Menikmati Masakan Melayu di ASTON Inn Pandanaran Semarang 

Rasa balacan lebih ringan dari terasi karena perbedaan pada saat proses fregmentasi yang lebih singkat.

Jumat, 28 Juli 2023 | 12:42 WIB - Hotelife
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

DI BULAN Juli ini ASTON Inn Pandanaran Semarang memperkenalkan sebuah masakan yang mempunyai cita rasa dari Melayu yaitu Oseng udang balacan

balacan untuk di pulau Jawa terdengar asing, meskipun bahan dasar untuk membuatnya sama seperti Terasi. Meski sepintas terdengar sama, balacan dan terasi memiliki sejumlah perbedaan.

BERITA TERKAIT:
Aston Inn Pandanaran Semarang Bagikan 300 Bungkus Hewan Kurban Kepada Warga Sekitar
Liburan Sekolah, Aston Inn Pandanaran Semarang Tawarkan June Fantastic 
ASTON Inn Pandanaran Hadirkan Bed Menu Terbaru
ASTON Inn Pandanaran Kembali Hadirkan Kreasi Menu Terbaru
Tutup Berlian Ramadan, Aston Inn Pandanaran Semarang Adakan Kegiatan Sosial

Rasa balacan lebih ringan dari terasi karena perbedaan pada saat proses fregmentasi yang lebih singkat. Warna cokelatnya pun lebih muda dibanding terasi yang berwarna cokelat lebih gelap. 

 

Sedangkan Terasi merupakan bumbu masakan terkenal di pulau Jawa yang terbuat dari udang rebon atau ikan kecil kecil yang di tumbuk halus. Terasi yang memiliki aroma kuat biasa digunakan untuk sambal atau penyedap makanan. 

balacan sendiri lebih populer di daerah Melayu khususnya Malaysia. Sedangkan di Indonesia sendiri, penghasil balacan yang sangat terkenal berada di daerah Bangka khususnya Toboali, Bangka Selatan. Selain di Bangka, daerah Pulau Belitung khususnya di desa  Sijok (sijuk) juga terkenal dengan oleh olehnya yaitu balacan.  

Dengan kepopulerannya tersebut, ASTON Inn Pandanaran Semarang ingin memperkenalkan balacan kepada masyarakat Jawa Tengah dan khusunya warga Semarang dengan menghadirkan menu yang terbuat dari bahan dasar udang yaitu Oseng udang balacan. Menu ini dapat dinikmati bersama keluarga atau teman di restoran maupun room service di ASTON Inn Pandanaran Semarang maupun. 

Selain udang segar, bahan bahan lainya untuk membuat Oseng udang balacan adalah cabe kering, bawang putih, garam dan penyedap.

"Oseng udang balacan merupakan menu spesial dari ASTON Inn Pandanaran Semarang yang dapat di nikmati mulai bulan Juli hingga September 2023. Kami ingin mengenalkan lebih jauh mengenai bumbu balacan yang populer di kalangan masyarakat Melayu melalui menu Oseng udang Balcan untuk masyarakat Semarang yang tentunya kami sesuaikan dengan cita rasa kearifan lokal," tutur Marketing Communication ASTON Inn Pandanaran Semarang Krisdiar Porandito.
 

***

tags: #aston inn pandanaran semarang #melayu #udang #balacan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI