Rekomendasi Takjil Berbuka Puasa di Bulan Suci Ramadan

Sop buah adalah takjil favorit untuk berbuka puasa.

Sabtu, 16 Maret 2024 | 14:50 WIB - Ujirasa
Penulis: - . Editor: Hani

Berbuka puasa merupakan momentum yang ditunggu-tunggu saat bulan Ramadan. Setelah menahan lapar dan haus seharian, umat muslim akan merasakan kenikmatan saat bukan puasa.

Biasanya orang-orang akan berburu takjil untuk kudapan buka puasa. Berikut 7 rekomendasi takjil berbuka puasa di bulan suci Ramadan.

BERITA TERKAIT:
Komunitas Vespa di Semarang Rutin Bagikan Takjil selama Ramadan 2024
Maxim Semarang Ajak Mitra Driver Bagikan 400 Takjil ke Masyarakat
Gelar Polri Peduli, Polres Brebes Bagikan Ratusan Takjil dan Nasi Berbuka Puasa kepada Pengguna Jalan
Polisi Bagikan Ratusan Paket Buka Puasa kepada Pengguna Jalan
Diduga Keracunan Makanan, Puluhan Warga Jember Dilarikan ke UGD Puskesmas

1. Sop Buah

Sop buah adalah takjil favorit untuk berbuka puasa. Selain menyegarkan, sop buah ternyata sangat kaya akan rasa. Di dalam sop buah terdapat beraneka ragam buah-buahan seperti semangka, buah naga, melon, alpukat, anggur, pisang, strawberry dan mangga yang dicampur dengan susu kental manis dan sirup, sehingga menambah kelezatan dan kesegarannya.

2. Kolak

takjil satu ini tentu tidak asing lagi. Kolak merupakan takjil berbahan dasar pisang atau ubi yang dipadu dengan kuah santan dan gula merah. Kolak memiliki kuah yang manis, legit dan juga gurih. Tak heran kolak banyak disukai masyarakat karena menjadi takjil yang cukup mengenyangkan.

3. Es Cincau

Saat berbuka puasa banyak orang mengalami panas karena kurang cairan. Sebagai solusinya, cincau dapat diolah menjadi minuman es yang menyegarkan untuk takjil buka puasa. Es cincau dapat membantu untuk meredakan panas dalam dan tentunya melepas dahaga.

 

4. Kolang Kaling

Kolang kaling menjadi takjil yang erat kaitannya dengan bulan puasa. Hidangan satu ini seringkali diolah menjadi berbagai macam takjil buka puasa. Kolang kali ternyata juga kaya akan manfaat karena mengandung banyak serat, sehingga menjadikan pencernaan lebih sehat.

5. Bubur Sumsum

Menu takjil satu ini tak kalah nikmatnya untuk disantap menjelang berbuka puasa yaitu bubur sumsum. Hidangan ini memiliki tekstur lembut dengan rasa manis dan gurih. Agar lebih lezat, saat memakannya biasanya ditambahkan candil ubi di atasnya.

6. Es Kacang Merah

Varian es lain yang bisa Anda buat sebagai menu takjil buka puasa adalah es kacang merah. Es berbahan dasar kacang merah ini bisa menjadi hidangan alternatif bagi Anda yang bosan dengan takjil yang itu-itu saja.

7. Salad Buah

Salad buah bisa dicoba sebagai takjil jika ingin tetap sehat selama puasa Ramadan. Makanan ini kaya akan buah yang pastinya menyehatkan. Rasanya pun sangat enak karena diberi topping mayones dan keju sehingga menghasilkan rasa lembut di mulut.

Itu tadi 7 rekomendasi takjil berbuka puasa di bulan suci Ramadan. Selamat mencoba.

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #takjil #ramadan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI