Tahu Gimbal "Lumayan" Pak Man: Nggak Cuma Lumayan, Tapi Marem Pol!

Tahu dan gimbal yang super duper gurih tadi dipadukan dengan sambal kacang yang juga mantap abis.

Rabu, 03 Februari 2021 | 19:13 WIB - Ujirasa
Penulis: - . Editor: Wis

Jam makan siang sudah datang, saatnya menghibur diri dengan kulineran yang nendang. Kali ini, tim Uji Rasa KUASAKATACOM menyambangi warung makan yang katanya legendaris di dunia variasi makanan sambel kacang. Pemilik warung, Pak Man menyambut kami dengan semangat sambil menenteng "susruk" penggorengan saktinya.

Dari luar saja kami sudah yakin rasa tahu gimbal punya Pak Man ini jauh lebih lezat daripada sekadar 'lumayan'. Saat tiba pukul 12.20 WIB warung tahu gimbal ini sudah dipenuhi orang yang ngantri ingin mencicipi. sedap bau gimbal dari penggorengan membangunkan otot-otot kami yang lemas kelaparan.

"Mau pesan apa saja, nggih?" ucap Pak Man. Tak ada sepuluh menit kami mengobrol sambil menunggu, pesanan kami sudah datang. Cuma hanya dengan melihat saja sudah kenyang dibuatnya. Gimana nggak, satu piring isinya segunung! Beneran deh, nggak bohong. Kami langsung tarik nafas dalam-dalam, mempersiapkan rongga perut biar muat banyak.

BERITA TERKAIT:
Diduga Tabung Gas Meledak, Sebuah Gudang di Jalan Dr Cipto Semarang Terbakar
Gelar Sholat Id, Masjid Al Ikhlas Gayamsari Terapkan Protkes Ketat
Remaja Masjid Al Ikhlas Gayamsari Salurkan 1 Ton Beras Zakat Door To Door
Masjid Taqwa Sekayu, Salah Satu Masjid Tertua di Jateng
Penjual Kulit Ketupat di Semarang Kebanjiran Order Menjelang Lebaran
Hendi Turun Langsung Pantau Pos Penyekatan Mudik di Genuksari
Kreatifitas Anak Muda Semarang Patut Mendapatkan Apresiasi

Dari tampilannya sih biasa aja, seperti tahu gimbal pada umumnya. Isinya lontong, tahu putih, gimbal udang, dan sayur kol, semuanya disiram sambal kacang yang tumpeh-tumpeh. Kebetulan kami memesan porsi lengkap jadi pakai telur ceplok juga. Ternyata harganya muahal juga. Masa sih tahu gimbal harganya tiga puluh ribu? Ah, tunggu dulu. Kami nggak mau suudzon. Mari cicipi dulu gimana rasanya.

Suapan pertama saya dedikasikan untuk si tahu sebagai tokoh utama. Hmm, ternyata tahu pilihan Pak Man terasa begitu gurih, nggak ada rasa asam sama sekali seperti tahu-tahu lainnya. Ditambah lagi potongan tahu digoreng dulu, sehingga sensasi kenyal di bagian luarnya membungkus kelembutan yang ada di dalam.

Suapan kedua pantas diberikan kepada si gimbal dengan potongan udangnya yang sudah ngawe-awe mengundang garpu kami. Kami baru sadar, subhanallah, udangnya gede banget. Ini bukan udang biasa. Udang segede ini sudah melebihi standar untuk dijadikan gimbal. Satu ekornya bisa seukuran jari telunjuk orang dewasa. Padahal dalam satu piring kami bisa menemukan dari 5 sampai 7 ekor udang dalam potongan gimbalnya. Nggak cuma soal ukuran, bumbu tepung yang gurih dan krispi melapisi seluruh tubuh udang mendongkrak cita rasa seafood yang satu ini.

 

Tahu dan gimbal yang super duper gurih tadi dipadukan dengan sambal kacang yang juga mantap abis. Pedasnya potongan cabe rawit dalam sambal memompa semangat melahap hidangan ini. Potongan lontong yang empuk dan lembut juga jadi pengisi perut yang pas. Saat butuh booster, sesekali kami kombinasikan telur bersama tahu dan gimbal tadi. Hijau-hijau sayur kol segar ternyata nggak cuma jadi pajangan saja. Kriuk-kriuknya serasa menetralkan kembali mulut kami saat letih mengunyah.

Nggak tau deh, rahasia apa yang mendekam dibalik susruk sakti milik Pak Man itu. Keseimbangan setiap komposisi tahu gimbal miliknya pas banget, nggak ada yang kurang, nggak bikin eneg juga. Tapi untuk Anda yang sedang diet, lebih baik minta lontong atau tahunya dikurangi saja. Soalnya, dijamin kenyang!

Garis besarnya, tahu gimbal Pak Man ini worth dicoba. Porsi dan rasa yang didapat sebanding dengan harganya yang juga mantap. Bila Anda ingin coba sendiri, datang saja warung sederhana tahu gimbal "Lumayan" Pak Man di Jalan Plampitan Nomor 54 Bangunharjo Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Pak Man membuka warungnya setiap hari dari pukul 10.00-16.00 WIB. Tapi ada baiknya jangan datang terlalu sore, saking larisnya Anda bisa kehabisan.

*Tulisan di atas dibuat oleh Forsaria Prastika, reporter magang KUASAKATACOM.


tags: #kota semarang #tahu gimbal #mantap #sedap

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI