Menangkap Peluang Bisnis Kefir Ala Mas Sinar

Mas Sinar menangkap peluang bahan-bahan baku yang tersedia melimpah di sekitarnya.

Rabu, 05 Januari 2022 | 16:07 WIB - Sosok
Penulis: - . Editor: Ririn

kefir yang mengandung banyak manfaat mendorong pemuda ini membangun bisnisnya. Dengan berbekal ilmu yang didapat selama pelatihan, Sinar Waluyo Jati atau yang akrab disapa Mas Sinar memberanikan diri untuk mendirikan usaha kefir. Ia membuka tokonya ini sudah sekitar lima tahun yang lalu. 

Bukan sekedar bermodalkan nekat atau coba-coba saja, tetapi ia menemukan peluang yang sangat bagus di usaha ini. Menurutnya kefir itu sendiri masih belum banyak orang yang mengetahui selain manfaat luar biasa yang didapat dari produk ini.

BERITA TERKAIT:
Dikabarkan Selingkuh dengan Elon Musk, Ini Sosok Istri Pendiri Google Sergey Brin
Akhirnya Ditahan Polisi Terkait Kasus Kekerasan Seksual, Begini Sosok Julianto Eka Putra
10 Tahun Berdiri, Panti Asuhan Manarul Mabrur Tidak Menerima Adopsi Anak
Tak Pernah Kenal Lelah, Mesti Usia Telah Renta
Ditemukan Bersama Wanita di Penginapan Usai Hilang, Dokter Faisal Dikenal Religius di Mata Keluarga

“Karena sumber bahan baku disini melimpah, jadi aman untuk berjalan kedepannya,” jawabnya mantap. 

Selain itu, pria 26 tahun ini menyebut bahwa kefir dapat diolah lagi menjadi bermacam produk, yakni masker wajah, sabun, dan lulur. Kefirsm, begitulah nama dari usahanya tersebut yang berlokasi di kelurahan Sumurrejo Gunungpati Semarang ini. 

Bagi yang belum mengetahui apa itu kefir, ia menjelaskan kefir adalah minuman yang terbuat dari susu fermentasi yang dicampur dengan bibit kefir. Bibit kefir diperoleh melalui campuran beberapa bakteri dan khamir (mikroorganisme). 

Sedikit mengetahui mengenai asal minuman sehat ini, kefir berasal dari daerah bernama kaukasus yaitu kawasan yang terletak di antara Laut Hitam dan Laut Karibia.

Dari sumber bahan baku yang diperoleh, diolah menjadi mirip dengan yoghurt. Seperti yang kita ketahui yoghurt juga terbuat dari susu yang difermentasikan. Namun ternyata kefir memiliki lebih banyak manfaat dibanding yoghurt. 

 

“Untuk segi manfaatnya, dikarenakan kefir merupakan minuman probiotik, maka kefir dapat memperbaiki sistem imun tubuh, kemudian bakteri baik dalam kefir terdapat 60 jenis mikrobakteri, sedangkan dalam yoghurt hanya 4 jenis, jadi 60 banding 4. Yang berarti lebih banyak bakteri baik akan lebih sehat bagi tubuh,” ujarnya meyakinkan. 

Untuk proses produksinya sendiri, ia menjelaskan bahwa untuk bahan baku langsung mengambil di peternakan sapi yang ada di Sumurrejo. Setelah itu susu difermentasikan agar menghasilkan bibit kefir. Dalam waktu 3 hari ia menghasilan kefir 3 liter, yang kemudian ia kemas dalam botol 250 ml dan 1 L. 

Untuk harga per-botol, ia bandrol seharga Rp10 ribu untuk yang 250 ml sedangkan yang 1 L Rp40 ribu. Rasa yang ditawarkan pun beragam, tidak kalah dengan minuman-minuman kekinian lainnya. Terdapat rasa original, sugar, coklat, stroberi, dan kapucino. Terkait keuntungan, Sinar mengaku mendapatkan sekitar 300 ribu/hari dengan penjualan berbagai macam produk dari kefir. Apalagi di masa pandemi seperti ini banyak pelanggan yang sering memesan minuman kefir karena khasiatnya. 

Disamping menjalani usahanya tersebut. Sinar juga merupakan ketua dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumurrejo yang dibentuk pada awal tahun 2018 yang kemudian mulai aktif sepenuhnya di tahun 2019.

Tercatat anggota yang terdata dalam UMKM sumurrejo mencapai 250 anggota yang terdiri dari berbagai macam usaha. 

“Untuk usahanya ada banyak, ada yang barang mentah ada juga yang jadi; kedelai, tempe, telur, susu, sayur-sayuran, tahu bakso, bermacam pakaian, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Adapun UMKM tersebut dibentuk atas dasar tujuan mensejahterakan masyarakat disekitar kelurahan Sumurrejo. “Jadi untuk memajukan desa sendiri, perputaran uangpun terjadi di kelurahan sumurrejo ini”, imbuhnya. 

Sinar menjelaskan bahwa setiap harinya grup online UMKM Sumurrejo ini ramai transaksi jual beli.

*Profil di atas ditulis oleh reporter magang KUASAKATACOM Gilang


tags: #sosok #kefir #sinar waluyo #kefirsm

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI