Owner Lungo Kedai Eka Kurniawan, Mkom MM, Foto: KUASAKATACOM

Owner Lungo Kedai Eka Kurniawan, Mkom MM, Foto: KUASAKATACOM

Eka, Jualan Bukan untuk Keuntungan (1)

Bisnis Eka bukan untuk mengejar materi, melainkan membantu orang lain.

Senin, 07 Juni 2021 | 11:27 WIB - Sosok
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Orientasi saya dari awal bukan untuk mencari keuntungan...
Memasak itu seni...

Terkadang, kesulitan memang bisa "memaksa" orang berpikir kreatif. Saat semua orang terdampak pandemi, muncul inisiatif untuk bertahan bahkan juga membantu orang lain bangkit. Sebut saja Eka Kurniawan, MKom MM, salah satu karyawan Samudra Indonesia yang membawahi bagian IT, umum, dan HST (health, safety, environment). Eka mendirikan tempat makan yang dinamai Lungo Kedai. Selain untuk menyalurkan hobinya di bidang memasak, ia menyatukan teman-temannya di Lungo Kedai. Ia menyediakan tempat agar kawan-kawannya itu dapat berjualan bersama dengan marketing yang dipikirkan bareng-bareng pula. 

Pandemi membuatnya yang terbiasa berangkat ke kantor harus bekerja dari rumah (work from home). Bingung mau ngapain di rumah, ia memilih menyalurkan passion-nya. "Saya bisa masak, masakan saya bisa dinikmati oleh orang lain, itu saya sudah seneng," ujarnya.

BERITA TERKAIT:
Eka: Hidup ini Tentang Memberi (3)-selesai
Eka: Akhlak adalah Pondasi (2)
Eka, Jualan Bukan untuk Keuntungan (1)
Richa Amalia: Merangkai Kreativitas Lewat Bunga Hingga Merintis Sociopreneur
Maslikhatin: Antara Guru dan Menjahit Impian Generasi Qurani
Mulyo Budi Setiawan, Jadi Dosen dan Pengalaman Keliling Indonesia
Kunci Sukses Berta Tekuni Dunia Ekonomi

Meski demikian, ia awalnya tak pernah kepikiran untuk berjualan. Bapak dua anak ini melihat adik-adik kelasnya di sekolah dulu jualan terlebih dahulu di tempatnya, sebelum dinamai Lungo Kedai. Mulai nasi goreng, chicken remen, khusus olahan ayam, susu, dan sebagainya. "Saya sebagai pemilik (tempat) dan seneng masak, otomatis men-support mereka. Salah satu bentuk support saya ke mereka, saya ikut buka kedai. Supaya mereka bisa semakin semangat," bebernya.

 

Menurutnya, dengan pilihan makanan lebih beragam, pelanggan akan lebih tertarik datang. 

Ia yang sedari kecil ditinggal kedua orang tuanya bekerja, terbiasa hidup mandiri. Salah satunya mau tak mau memasak sendiri sejak di bangku sekolah dasar. Dari sinilah hobi memasaknya muncul. Ia menyebutnya dengan "kebiasaan yang mengasyikkan". Sebagai anak pertama dengan dua adik perempuan, sejak kecil ia banyak ditugasi oleh kedua orang tuanya yang bekerja di kemiliteran dan keperawatan. Eka kecil pun mulai belajar memasak makanan sederhana seperti tempe goreng, telur ceplok, dan sayur bayam.

Meski suka memasak sejak kecil, rupanya Eka tak bercita-cita menjadi koki atau chef. Justru basic pendidikannya, program S1 dan S2 Ilmu Komputer di Universitas Dian Nusdiantoro. Namun hobinya ini didukung oleh keluarganya. "Justru seneng kan, di rumah, saya yang masak," kelakarnya sambil tertawa.


tags: #sosok #eka kurniawan #lungo kedai

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI