Kedai

Kedai "STMJ "Karangdoro" Jalan Raden Patah Kota Semarang. Foto istimewa.

Lima Wedang Penambah Imun di Kota Semarang

"Jamu Jun" ini sebetulnya berasal dari Demak, dan di "Kota Wali" namanya Wedang Coro.

Selasa, 06 Juli 2021 | 11:53 WIB - Ujirasa
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

DI MASA PANDEMI ini, menjaga stamina dan kebugaran tubuh menjadi keharusan selain itu juga mesti ditunjang oleh asupan baik dari makanan ataupun minuman yang kita konsumsi.

Beruntunglah kalian yang tinggal di Kota Semarang, karena kota ini selain memiliki ragam budaya yang dipengaruhi oleh etnis Jawa, Tiongkok serta Arab tidak hanya membentuk masyarakatnya memiliki teposliro yang tinggi namun karena beragam etnis itu pula banyak makanan dan minuman enak tersaji.

Di Semarang banyak pedagang menyajikan makanan serta minuman enak yang bisa ditemui di berbagai sudut kota. Dan kali ini KUASAKATACOM, akan mereview kedai kedai minuman di Semarang yang menyajikan minuman yang menyegarkan serta menyehatkan tubuh sehingga cocok di konsumsi rutin di masa pandemi ini.

BERITA TERKAIT:
Semarang Tak Ada Demo Tolak PPKM
Meski Renta, Slamet Terus Dagangkan Buah Keliling Kampung
Jadi Korban Penjambretan, Wanita Ini Alami Luka di Tubuhnya
Permintaan Peti Jenazah Meningkat
Siap siap Para Pekerja Gaji di Bawah Rp3,5 Juta, Dapat Subsidi dari Pemerintah
Kelilingi Semarang Barat, Satpol PP Bagikan Paket Sembako ke Pekerja Jalanan
Vaksin Pelajar di Kota Semarang

Berikut lima minuman hangat dan menyehatkan yang bisa menjaga imunitas dan bisa ditemui di Kota Semarang:

1. Wedang Tahu
Dari namanya saja sudah unik, bagaimana tidak "Tahu" yang sering disajikan bersama tempe dengan rasa gurih namun di minuman hangat ini diguyur kuah hangat perpaduan jahe rempah. Tapi jangan salah juga Tahu disini adalah kembang Tahu atau tahu sutera sehingga jauh berbeda dengan tahu pong ataupun tahu Kudus. Tekstur kembang tahu ini kenyal dan lembut saat di mulut.

Wedang Tahu ini pada awal mulanya, merupakan resep minuman dari Tongkok. Namun akhirnya ada penyesuaian dengan lidah orang Semarang, saat ini telah dimodofikasi dengan penambahan gula jawa serta rempah sehingga makin menguatkan rasa.

Dulu banyak pedagang menjajakan wedang tahu berkeliling kampung, namun saat ini hal itu sudah hampir tak lagi bisa ditemui. Sehingga bila kalian ingin mencoba Wedang Tahu ini, kalau malam bisa ditemui di kawasan Pecinan, atau yang paling terkenal bisa warung Wedang Tahu Pak Adi di Jl Setiabudi, tepatnya sekitar 10 meter sebelum lampu merah Patung Kuda, atau sebelah kiri jalan ke arah Banyumanik.

2. Jamu Jun
Banyak nama untuk minuman yang berasal dari rempah rempah ini, di Semarang namanya Jamu Jun karena dulu pedagang yang menjajagan minuman ini saat berkeliling membawa kuali besar yang sering disebut orang Jawa Jun. Nama jamunya sendiri merujuk dari bahannya yang perpaduan rempah rempah, serta saat di minum akan membuat hangat perut.

"Jamu Jun" ini sebetulnya berasal dari Demak, dan di "Kota Wali" namanya Wedang Coro. Selain di Demak, Wadng Coro juga bisa kita temui di Kabupaten Jepara.

Jauh sebelum tahun 2010-an, banyak ditemui pedagang "Jamu Jun" menjajagan dagangannya berkeliling kampung. Biasanya orang yang menjajagan ibu ibu yang berasal dari daerah Demak. Namun saat ini, hal itu sudah jarang lagi ditemui.

Hanya beberpa saja pedagang "Jamu Jun" di Kota Semarang, salah satunya Kedai Mbak Lina Pasar Sampangan, bila anda ingin mencicipi lezat dan hangatnya "Jamu Jun" bisa datang di kedai yang buka tiap hari ini.

 

3. Wedang Rempah
Minuman ini merupakan salah satu minuman tradisional di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jadi saat berkunjung di wilayah ini tentu terasa kurang kalau belum mencoba minum wedang rempah.

Dari namanya saja sudah jelas, minuman satu ini berasal dari berbagai macam bahan rempah. Meski pun saat ini banyak minuman sachet wedang rempah, namun bagi Warga Kota Semarang tak afdol kalau belum minum segelas wedang rempah yang hampir satu gelas berisi rempah.

Kedai yang paling terkenal di Semarang yang menyajikan puluhan macam menu wedang jahe dan rempah adalah Warung jahe Rempah "Mbah Jo" yang berada di belakang Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Menurut Tukijo, pemilik warung jahe rempah "Mbah Jo", ramuan rempah yang disajikan warungnya merupakan asli semua dan tanpa pengawet. Selain itu, jahe rempah "Mbah Jo" makin nikmat lagi karena memakai gula batu bukan gula pasir untuk rasa pemanisnya.

4. STMJ
Susu Telur Madu jahe (STMJ), merupakan minuman hangat yang dari namanya sudah mewakili olahan minumannya itu dari apa saja. Ya, ada susu, telur biasanya yang dipakai adalah telur ayam kampung atau bebek, madu serta jahe.

Ada satu kedai legendaris di Kota Semarang yang menyajikan minuman yang semuanya berasal dari susu murni, yakni "STMJ Karang Doro" bagaimana tidak legendaris warung ini berdiri sejak tahun 1950. Buka tiap jam 05.30 hingga pukul 22.00 WIB. Tiap hari selalu ramai pembeli.

STMJ sangat cocok untuk menambah imunitas tubuh dikala pandemi ini, daripada berebut sekaleng susu di mini market mendingan nongkrong disini menyeduh STMJ yang kandungannya lebih gizinya lebih bagus dibanding sekaleng susu tersebut.

"STMJ Karang Doro" selain menyajikan minuman STMJ juga ada belasan minuman susu murni lainnya disini. Bila badan sedikit loyo mungkin bisa mencoba segarnya minuman soda gembira disini. Bila di kedai lain mungkin yang disajikan adalah susu kental dan dituangi soda gembira, kalau di kedai ini lain susu yang digunakan adalah susu murni bukan susu kental.

5. Kopi jahe Gahwa Zanjabil
Di Kota Semarang tidak banyak yang menjual minuman khas timur tengah ini, namun di masa pandemi ini tidak ada salahnya anda mencoba untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Kopi ini merupakan perpaduan antara kopi, jahe dan kapulaga. Rasa kopi bercampur dengan jahe dan kapulaga membuat minuman ini tidak saja lezat di lidah namun seketika menghangatkan perut kita.

Meski minuman sachet kopi ini banyak kita temui di toko online, namun akan lebih menarik bila mencobanya di kedai. Salah satu kedai wedang rempah di Semarang yang menjual Kopi jahe Gahwa Zanjabil ini adalah Kedai Rempah "Salam jahe" yang berada di Jalan Lamongan Raya, Sampangan.


 


tags: #kota semarang #jahe #menjaga imunitas

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI