Jamu Jun Mba Lina, Foto: KUASAKATACOM

Jamu Jun Mba Lina, Foto: KUASAKATACOM

Jamu Jun Mbak Lina, Minuman Herbal Murah dan Menyehatkan

Jamu jun dapat menghilangkan rasa capek.

Selasa, 13 Oktober 2020 | 10:42 WIB - Uji Rasa
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Minuman berbahan utama jahe, sereh, dan empon-empon ini disebut jamu jun. Efek hangat yang diberikan usai meminumnya membuat jamu ini cocok dikonsumsi saat cuaca dingin di musim penghujan. Kali ini, Tim KUASAKATACOM diundang oleh Lina, penjual jamu jun di Pasar Sampangan Semarang untuk menguji rasa dagangannya.

jamu jun disajikan hangat-hangat. Untuk itu saat diminum, tenggorokan terasa nyaman. “Jamu ini dapat menghilangkan rasa capek. Cocok dikonsumsi bagi pekerja yang badannya pegal-pegal. Badan akan segar kembali,” ujarnya.

jamu jun ini bertekstur agak kental. Lina mengaku hal ini karena proses pengendapan dalam pengolahan. Walaupun berlebel jamu, racikannya terasa manis. Pas, tak berlebihan. Begitu juga dengan kandungan jahe di dalamnya ramah masuk ke tenggorokan.

“Kalau kurang panas, kami sediakan bubuk jahe buat ditambahkan. Harusnya pakai merica, tapi saya pakai jahe,” imbuhnya. Menyikapi apabila ada pelanggan yang menginginkan efek lebih panas pada jamu jun.

Untuk mempercantik tampilan sekaligus menambah rasa gurih, jamu jun buatan Lina diberi santan kelapa.

Selain jamu jun, Lina menjual berbagai bubur, seperti kecang hijau, ketan hitam, sum-sum, dan candil. Kemudian ada berbagai macam camilan seperti gorengan tempe, tahu, bakwan, bahkan onde-onde ketawa. Semua yang dijual adalah hasil olahannya sendiri. Jadi kebersihannya terjaga.  “Kami mengolahnya dari jam satu malam,” tukasnya.

Untuk dapat menikmati jamu jun, Anda bisa datang dari pukul 05.30-12.00 WIB. Seporsi jamu jun hanya dibanderol seharga Rp5 ribu. Tak perlu masuk ke dalam, karena Lina menjajakan dagangannya di sisi kiri gedung Pasar Sampangan.


tags: #jamu jun #mbak lina #pasar sampangan semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI