Bakmi Djowo Doel Noemani Semarang (Foto: Instagram)

Bakmi Djowo Doel Noemani Semarang (Foto: Instagram)

Rekomendasi Kuliner di Kota Semarang Ala Walikota Hendrar Prihadi (Part 1)

Kamis, 05 Mei 2022 | 19:10 WIB - Ujirasa
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

SEMARANG merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Tengah yang memiliki beragam jenis kuliner yang patut dicoba.

Wisata kuliner Semarang, Jawa Tengah juga termasuk bagian makanan yang mungkin tidak bisa ditemukan di kota lain. Meskipun ada, tapi olahan rasanya pasti berbeda dari kuliner Semarang.

BERITA TERKAIT:
Es Campur Kacang Ijo Legendaris di Kawasan Layur Semarang
Rekomendasi Kuliner di Kota Semarang Ala Walikota Hendrar Prihadi (Part 2)
Rekomendasi Kuliner di Kota Semarang Ala Walikota Hendrar Prihadi (Part 1)
Lima Kuliner Khas Klaten yang Wajib Dicoba saat Libur Lebaran
Nikmatnya Berbagai Menu di Gepak Family Resto

Baru-baru ini, WaliKota Semarang Hendrar Prihadi membagikan rekomendasi kuliner melalui akun Instagram pribadinya, @hendrarprihadi.

"karena rasa tidak pernah bohong," tulis Walikota yang akrab disapa Hendi itu.

Berikut rekomendasi kuliner di Kota Semarang yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke Ibu Kota Jawa Tengah ala Walikota Hendrar Prihadi.

1. Gudeg Abimanyu & Gudeg Koyor Yu Tum

Salah satu kuliner yang terkenal di Semarang adalah warung Gudeg Abimanyu dan Gudeg Koyor Yu Tum. Gudeg Abimanyu buka pukul 06.00-17.00 WIB , sedangkan Gudeg Koyor Yu Tum buka pada 18.00-03.00 WIB.

Kedua warung gudeg ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Menu yang wajib dicoba yakni nasi gudeg koyor dan lontong opor. Gudeg Semarang ini rasanya lebih gurih, berbeda dengan Jogja yang cenderung manis.

Lokasi Gudeg Abimanyu berada di jalan Abimanyu VI Semarang, sedangkan Gudeg Koyor berlokasi di Jalan MT Haryono (Peterongan) Semarang.

2. Bakmi Djowo Doel Noemani

Bakmi Jawa biasanya dimasak dengan peralatan yang masih tradisional, yakni di atas tungku yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan api dari arang. Cara memasak yang sederhana ini mempengaruhi cita rasa bakmi. 

Hal tersebut juga masih diterapkan di Bakmi Djowo Doel Noemani. Selain itu, juru masak di sana juga memasak pesanan satu per satu dalam wajan kecil sehingga kualitas rasa lebih terjaga.

Bakmi Djowo Doel Noemani memiliki 2 cabang di Semarang, yakni di Jl Pemuda No 117 Semarang (depan Paragon) dan Jl Pemuda No 145 Semarang (depan Balaikota). Untuk cabag di depan Paragon buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 12 tengah malam, sedangkan cabang di depan Balaikota buka mulai pukul 4 sore hingga 12 malam.

3. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok adalah makanan khas Semarang yang tergolong rngan dan dapat disebuut sebagai makanan selingan karena tidak membuat perut terlalu kenyang. Bahan-bahannya adalah lontong, mie kuning, tauge, tahu pong, dan kerupuk gendar beserta kuah yang diberi bumbu bawang putih. Sebagai pelengkap, tak lupa ditaburi bawang goreng dan irisan seledri. Tauge yang sengaja dimasak setengah matang memberi sensasi krenyes apalagi saat dimakan bersama remukan kerupuk gendar.

 

Mie Kopyok Pak Dhuwur ini berlokasi di Jl Tanjung Semarang dan bukai mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

4. Seafood Pak Sangklak

Warung seafood Pak Sangklak sudah terkenal di Kota Semarang dan sampai sekarang telah bertahan hingga tiga generasi. Karena olahan seafood-nya yang lezat, tak heran jika warung ini banyak didatangi para pecinta kuliner.

Warung Seafood Pak Sangklak menyajikan aneka olahan kepiting, kerang, tiram, cumi, dan hasil laut lainnya. Menu favorit yang kerap dipesan adalah kerang srimping goreng mentega.

Berlokasi di Jl Raya Telaga Mas No B 1 Panggung Lor, Semarang, Warung seafood Pak Sangklak buka mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam.

5. Ayam Goreng dan Sop Buntut Pak Supar

Tempat makan yang sering dituju para pecinta kuliner di siag hari adalah Ayam Goreng & Sop Buntut Pak Supar. Ayam gorengnya yang tidak terlalu kering disajkan bersama sambal dan mentimun serta petai goreng. Sop buntut di sini juga patut diacungi jempol karena rasanya yang gurih dan kuah panasnya yang segar.

Ayam Goreng dan Sop Buntut Pak Supar buka mulai pukul 09.30 WIB hingga 22.30 WIB dan berlokasi di Jl Muhammad Suyudi No 48 Semarang.

6. Pecel Mbok Sador

Pecel Mbok Sador merupakan warung pecel kaki lima favorit warga Semarang. Seperti warung pecel pada umumnya,, di sini tersedia aneka lauk pelengkap seperti bermacam-macam jeroan, sate telur puyuh, dan martabak telur. Selain bumbu kacangnya yang sedap, sajian pecel Mbok Sador juga dilengkapi dengan peyek teri atau kerupuk gendar.

Warung ini terletak di Pujasera Simpang Lima Semarang yang buka mulai pukul 5 sore hingga 11 malam waktu setempat.

7. Wedang Tahu

Halusnya kembang tahu dan kuah jahe menjadi sebuah perpaduan yang khas. Rasa manis dan hangat berpadu menjadi satu. Sangat cocok dinikmati terutama pada musim hujan. Wedang tahu disajikan dalam mangkuk kecil yang menjadi ciri khas orang Semarang. 

Jika sedang berkunjung ke Semarang, tak ada salahnya untuk menikmati wedang yang menyegarkan tenggorokan dan menghangatkan tubuh ini.

Buka mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore, Wedang Tahu berlokasi di Jl Gajah Mada Semarang.

Itulah sejumlah rekomendasi kuliner di Kota Semarang yang sayang untuk Anda lewatkan ketika berkunjung ke Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah itu. Untuk artikel bagian 2, bisa dilihat di sini. Selamat mencoba!


tags: #kuliner #walikota semarang #kota semarang #hendrar prihadi #rekomendasi

Email: redaksi@kuasakata.com

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI