Baim Wong Jual iPad Murah Rp1 Jutaan, Bea Cukai Mulai Turun Tangan

Akun tersebut meminta agar produk milik Baim Wong segera mendapatkan tindak klanjut mengenai proses impor yang resmi atau ilegal.

Kamis, 28 Desember 2023 | 15:41 WIB - Pentas
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

Baim Wong baru-baru ini menjadi perbincangan warganet usai aksinya mempromosikan iPad yang dijualnya dengan harga sangat murah, Rp1 jutaan saja. Karena harga barang tersebut dinilai tak wajar, warganet pun curiga dan meminta pemerintah untuk menyelidiki lebih lanjut proses impor iPad tersebut.

Video promosi tersebut awalnya diunggah melalui akun media sosial Baim Wong, baik Instagram maupun TikTok. Dalam video tersebut, suami Paula Verhoeven itu memperlihatkan beberapa kotak kardus yang berisi iPad dengan kemasan hanya berupa bungkusan plastik.

BERITA TERKAIT:
Klarifikasi Baim Wong Usai Tuai Kontroversi Gegara Jual iPad Harga Rp1 Jutaan: Fakturnya Ada, Ini Resmi
Baim Wong Jual iPad Murah Rp1 Jutaan, Bea Cukai Mulai Turun Tangan
Rosalia Indah Ungkap Bakal Investigasi Kasus Pencurian iPad Penumpang dan Tindak Tegas Pelaku
Viral Penumpang Kemalingan iPad di Bus, Begini Klarifikasi Bos Rosalia Indah
Viral Gegara Penumpang Curhat Kehilangan iPad, Siapa Pemilik PO Rosalia Indah?

"Siapa yang bilang iPad mahal hayo? Enggak. Saya kasih harga murah Rp1 juta. Beneran nih ini namanya menyambut 2024 saya kasih hadiah. Udah lama nih kita nggak berbagi yang mantep banget, bener bosque?," ujar Baim Wong dalam tayangan di TikTok yang dikutip pada Rabu (27/12).

Tak butuh waktu lama, video Baim Wong jualan iPad dengan harga hanya Rp1 jutaan tersebut langsung jadi perbincangan hangat pengguna media sosial, termasuk X. Banyak sekali pengguna media sosial X atau Twitter yang menyebut iPad murah yang dijual Baim Wong tersebut merupakan produk refurbished.

Istilah Refurbished sendiri merujuk ke produk iPhone yang sempat ditarik dari pasaran karena terjadi kerusakan atau malfungsi. Setelah ditarik, Apple mengolahnya kembali dengan suku cadang resmi, sehingga keamanannya terjamin.

 

Salah satu akun centang biru kemudian memberikan komentar dengan menyematkan akun milik Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo. Akun tersebut meminta agar produk milik Baim Wong segera mendapatkan tindak klanjut mengenai proses impor yang resmi atau ilegal.

"Nggak ada ceritanya bisa impor elektronik bekas. Izin dan prosesnya bukan main. Gue impor casing PC 1 biji ada goresan keliatan bekas aja akhirnya jadi timbunan. Minta tolong Pak @prastow praktek impor elektronik bekas ini diberantas soalnya saya iri sama mereka bisa cuan," tulis akun @*uca*yz*.

Prastowo ternyata langsung memberikan tanggapan dan berujar sudah menyampaikan perihal tersebut kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) agar bisa ditindaklanjuti.

"Siap. Terima kasih. Kemarin sudah kami sampaikan ke rekan-rekan DJBC. Semoga segera dikoordinasikan dan tertangani dengan baik," ungkap Prastowo.

Sementara itu, Nirwala Dwi Heryanto selaku Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa DJBC Kementerian Keuangan juga menyatakan bahwa pihaknya sedang melakukan penulusuran terkait iPad milik Baim Wong tersebut.

"Saya juga baru dapat (infonya), kita lagi telusuri," tutup Nirwala.
 

***

tags: #ipad #baim wong #bea cukai #yustinus prastowo

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI