Film Kiblat Tuai Pro-Kontra, Dianggap Kampanye Hitam Terhadap Islam 

“Saya tak tahu isi filmnya maka belum bisa berkomentar. Tapi gambarnya seram kok, judulnya kiblat ya.

Senin, 25 Maret 2024 | 10:59 WIB - Layar
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

film Kiblat menuai kecaman dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ketua MUI Bidang Dakwah KH Cholil Nafis menyebut film horor harus dilarang untuk diedarkan karena menyinggung agama Islam. 

“Saya tak tahu isi filmnya maka belum bisa berkomentar. Tapi gambarnya seram kok, judulnya Kiblat ya. Saya buka-buka arti Kiblat hanya ka’bah, arah menghadapnya orang-orang salat," papar Cholil Nafis.

BERITA TERKAIT:
MUI Soal Film Kiblat: Agama Dipermainkan Hanya untuk Bisnis 
Film Kiblat Tuai Pro-Kontra, Dianggap Kampanye Hitam Terhadap Islam 
MUI Tegas Soal Seruan Boikot Kurma Israel: Semua Produknya Haram untuk Dibeli
Ketua MUI: Hukumnya Haram Menerima Sogokan Politik
Soal Kasus Keribuatan di Bitung, MUI Manado: Kita Serahkan kepada Aparat

"Kalau ini benar sungguh film ini tak pantas diedar dan termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama maka film ini harus diturunkan dan tak boleh tayang,” sambungnya. 

 

Pria tersebut melontarkan kritik ke film yang dibesut oleh Leo Pictures tersebut. Judul Kiblat yang disematkan dalam film ini, kata Cholil, merupakan bentuk mendiskreditkan agama.

Kiblat adalah film horor Indonesia yang dirilis pada tahun 2023. film ini dibesut oleh seorang sutradara muda berbakat dan menjanjikan, di mana sang sutradara mencoba menghadirkan sesuatu yang berbeda dalam genre horor

Sinopsis film Kiblat berpusat pada seorang wanita muda yang pindah ke rumah tua di tengah hutan. Tak sendirian, wanita ini pindah bersama suaminya yang sedang sakit. 

Namun tak disangka, rumah terpencil itu diyakini mempunyai aura mistis dan dihuni oleh makhluk gaib.

Sejak dirilis warganet telah memberikan komentar negatif terhadap film ini. Sebagian warganet mengkritik cara film ini memanfaatkan isu-isu keagamaan untuk menciptakan ketegangan dan suasana mencekam. 

***

tags: #mui #film #kiblat #horor

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI