Makanan-makanan Fermentasi Ini Menurut Pakar adalah yang Paling Sehat, Apa Saja? 

Para ahli merekomendasikan beberapa makanan fermentasi yang dinilai sebagai makanan fermentasi paling sehat.

Senin, 26 Juni 2023 | 14:10 WIB - Ujirasa
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

makanan fermentasi memiliki manfaat baik unutk usus. Hal ini karena makanan atau minuman fermentasi memiliki kandungan probiotik yang baik bagi kesehatan. 

Dalam sebuah penelitian oleh Stanford School of Medicine menunjukan bahwa mengonsumsi makanan fermentasi dalam 10 hari akan menghasilkan mikrobioma usus yang lebih beragam, artinya usus memiliki keseimbangan "bakteri sehat" yang lebih baik.

BERITA TERKAIT:
Memburu Rasa di Tumpang Koyor Mbah Rakinen Salatiga
Makanan Khas Jepara Horog-horog Diusulkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda 
Program “Isi Piringku”, Walikota Semarang Ajak Pelajar Konsumsi Makanan Bergizi
Bangun Karakter Positif Anak Lewat Gebyar PAUD Semarak Simpanglima
Pastikan Tersaji dengan Baik, Kalapas Brebes Kontrol Pembagian Makanan Bagi Warga Binaan

Namun, para ahli merekomendasikan beberapa makanan fermentasi yang dinilai sebagai makanan fermentasi paling sehat. Apa saja? Berikut daftarnya sebagaimana dilansir dari Eat This.

1. kefir

Mengutip Healthline, kefir adalah minuman susu fermentasi dengan kandungan asam karbonat yang rendah. Mengonsumsi minuman susu fermentasi seperti kefir dapat membantu mengurangi inflamasi, sakit perut, dan sembelit.

Selain itu, kefir juga merupakan sumber alami vitamin K2, nutrisi yang terkait dengan penurunan risiko patah tulang. Terakhir, mengonsumsi kefir dikaitkan dengan penurunan infeksi Helicobacter pylori. Ini adalah bakteri yang dapat menginfeksi perut dan dapat meningkatkan risiko kanker perut.

 

2. kimchi 

makanan fermentasi satu ini juga wajib dicoba. Faktanya, data menunjukkan bahwa asupan kimchi dalam jumlah sedang dikaitkan dengan penurunan berat badan di antara orang paruh baya dan lanjut usia keturunan Korea. Data lain juga menunjukkan bahwa konsumsi kimchi dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan eksim dan potensi antikanker terhadap sel kanker pankreas.

3. tempe 

Siapa sangka kalau makanan dengan harga terjangkau ini masuk dalam daftar makanan fermentasi yang dinilai paling sehat? tempe dinikmati sebagai sumber protein nabati dan terbuat dari kedelai fermentasi yang dimasak. Seiring dengan manfaat kesehatan usus yang ditawarkan oleh makanan fermentasi, konsumsi tempe dapat dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

4. Kombucha 

Kombucha berada di urutan teratas dalam daftar tren minuman sehat. Sebagai teh fermentasi, minuman ini mengandung antioksidan dan selama tidak dipasteurisasi sebelum dinikmati, mengandung probiotik hidup.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa konsumsi kombucha dapat membantu memerangi peradangan, mendukung proses detoksifikasi hati, dan mendukung mikrobioma usus yang sehat dan seimbang, namun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.


 

***

tags: #makanan #tempe #kefir #fermentasi #kimchi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI