Owner Lungo Kedai Eka Kurniawan, MKom MM, Foto: KUASAKATACOM

Owner Lungo Kedai Eka Kurniawan, MKom MM, Foto: KUASAKATACOM

Eka: Akhlak adalah Pondasi (2)

Akan menjadi apapun kedua anaknya, Eka berharap mereka berdiri di akhlak yang baik.

Senin, 07 Juni 2021 | 15:40 WIB - Sosok
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Saya tidak memberi target anak-anak harus dapat ranking atau juara. Tapi mereka harus tahu ilmu agama. Minimal bisa membaca Alquran.

"Saya langsung bicara kepada mereka. Kalian di satu tingkat pendidikan, di tingkat SMP atau SMA, harus masuk sekolah Islam. Agar ilmu agama kalian bagus," ujar owner Lungo Kedai Eka Kurniawan, MKom MM.

Demi membekali kedua anak perempuannya ilmu agama yang cukup, Ketua 2 Ika SMAN 9 Semarang ini menyekolahkan anak pertamanya ke SMP Al Azhar. Kemudian saat SMA putrinya memilih ke SMAN 4 Semarang. Sementara adiknya karena masuk SMPN 21 Semarang, saat SMA ia masuk SMA IT Hidayatullah. "Cara mendidik saya yang paling penting, masalah akhlak," tukasnya.

BERITA TERKAIT:
Eka: Hidup ini Tentang Memberi (3)-selesai
Eka: Akhlak adalah Pondasi (2)
Eka, Jualan Bukan untuk Keuntungan (1)
Richa Amalia: Merangkai Kreativitas Lewat Bunga Hingga Merintis Sociopreneur
Maslikhatin: Antara Guru dan Menjahit Impian Generasi Qurani
Mulyo Budi Setiawan, Jadi Dosen dan Pengalaman Keliling Indonesia
Kunci Sukses Berta Tekuni Dunia Ekonomi

Ia percaya, akhlak adalah pondasi. Sehingga apapun yang akan terjadi nantinya, kedua anaknya, Raferika Khansa dan Raferika Naura, akan menjadi apa pun, mereka berdiri di akhlak yang bagus dan baik. Bahkan ia memang sedikit keras dan cerewet dalam mengawasi buah hatinya terkait salat dan mengaji. Hal itu adalah proses membangun akhlakul karimah anak-anaknya sebagai generasi penerus dirinya. 

 

"Setinggi apapun pendidikan mereka, tidak akan berguna jika tidak berdiri di landasan akhlak yang baik," tugasnya.

Dalam mendidik kedua anaknya, Eka juga berusaha memahami sifat dan karakter kedua anaknya. Anak pertamanya, Raferika Khansa, berprinsip kuat dalam meraih targetnya. Ketika diterima lewat jalur SNMPTN, misalnya, tapi karena tak seusai passion-nya yang ingin menjadi arsitek, putrinya tak mengambil itu. Malah memilih ke Universitas Soegija Pranata. Sebagai orang tua, Eka dan istrinya, Verus Munabari pun men-support pilihan anaknya. 

"Atas pilihanmu itu ya kamu harus bertanggung jawab, mengambil setiap konsekuensi agar bisa meraih hasil terbaik dari pilihanmu," ucapnya mereka ulang apa yang ia ajarkan ke putrinya itu.

Meski demikian, ia mengaku memang banyak terjadi kesenjangan komunikasi, karena generasinya dan anak-anaknya berbeda jauh. Namun ia bersyukur anak-anaknya bersifat terbuka. Semua masalah dan kendala mereka utarakan kepada orang tua, terutama ibunya. "Ya kalau memang perlu kita bantu, ya dibantu. Tapi kalau mereka bisa menyelesaikan sendiri, justru lebih baik. Selama cara penyelesaiannya benar," katanya menjelaskan bagaimana cara mendidik anaknya agar mandiri. 


tags: #sosok #eka kurniawan #lungo kedai

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI