Suka Serial Gadis Kretek? Ini Tiga Rekomendasi Film Serupa tentang Kisah Cinta Berlatar Sejarah

Film Pride & Prejudice berlatar kehidupan bangsawan Inggris pada akhir abad ke-18.

Rabu, 22 November 2023 | 19:52 WIB - Layar
Penulis: - . Editor: Fauzi

Gadis Kretek yang tayang di platform Netflix pada 2 November lalu masih menjadi perbincangan hangat di media sosial. Serial yang diangkat dari novel karya Ratih Kumala berjudul sama itu kini masih menempati posisi pertama di Netflix Indonesia.

Kisah Gadis Kretek berisikan sejarah rokok kretek di Indonesia pada era 1960-an. Berfokus pada karakter Dasiyah atau Jeng Yah, seorang perempuan yang berambisi untuk menciptakan kretek terbaik di Indonesia. Namun, banyak cobaan dihadapinya hanya karena gendernya.

BERITA TERKAIT:
Suka Serial Gadis Kretek? Ini Tiga Rekomendasi Film Serupa tentang Kisah Cinta Berlatar Sejarah
Sosok Gusti Nurul, Putri Keraton yang Tolak Cinta Sejumlah Petinggi RI Termasuk Soekarno
Seperti Maret yang Memuliakanmu
Inilah 10 Ungkapan Cinta yang Membuat Para Istri Menggelinjang
Ayah, Mengapa Aku Ditelantarkan? Aku Tak Minta Dilahirkan

Bagi kalian yang telah menonton Gadis Kretek dan ingin menyaksikan tayang serupa yakni kisah cinta berlatar sejarah, berikut 3 rekomendasi.

1.    Bumi Manusia (2019)

Bumi manusia adalah film non-fiksi karya Pramoedya Ananta Toer yang menyajikan sejarah Indonesia-Belanda di abad ke-20. film rilisan tahun 2019 ini menceritakan kisah perjuangan cinta pada masa kolonial Indonesia.

Kisah lelaki pribumi, Minke (Iqbaal Ramadhan) dan gadis campuran Belanda, Annelies (Mawar de Jongh). Keduanya jatuh cinta, tetapi tak mendapat restu karena perbedaan status dan keturunan. Mereka pun harus berhadapan dengan hukum bangsa kolonial saat memperjuangkan cinta.

2.    Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)

 

film ini diadaptasi dari novel karya sastrawan ternama, Buya Hamka. Mengisahkan kisah cinta Zainuddin (Herjunot Ali) dan Hayati (Pevita Pearce). Namun, perbedaan status sosial menjadi penghalang besar hubungan mereka di era awal abad 20-an itu.

Zainuddin hanyalah seorang pemuda miskin yang tak memiliki suku, sedangkan Hayati seorang kembang desa berdarah bangsawan di tanah Minang. 

Namun, kehidupan Zainuddin berubah berkat kerja kerasnya. Ia menjadi seorang penulis terkenal. Waktu pun mempertemukan mereka kembali, tetapi Hayati telah memiliki suami.

film cinta berujung tragedi ini terinspirasi dari tragedi kapal Van Der Wijck yang tenggelam pada tahun 1936 di perairan Indonesia.

3.    Pride & Prejudice (2005)

film Pride & Prejudice ini berlatar kehidupan bangsawan Inggris pada akhir abad ke-18. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Jane Austen.

Mengisahkan Elizabeth Benneth, seorang gadis cerdas dan tegas yang jatuh cinta pada pria kaya, Darcy. Mereka saling tertarik, tetapi perbedaan status sosial menjadi tembok besar bagi mereka. Menyajikan kisah cinta penuh konflik dan pertentangan sekaligus menggambarkan dinamika sosial pada masa itu.

Berita ini ditulis oleh wartawan magang: Maulida Najma Safitri

***

tags: #cinta #film #gadis kretek

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI