Segar! Nikmatnya Es Dawet Durian Pleburan Viral hingga Ramai Diserbu Pembeli

Rasa manis gula Jawa dan gurih santan menyatu menyapu tenggorokan yang kering.

Kamis, 09 November 2023 | 16:00 WIB - Ujirasa
Penulis: - . Editor: Fauzi

Pasti sudah banyak yang tahu tentang Es Dawet Durian di Pleburan, Semarang yang sempat viral ini. Ya, Dawet Duren Pleburan Cabang Agus Salim namanya. Ternyata sampai sekarang pun kedai dawet durian itu masih ramai diserbu pembeli.

Hampir satu setengah tahun aku tinggal di wilayah Pleburan, Semarang. Tak satu hari pun kedai itu sepi pembeli. Pasti ada antrian yang panjang. Karena kepo kenapa kok bisa laris terus, aku pun jadi tertarik untuk mencobanya.

BERITA TERKAIT:
Seorang Pria Ditemukan Meninggal di Depan Minimarket Semarang
Lagi Mancing, Dua Anak di Ambarawa Terjebak Banjir Bandang
Dua Kecelakaan Terjadi di Kabupaten Semarang, Dua Orang Tewas
Segar! Nikmatnya Es Dawet Durian Pleburan Viral hingga Ramai Diserbu Pembeli
Tergelincir, Mobil Pameran Tabrak Eskalator Mall Paragon Semarang

Aku sampai di kedai pukul 4 sore. Sesampainya di sana aku agak heran karena tidak seramai biasanya. Pikirku senang karena tak akan menunggu lama, tetapi ternyata list order menumpuk banyak.

Saking banyaknya pembeli, di sini setiap pembeli harus menulis pesanannya terlebih dahulu dalam list order agar mendapat nomor antrian. Karena pingin banget mencoba Es Dawet Durian itu hari ini, aku rela menunggu lama.  

Aku memesan dawet duren ukuran besar dengan harga Rp. 18.000. Perlu diketahui, kedai ini hanya menjual 3 varian dawet, yakni dawet biasa tanpa duren dengan harga Rp. 10.000, dawet duren mini seharga Rp. 15.000, dan dawet duren yang aku pesan.

Selama menunggu di kedai tersebut, aroma durian terlalu menggugah selera. Aku menaruh ekspektasi tinggi pada dawet satu ini. 

 

Setelah sekitar satu jam lebih lamanya aku menunggu, akhirnya pesananku jadi. 

Es dawet duren itu berisi es serut kemudian ditambah dengan buah alpukat, nangka, cendol, cincau, tape ketan, tape singkong, dan tentunya buah durian yang tebal. Kemudian di siram dengan kuah santan dan gula jawa.

Jika makan di tempat, akan disajikan di mangkok yang besar karena isinya yang melimpah sampai tumpah-tumpah. Sayangnya, aku memilih untuk membawa pulang karena kedai itu ramai sekali. Walaupun tak secantik dihidangkan di mangkok, cita rasanya masih terjaga.

Seruputan pertama kucoba kuahnya. Segar sekali. Rasa manis dari gula jawa dan gurih dari santan menyatu menyapu tenggorokan yang kering. Buat yang suka manis pasti suka dengan cita rasa dawet duren ini.

Perpaduan dari cincau, cendol, buah alpukat, nangka, tape ketan, tape singkong cocok dengan kuah santan gula jawa ini. Tentu, sang tokoh utama yakni buah durian yang gemuk-gemuk membuat dawet duren ini tambah nampol.

Bagi kalian yang suka durian yang dipadukan dengan dawet rasa manis coba deh jajan di kedai ini. It’s Worth it to try.

Lokasinya berada di Jalan Hayam Wuruk No. 44, Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Dawet Duren Pleburan Cabang Agus Salim. Kedai ini buka dari jam 11 siang sampai habis.

Berita ini ditulis oleh wartawan magang: Maulida Najma Safitri

***

tags: #semarang #memplesetkan #es dawet durian

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI