BAKSO KOMPLET

BAKSO KOMPLET

Ini Dia, Lima Bakso Ternikmat di Banyumanik

Banyak bukan warung bakso yang melegenda.

Sabtu, 17 Juli 2021 | 09:39 WIB - Ujirasa
Penulis: Penaka Kemalatedja . Editor: Kuaka

SITUASI tengah tidak asik memang. Mata kita dipaksa untuk membaca berita duka terus menerus, dan telinga kita selalu mendengar sirene ambulan. Kadang, kita jadi jenuh dengan situasi ini, yang bukannya membaik, tapi seperti tak terkendali. Dan mantra yang selalu kita dengar adalah, “Perkuat imunitas!’’, ‘’Jaga kesehatan!’’, atau ‘’Kembali konsumsi empon-empon.’’ Semua agar kesehatan kita terjaga.

Tapi kita tahu, seiring permintaan meningkat, harga pun otomatis melonjak. Empon-empon jadi mahal. Makanan juga meningkat harga. Padahal, kemampuan membeli masyarakat kian rendah dan terus menurun. 

Tapi tentu, kita tak boleh abai. 

BERITA TERKAIT:
Dessert Dapur Langit,  Nikmatnya seperti Ciuman Pertama…
Ini Dia, Lima Bakso Ternikmat di Banyumanik
Siasati Corona, Menjajal Nasi Lemak dan Kwetiau Ala Singapura
Ayo Tes Kadar Kesemarangan Anda lewat Jajaran Kuliner Ini

Apalagi menyerah.

Maka, seperti anjuran dr Tan Soet Yen, perbanyaklah makan dan minum yang hangat dan mengenyangkan, jika bisa makanan mentahan, dan yang utama, pakai rempah-rempah, jangan penyedap rasa instan. Anjuran yang klop memang. Apalagi, ganjaran anjuran ini adalah kesehatan dari imunitas yang terjaga.

Nah, Anda yang berada di wilayah Banyumanik, Semarang Atas, berikut kami sajikan kuliner juara,  bakso yang sangat enak, dan minim penyedap rasa. Bakso-bakso ini menurut kami adalah juaranya, dan sebagian justru mengalahkan yang sudah lebih dahulu punya nama. Tak percaya, coba saja!

Pertama, Bakso Bintang

Warung bakso yang sederhana ini terletak di Jati Utara, Srondol Wetan, Banyumanik. Bakso ini cukup berumur di wilayah Banyumanik, dan populer, terutama untuk para pemburu bakso. Enak? Dijamin. Kekuatan bakso ini pada dua hal, daging yang sangat terasa, tampak bahwa komposisi tepung dan daging sangat terjaga, juga kuah bakso yang gurih pas. Maksud gurih pas ini adalah tidak terlalu gurih, hingga neg, tidak keasinan, tapi segar dan ada rasa rempah yang halus. 

Di luar PPKM, warung ini selalu ramai, pembeli antre. Ini karena memang warung ini sepertinya tak pernah menambah porsi, meski selalu ramai. Akibatnya, terkadang banyak pembeli yang kecelek, datang sore atau agak malam, dan menemukan warung sudah tutup, habis terjual.

Dengan kisaran harga Rp 18.000-an, pembeli akan mendapatkan bakso yang sepadan, dengan kesegaran yang menjanjikan.

Kedua, Bakso Geger

Ini bakso legendaris di Semarang. Tapi, tentu jujugan utama adalah di Pamularsih, yang memang melegenda melampaui Jawa Tengah. Namun, yang kita maksudkan ini adalah yang berada di jalan Setia Budi, Srondol. Nyaris 10 tahunan di Srondol, harus diakui, nama besar Bakso Geger membantu warung ini segera populer. Meski, tidak tahu mengapa, banyak yang berkata, rasanya tidak selezat yang berada di Pamularsih. 

Itu mungkin soal sugesti. Tapi, kami yang juga mencoba, merasakan hal yang sama. Tampaknya memang, kelezatan adalah soal analisa lidah dan pikiran. 

Bagi penikmat bakso, tak usah kami jelaskan ya, karena pasti sudah pada mengerti dan menikmati. Harga tentu lebih tinggi dari warung lainnya, apalagi jika kita meminta tambahan lain, seperti jeroan atau tulangan. 

 

Ketiga, Bakso Bang Kribo

Warung Bakso Kribo berada di Sukun, hanya 100-an meter dari Pom Bensin Sukun. Ini termasuk bakso tua di Banyumanik, dan punya pelanggan setia. Tak heran, jika tidak PPKM, warung ini tak pernah sepi. Terkadang, di jam makan malam, warung ini sampai kewalahan menampung pembeli, bercampur antara yang makan di tempat dan membawa pulang.

Bakso Kribo mengandalkan kuah yang memang gurih-lezat. Dan tampaknya, warung ini belajar untuk terus memperbaiki racikannya. Kami mendapati, kian ke sini, kelezatan bakso ini makin bergizi. Artinya, dulu amat terasa penggunaan penyedap rasa yang tebal di kuahnya. Tapi kini, kaldu yang dicecap terasa lebih otentik, tidak menebal di lidah, tampak bahwa kaldu didapatkan dari olahan alami, bukan mengandalkan micin dan sejenisnya. 

Kekuatan utama Baksi Kribo pada jeroannya yang membanjiri sajian. Bagi yang tidak berpantang jeroan, ini memang surga yang dijanjikan. Bagi yang menjaga diri dari lemak jeroan, maka pilihan kosongan atau non-jeroan juga tidak mengurangi kenikmatan. Soal harga, masih terjangkau, tidak lebih dari Rp 20.000-an untuk makan semuanya di tempat. Coba saja.

Keempat, Bakso  Barokah

Berada di Gaharu Raya, Banyumanik, Semarang, Bakso Barokah ini memancing selera karena punya andalan yang berbeda, yakni bakso gorengnya. Lezatos kotos-kotos, deh. Dengan kuah yang bening dan tipis kaldunya, menjadi kombinasi yang klop ketika disuapkan ke mulut dengan bakso goreng yang juga sudah gurih. Nampol banget. Apalagi jika ditambahi gigitan renyah pangsit, waddohhh… lupa deh kalau tengah pandemi.

Bakso ini juga terbilang ramah kantong. Mulai Rp 14.500 untuk varian bakso biasa, dan tak sampai menguras kantong untuk varian andalannya, bakso goreng pangsit.  Pokoknya, ini bakso wajib dicoba untuk membuat lidah kita ‘’belajar’’ lebih banyak soal aneka rasa bakso. Ga rugi, deh!

Kelima, Bakso Manja

Jujur, kami agak bingung untuk menempatkan level atau juara kelima dari beberapa warung bakso yang kami coba di seputaran Banyumanik. Tim yang mencoba, memberi nilai yang nyaris sama untuk beberapa warung bakso, sehingga memancing perdebatan untuk penempatan urutannya.  Perdebatan itu berkisar antara Bakso Pak Ratno, Bakso Pak Man Sukun,  dan Bakso Hadi Putra di Karangrejo. Namun, setelah menambahkan variasi bakso beranak di Bakso Manja, tim sepakat akhirnya menempatkan warung di Tusam Raya ini sebagai pemegang kenikmatan kelima.

Bayangkan, untuk soal bakso saja kami sampai berdebat. Apalagi soal negara, hahaha…

Bakso Manja memang kaya akan tetelan, sehingga kuahnya segar dan nggantung jika tidak dituntaskan. Apalagi jika penyuka pedas, komposisi kuah bakso ini pas sekali, memancing keringat banjir, terutama jika dipadukan dengan bakso beranak-nya.

Nah, itulah lima bakso paling nikmat di Banyumanik.  Bisa jadi Anda para penikmat bakso tidak sepakat semua dengan penilaian tim kami. Atau menemukan bakso lain yang lebih lezat, dan ingin juga dituliskan tim kami, monggo hubungi redaksi, ke  sini atau di komentar tulisan ini. 

Selamat berwisata rasa.


tags: #kuliner juara #banyumanik #bakso geger #bakso kribo #bakso manja

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI