Lagi-lagi! Reshuffle Jokowi Jatuh di Rabu Pon, Apa Istimewanya? 

Pelantikan dilakukan di Istana Merdeka jam 11 siang. Harinya bertepatan dengan weton Rabu Pon. 

Rabu, 21 Februari 2024 | 13:33 WIB - Kejawen
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

Hari ini, Rabu (21/1) Presiden Joko Widodo melantik dua menteri. reshuffle ini untuk mengisi posisi menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (menteri ATR/BPN) dan menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Agus Harimurthi Yudhoyono atau AHY menduduki posisi menteri ATR. Sementara menteri ATR saat ini Hadi Tjahjanto, akan menjabat sebagai Menko Polhukam mengisi posisi yang ditinggalkan Mahfud MD.

BERITA TERKAIT:
Jokowi akan Lebaran di Jakarta, Salat Id di Masjid Istiqlal 
Jelang Lengser, Jokowi Ingin Indonesia Kuasai 61 Persen Saham Freeeport 
Jokowi Respon Marak Kasus Bullying di Tempat Belajar
Jokowi Lakukan Rapat Kabinet Bahas Program Makan Siang Gratis 
Jokowi Resmikan Sembilan Ruas Jalan di Sulawesi Utara yang Habiskan Rp183 Miliar 

Pelantikan dilakukan di Istana Merdeka jam 11 siang. Harinya bertepatan dengan weton Rabu Pon. Agaknya Rabu Pon menjadi hari weton favorit Jokowi untuk merombak kabinetnya.

Menurut penanggalan Jawa, hari ini adalah Rabu Pon. Jokowi kerap menjadikan Rabu Pon sebagai momentum reshuffle kabinet Indonesia Maju.

Dalam penanggalan Jawa, hari ini juga bertepatan dengan 10 Ruwah 1957, berada di Tahun Jimawal, Windu Sancaya dan Wuku Sungsang.

Pada hari Rabu Pon di Wuku Sungsang ini baik untuk semua jenis pekerjaan dan akan mendapatkan kelancaran dan keselamatan.

Dalam penghitungan Jawa, setiap hari memiliki sifat. Hari Rabu memiliki sifat penuh rasa tanggung jawab, luwes, dan suka dengan banyolan.

Soal neptu, hari Rabu (Budha) bernilai tujuh, biasa dimaknai sebagai pertolongan karena dalam bahasa Jawa angka tujuh disebut 'pitu', mirip dengan kata 'pitulungan'. Lantas bagaimana dengan Rabu Pon?

Rabu punya bobot nilai 7, Pon juga punya bobot nilai 7. Bila dijumlahkan, maka menjadi 14. Makna baik angka 14 adalah mudah beradaptasi, perhatian, dan baik hati, namun sedikit malas.

 

Itu adalah tabiat manusia berdasarkan penjumlahan hari dan hari pasaran. Tidak ada penjelasan ilmiah lebih rinci mengenai ini. Apabila kelahiran kabinet dianalogikan sebagai kelahiran manusia, maka kabinet yang lahir pada Rabu Pon berarti sifatnya adalah seperti tercantum di atas.

Ada lagi penghitungan berdasarkan pembagi 7. Namun neptu hari sebagai dasar penghitungan harus diubah terlebih dahulu. Bila yang digunakan adalah penghitungan berdasarkan pembagi 7, maka didapatkan nilai Rabu Pon adalah 10. Angka 10 harus dibagi 7, maka sisanya adalah 3. Angka sisa inilah yang ditafsirkan.

Tafsir dari penghitungan Rabu Pon adalah "Satriya Wibawa" yang artinya orang yang selalu mendapatkan keberuntungan

Berdasarkan catatan pemberitaan, Jokowi beberapa kali melakukan reshuffle di Rabu Pon.

Periode pertama:

reshuffle Jilid I: Rabu Pon 12 Agustus 2015
reshuffle Jilid II: Rabu Pon 27 Juli 2016

Periode kedua:

reshuffle I: Rabu Pon 23 Desember 2020

Pada momen ini, Jokowi melantik enam menteri baru yakni menteri Sosial Tri Rismaharini, menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono, dan saat itu ada M Luthfi sebagai menteri Perdagangan, namun M Luthfi tidak menjabat lagi hingga sekarang, jabatannya diisi Zulkifli Hasan saat ini.

Namun, Jokowi tidak selalu melakukan reshuffle di Rabu Pon. Berdasarkan catatan detikcom, Jokowi juga beberapa kali melakukan reshuffle di hari lain.

***

tags: #jokowi #reshuffle #menteri #weton #rabu pon

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI