.

 

"Kalo dia transpuan berarti bener dongg masuk toiletnya. Di Jerman juga di public space gitu udah banyak toilet yang campur gitu jadi satu toilet untuk semua," respons Gita dalam story instagram pribadinya.

Penjelasan ini langsung direspons keras warganet. Bahkan, respons ini tak hanya terjadi di Instagram, namun juga di Twitter. Mengikuti jejak Popo Barbie, Gita juga menjadi trending topik di media sosial milik Elon Musk itu.

3. Gita Savitri sebut warganet 'stunting' usai dikritik soal gaya berjilbab

Gita Savitri menjadi trending topik Twitter setelah menggunakan hijab yang dinilai terbuka. Tidak sedikit warganet yang kecewa perihal gaya hijab yang digunakan oleh Gita.

Warganet menilai bahwa saat ini Gita lebih terbuka karena hijabnya memperlihatkan rambut, telinga, hingga leher.

Diketahui sebelumnya, gaya hijab wanita yang tinggal di Jerman tersebut tampak tidak seperti itu. Tidak sedikit warganet yang mengingatkan Gita atas hijabnya.

Namun, bukan merespon dengan baik, Gita justru membuat kegaduhan dengan ketikannya yang dianggap kontroversial.

Emosi Gita tidak terkontrol hingga ia membawa-bawa kata 'stunting' untuk membalas komentar warganet yang mengomentari gaya hijabnya.

"Gue udah bacot-bacot, poin yang lo bisa dapet adalah 'Gita emang merasa paling bener' ya sis? Dulu lo stunting kali ya makanya agak lamban," tulis Gita Savitri, dilansir dari unggahan akun Twitter @tanyakanrl

Komentar Gita Savitri itu kemudian mengundang warganet lainnya mengingatkan agar sang influencer sebaiknya jangan membawa-bawa soal stunting karena takut menyakiti orang tua yang memiliki anak dengan kondisi kurang gizi.

Namun, Gita Savitri tak menghiraukan warganet tersebut dan masih terus menyinggung soal stunting dalam responsnya.

"Ya diurus dong anaknya jangan malah maen instagram ngebacain komen di foto orang," jawabnya.

"Ni lagi orang stunting nambah satu. Freak," sambungnya lagi.

4. Gita Savitri Tanggapi Soal LGBT di Piala Dunia 2022 Qatar

Belum lama ini, sosok Gita Savitri kembali heboh jadi perbincangan publik usai mengomentari aksi tutup mulut timnas Jermas di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar pada saat menghadapi Jepang di Stadion Internasional Khalifa, Doha karena melakukan kampanye ramah LGBT.

Gita Savitri yang mengomentari aksi tutup mulut Jerman di Piala Dunia 2022 tersebut lantas dianggap mendukung LGBT sampai ramai mendapatkan hujatan dari warganet.

Dalam pernyataan yang dinilai kontroversi dari Gita adalah yang mengklaim Qatar seolah memanfaatkan budaya negaranya untuk membenarkan homophobia terhadap LGBT.

"LGBTQ-phobia has real life consequences. People lost their lives due to their gender & sexuality so it’s better than not saying anything at all. FIFA is corrupt and Qatar justifying homophobia by using "this in our culture" is big no," ungkap Gita.

Warganet menilai jawaban dari Gita tersebut justru dianggap seolah memberikan dukungan kepada gerakan LGBT. Sontak tanggapan dari Gita tersebut menuai kecaman dari warganet. 

***

tags: #gita savitri #kontroversi #pro dan kontra #lgbt #piala dunia 2022

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI