Pia susu, Foto: Istimewa

Pia susu, Foto: Istimewa

Legit! Ini Tiga Oleh-Oleh Nonhalal Khas Semarang

Pia Kemuning merupakan salah satu panganan yang unit dan klasik.

Rabu, 04 Agustus 2021 | 11:56 WIB - Ujirasa
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

Kota Semarang tak hanya kaya akan budaya, namun juga menjadi destinasi wisata kuliner. Beragam makanan dapat kamu temukan, termasuk yang nonhalal atau mengandung daging babi. Berikut ini adalah tiga oleh-oleh nonhalal khas Semarang yang legit.

Pia Kemuning

BERITA TERKAIT:
Legit! Ini Tiga Oleh-Oleh Nonhalal Khas Semarang
20 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Jajanan Khas Semarang (4)-selesai
20 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Jajanan Khas Semarang (3)
20 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Jajanan Khas Semarang (2)
20 Rekomendasi Toko Oleh-Oleh Jajanan Khas Semarang (1)

Pia Kemuning merupakan salah satu panganan yang unit dan klasik. Tak heran, makanan mengandung daging babi ini hadir sejak puluhan tahun yang lalu. Bagi kamu, food hunter oleh-oleh ini wajib dibeli kalau mampir ke Semarang.

Pia Kemuning hadir dalam 8 varian rasa dengan kemasan 250 gram. Rasa tersebut yakni aren (tahan satu bulan), cokelat (satu bulan), nanas (satu bulan), durian (satu bulan), babi (dua minggu), keju (10 hari), dan kacang hijau (10 hari).

Jika berminat, kamu bisa datang ke Jalan Kemuning Raya No 30 Brumbungan Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Satu kantong pia dibandrol mulai Rp27 rupiah saja. Ingat untuk datang sebelum pukul 20.00 WIB ya!

Bakcang Plampitan 23

 

Bakcang atau bacang adalah makanan tradisional Tionghoa, terbuat dari beras ketan sebagai lapisan luarnya diisi dengan daging dan dibungkus dengan daun bambu. Di Semarang, ada Bakcang Plampitan 23 yang buka sejak 2016.

Ada empat menu varian yang dapat kamu pilih, yakni bakcang mushroom salted duck egg (choped pork m/w mushroom & duck egg), bakcang salted duck egg (choped pork mixed with tasty duck egg), bakcang ham salted duck egg (choped pork m/w smoked ham and duck egg), dan bakcang original (choped pork).

Untuk menikmati menu tersebut, kamu bisa datang ke Jalan Seroja Dalam II No 6 Karangkidul Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Toko ini buka hingga pukul 19.00 WIB. Tertarik? Kamu cuma perlu menyiapkan uang minimal Rp40 ribu.

Lo Sio Bak Johar

Lo sio bak adalah hidangan yang berbahan baku daging babi. Kulit babi yang renyah dipadukan dengan rasa juicy dalam daging, menggugah selera! Diperlukan empat jam untuk memarinasi daging bagian bawah dengan campuran tahu merah fermentasi, lima bubuk rempah, garam, lada. Sementara bagian atas dioles dengan cuka beras.

Kunci resep ini adalah kerenyahan dagingnya pada saat dipanggang. Di Semarang, salah satu penjual yang terkenal kelezatannya adalah Lo Sio Bak Johar. Mau? Datang saja ke Jalan KH Agus Salim Pasar Johar. Lo Sio Bak porsi kecil dipatok seharga Rp25 ribu saja.

Bagaimana? Sudah menyiapkan duit untuk membeli?


tags: #toko oleh-oleh #semarang #makanan nonhalal #babi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI