Sosok Belinda Christina, Juara MasterChef Indonesia Season 11 yang Tuai Kontroversi

Meski lahir di Surabaya, tapi Belinda melewati sebagian besar masa kecilnya di Malang.

Senin, 27 November 2023 | 12:09 WIB - Pentas
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

Belinda Christina resmi menyabet gelar juara MasterChef Indoenesia Season 11. Wanita 23 tahun ini meraih juara usai memeroleh skor lebih unggul dari Kiki dalam grand final MasterChef Indonesia season 11 yang digelar Minggu (26/11).

Seperti diketahui, babak grand final MasterChef Indonesia menyisakan dua peserta, yakni Belinda dan Kiki. Keduanya harus bertanding dalam tiga ronde agar bisa menyabet gelar juara.

BERITA TERKAIT:
Kemenangan Belinda di MasterChef Indonesia Season 11 Buat Nama Lord Adi dan Nindy Dibahas Kembali
Juara MasterChef Indonesia Tuai Kontroversi, Adegan Kiki Bantu Belinda Potong Daging Tak Tayang di TV Disorot Warganet
Sosok Belinda Christina, Juara MasterChef Indonesia Season 11 yang Tuai Kontroversi
Kemenangan Belinda di MasterChef Indonesia Season 11 Tuai Kontroversi, Warganet Nilai Kiki Lebih Layak Juara 

Pada ronde pertama bertajuk The Ultimate Grand Final Team Challenge, Belinda Christina meraih nilai 746, sedangkan Kiki mendapatkan 727. Keduanya dibantu oleh alumni MasterChef Indonesia season 11 untuk memasak hidangan Nusantara sebanyak 11 porsi.

Ronde kedua mendapat tantangan untuk menduplikasi menu lamb rock buatan Chef Hans Christian. Kiki mendapatkan lebih banyak nilai dari keempat chef, dengan total 355 poin, sedangkan Belinda mendapatkan 342 poin.

Di babak terakhir, keduanya wajib membuat signature dish dalam waktu 90 menit, termasuk tiga menu mulai dari appetizer, main course, hingga dessert. Di ronde ketiga ini, Belinda unggul empat poin dari kiki, yaitu masing-masing 779 dan 775.

Dari ketiga ronde tersebut, poin yang dihasilkan Belinda mengungguli Kiki. Belinda mendapat poin sebanyak 1867, selisih 10 poin dengan Kiki yang memeroleh 1857 poin.

 

Belinda lantas dinobatkan sebagai juara MCI season 11 dan berhasil membawa pulang satu unit mobil dan uang tunai sebesar Rp100 juta. Meski kemenangan Belinda menuai kontroversi, keputusan juri tetap tidak dapat diganggu gugat.

Lantas, seperti apa sosok Belinda sang juara MasterChef Indonesia season 11 ini? Berikut selengkapnya.

Belinda Christina lahir di Surabaya, 22 September 2000, sehingga saat ini, umurnya 23 tahun. Meski lahir di Surabaya, tapi Belinda melewati sebagian besar masa kecilnya di Malang.

Ia merupakan anak terakhir dari enam bersaudara pasangan Samuel Sianto dan Ngirana Prima Wati.

Belinda merupakan lulusan dari Le Cordon Bleu New Zealand pada 2019.

Pada saat babak audisi yang ditayangkan pada 26 Agustus 2023, Belinda mengolah hidangan Thai Duck Red Curry. Masakan tersebut berhasil membuat Belinda lolos ke babak Boot Camp, setelah mendapat dua yes dari Chef Juna dan Chef Arnold.

Saat di babak Bootcamp, Belinda berhasil lolos ke galeri MasterChef Indonesia setelah melewati babak Elimination Test. Selama di galery, penampilan Belinda terbilang stabil. Ia memenangkan dua challenge individu dan tiga kali challenge tim.

Di media sosial Instagram,  Belinda memiliki akun dengan nama @Belinda.mci11 dengan jumlah pengikut lebih dari 23 ribu follower. Namun, usai kemenangannya menuai kontroversi, Belinda memilih untuk menonaktifkan komentar di akun Instagram miliknya itu.

***

tags: #belinda #masterchef #juara #sosok #kontroversi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI