Lionel Messi Sandang Gelar The GOAT dalam Dunia Sepak Bola, Apa Maksudnya?

Gelar ini diberikan kepada pemain (atlet) yang dianggap sebagai yang terbaik dalam olahraga atau tim mereka.

Senin, 19 Desember 2022 | 14:29 WIB - Pentas
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

DALAM Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar, Timnas Argentina berhasil menduduki juara 1. Keberhasilan Timnas tersebut tak lepas dari kepiawaian salah satu pemainnya, yakni Lionel Messi yang menyandang gelar The GOAT.

Seperti diketahui, dalam laga final Piala Dunia 2022 Qatar, Argentina melawan Prancis merebutkan posisi juara pertama. Meski di akhir pertandingan skor keduanya seri yaitu 3-3, Argentina berhasil menyabet gelar juara dunia usai mengalahkan Prancis lewat adu penalti dengan skor 4-2.

BERITA TERKAIT:
Momen Asnawi Mangkualam Tekel Alejandro Garnacho di GBK Trending di Twitter, Warganet: Alasan Kenapa Messi Ga Dateng
Tanpa Messi, Timnas Argentinta Tiba di Indonesia Jumat Malam
Tayang di RCTI, Ini Jadwal Siaran Langsung Laga Indonesia vs Argentina
Tak Ada Lionel Messi, Ini Daftar 24 Pemain Argentina yang Bakal Lawan Timnas Indonesia
Protes Aldi Taher Kala Lagu Ciptaannya untuk Lionel Messi Diunggah FIFA Tanpa Izin: Mengapa Anda...

Kejuaraan Timnas Argentina tersebut tak terlepas dari kerja keras sang mega bintang dalam dunia sepak bola. Siapa lagi kalau bukan Lionel Messi alias La Pulga.

Atas kiprahnya di dunia sepak bola, Lionel Messi dijuluki The GOAT oleh para fans berat sepak bola. Istilah ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang yang tidak mengikuti perkembangan dunia sepak bola.

Lantas, apa maksud gelar The GOAT yang kini disandang Lionel Messi? Berikut penjelasannya.

 

GOAT merupakan kependekan dari 'Greatest of All Time' yang dalam bahasa Indonesia berarti 'Yang Terbaik Sepanjang Masa'. Gelar ini diberikan kepada pemain (atlet) yang dianggap sebagai yang terbaik dalam olahraga atau tim mereka.

GOAT dalam olahraga sebenarnya merupakan istilah yang subjektif, sehingga ada banyak pendapat yang berbeda tentang siapa atlet terbaik yang pernah ada dalam suatu olahraga. Umumnya atlet yang disebut sebagai GOAT memiliki prestasi yang sangat tinggi di tingkat internasional dan sering memenangkan penghargaan individu.

Namun, beberapa pemain yang sering disebut sebagai GOAT umumnya memiliki prestasi juga di turnamen besar seperti Piala Dunia atau Champions League. Beberapa pemain yang sering disebut sebagai GOAT dalam sepak bola diantaranya adalah Pele, Diego Maradona, Lionel Messi, hingga Cristiano Ronaldo. 

Seorang GOAT dalam olahraga tidak hanya dinilai dari jumlah gelar atau trofi yang mereka raih, tetapi juga kehebatan mereka yang dianggap bisa mewakili suatu era.

Istilah ini kemudian kerap digunakan untuk melabeli olahragawan terutama pesepakbola yang berhasil mencatatkan rekor-rekor yang sulit dipecahkan pemain lainnya.

Meski begitu, istilah GOAT tidak hanya disematkan untuk pesepak bola, tetapi juga atlet olahraga lainnya, seperti petinju Muhammad Ali, Pebasket LeBron James, dan Petenis Rafael Nadal.

***

tags: #lionel messi #piala dunia 2022 #argentina #goat #sepak bola

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI