Potterhead Berduka, Pemeran 'Albus Dumbledore' di Film Harry Potter Meninggal Dunia

Seperti diketahui, Michael Gambon berperan sebagai Kepala Sekolah Hogwarts untuk 6 dari 8 film Harry Potter.

Jumat, 29 September 2023 | 18:45 WIB - Pentas
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

AKTOR Michael Gambon yang dikenal luas atas perannya sebagai 'Albus Dumbledore' dalam film Harry Potter meninggal dunia. Gambon meninggal pada usia 82 tahun usai menderita pneumonia.

Kabar tersebut diketahui dari pernyataan yang dikeluarkan atas nama keluarganya pada hari Kamis (28/9/2023), seperti yang dikabarkan kantor berita PA Media.

BERITA TERKAIT:
Calon Jemaah Haji Jateng yang Wafat Bertambah Jadi 18 Orang
Mesin Padi Meledak, 1 Orang Tewas dan Seorang lagi Luka-luka
Jelang Puncak Haji, Dua Jemaah Haji asal Indonesia Wafat di Makkah
ART yang Loncat dari Lantai Tiga Akhirnya Meninggal, Polisi Tetapkan Tiga Tersangka
Tertimbun Longsor, Seorang Sopir Truk Ditemukan Meninggal Dunia

"Kami sangat sedih untuk mengumumkan meninggalnya Sir Michael Gambon," kata pernyataan yang dikeluarkan oleh humasnya Clair Dobbs, menurut PA.

"Suami dan ayah tercinta, Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istrinya Anne dan putranya Fergus di sisinya, setelah menderita pneumonia. Michael berusia 82 tahun."

"Kami meminta publik untuk menghormati privasi kami pada saat yang menyakitkan ini dan terima kasih atas pesan dukungan dan cinta kalian."

Kabar ini tentu menjadi berita duka untuk para penggemar Harry Potter alias Potterhead. Seperti diketahui, Michael Gambon berperan sebagai Kepala Sekolah Hogwarts untuk 6 dari 8 film Harry Potter.

 

James Phelps, yang memerankan Fred Weasley dalam film Harry Potter, memposting penghormatan kepada Michael Gambon di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

"Sangat sedih mendengar tentang meninggalnya Michael Gambon. Dia, di dalam dan di luar kamera, adalah seorang legenda," tulis Phelps.

"Dia selalu sangat lucu dan sangat senang berbagi pengetahuan yang dia miliki," tambah Phelps, merincikan kenangan indah yang dia miliki saat bekerja dengan aktor veteran tersebut di antara pengambilan gambar film Harry Potter keenam.

Michael Gambon sendiri dikenal karena karyanya yang luas di TV, film, dan radio, dengan peran besar lainnya sebagai detektif psoriasis dalam serial hit tahun 1980-an The Singing Detective.

Sebagai salah satu aktor teater terkemuka di generasinya, Michael Gambon lahir di Cabra, Dublin, tetapi pindah ke London saat masih kecil. 

Dia dibesarkan dalam komunitas imigran Irlandia di Camden dan pekerjaan pertamanya adalah sebagai magang pembuat alat. Dia mengembangkan kecintaan pada senjata antik, jam, dan mobil klasik yang berlangsung seumur hidup.

Pada 1990 ia diangkat menjadi Commander of the Order of the British Empire. Delapan tahun kemudian ia diangkat menjadi Knight Bachelor atas jasanya di bidang drama.

Selama kariernya, Michael Gambon memenangkan beberapa penghargaan Aktor Terbaik di British Academy Television Awards (BAFTAs) dan dinominasikan untuk dua penghargaan Emmy.
 

***

tags: #meninggal dunia #harry potter #albus dumbledore #potterhead

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI